alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kali Sentiong Akan Ditanami Eceng Gondok
4.43 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfd3c2454c07adf7e8b4567/kali-sentiong-akan-ditanami-eceng-gondok

Kali Sentiong Akan Ditanami Eceng Gondok

Kali Sentiong Akan Ditanami Eceng Gondok

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Administratif Jakarta Utara berencana untuk memanfaatkan eceng gondok guna menaturalisasi atau memperbaiki kualitas air di sungai yang berada di wilayah itu.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, pemasangan eceng gondok di aliran sungai akan dimulai di Kali Sentiong yang biasa disebut Kali Item.

"Tadi sih mau coba di Kali Sentiong yang dibilang Kali Item, jadi kalau akar-akarnya menyedot racun-racun yang berbahaya di air, daunnya juga kan bagus buat pemandangan," kata Ali di Waduk Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Selasa (27/11/2018).

Menurut Ali, eceng gondok yang ditanam pemerintah hanya sebatas bibitnya. Bibit eceng gondok akan ditempatkan dalam sebuah wadah supaya tanaman itu tidak tumbuh liar.

Ia mengatakan, tanaman itu akan ditempatkan di sejumlah titik guna mengetahui kualitas air sebelum dan sesudah melalui eceng gondok.

"Yang pasti di titiknya itu ada semacam kotak mengapung dari kubus apung di beberapa spot, seperti pot air," ujar Ali.

Ali menjelaskan, eceng gondok mempunyai kemampuan menyerap kotoran-kotoran dalam air seperti racun serta berpengaruh positif bagi ekosistem. Bila kualitas air terbukti membaik dengan adanya eceng gondok, Ali tidak menutup kemungkinan konsep yang sama akan diterapkan di sungai-sungai lainnya.

Kotornya Kali Sentiong menjadi sorotan sehingga Pemprov DKI Jakarta memutuskan memasang kain waring di atas aliran kali itu. Kali tersebut dikeluhkan bau dan kotor.


sumur

Hmmmm....

Bingung gue mau komen apaan...

Biasanya eceng gondok itu dibuang karena bisa menyebabkan pendangkalan...

Eh di jakarta malah mau di budidaya emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh tarminator
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
gaberner terbaik sepanjang sejarah dunia..

emoticon-Selamat

Terbaik karena membuat kotanya mundur ke zaman pra sejarah..
Supaya menghambat laju air, jadi bisa lebih banjir lagi..
emoticon-Malu
Tapi bukankah eceng gondok itu penghisap unsur hara yang sangat masif ya?
Unsur hara2 yang diserap oleh tanaman tersebut bisa mematikan atau memperlambat perkembangan makhluk hidup sekitarnya ssperti tanaman kecil atau ikan2 kecil.
Quote:


Tapi kalau dalam rangka membersihkan racun, saya kursng tahu betul. Soalnya pernyataan saya diatas berdasarkan hafalan sekolah dulu.
Yowes lah melu wae aku hahahaa
ECENG GONDOK = GENJER

GENJER2... Nong ledhokan pathing keleler...! emoticon-Kaskus Radio
kenafa ga di timbun tanah ama pasir aja sekalian emoticon-Leh Uga
Balasan post floriantito
Pertayaannya, emangnya ada tanaman2 atau ikan2 kecil yang hidup di kali beracun? Mungkin ada sih beberapa spesies yang kuat, mungkin macem lele? emoticon-Ngakak
mending di urug aja sekalian emoticon-Big Grin
Quote:


Loh saya mengira ada mas, soalnya ada orang mancing pernah liat.
Lele kuat kalau menurut syaa mas.
Hahaha saya setuju aja eceng gondok, namun ecebg gondok suka bikin banyak kotoran atau sampah nyangkut.
Solusi yg bagus...
Untuk kelangsungan hidup....
eceng gondok...
Balasan post kakekane.cell
Quote:


genjer bukan nya beda ama eceng godok emoticon-Entahlah

tumbuh nya sama area perairan
Balasan post floriantito
Quote:


Masalahnya buat apa membersihkan racun tuh di kali?

Harusnya kan dibersihkan, atau diapakan dulu gitu biar jadi bagus...

Naruhnya jg cuma di beberapa titik ya sama aja gk berguna emoticon-Ngakak (S)

Itu sih penjelasan biar dikira ada solusi dan pendukungnya gubernur sekarang seneng emoticon-Ngakak (S)
Quote:


hehe no comment kalau soal itu.
Ali menjelaskan, eceng gondok mempunyai kemampuan menyerap kotoran-kotoran dalam air seperti racun serta berpengaruh positif bagi ekosistem. Bila kualitas air terbukti membaik dengan adanya eceng gondok, Ali tidak menutup kemungkinan konsep yang sama akan diterapkan di sungai-sungai lainnya.
eceng gondok emg bagus buat membuang racun/kotoran kaya gabeneremoticon-Ngakak
akibat gubernur keluarin waacana naturalisasi tanpa penjelasan yang jelas, anak buah jadi ngawur kaya begini.
Pemprov ini otaknya dimana yah, Eceng gondok itu kan tanda kalo perairan itu sudah tercemar. Udah tercemar mau di ksh eceng gondok lagi, gobloknya kuadrat
setelah waring sekarang enceng gondok? hasil pemikiran wow dari tim tekopepe gaji miliaran....luar biasa out of the box gabener pilihan umat dan ayat suci....emoticon-thumbsup
ga mabook kan ini?emoticon-Bingung
lumayan ya nanti satu bibit eceng gondok kalau dihargai 200ribu bisa membantu penyerapan anggaran emoticon-Recommended Seller
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di