alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfd37659e7404cf3b8b4592/jumlah-bantuan-dana-bpjs-kesehatan-masih-simpang-siur

Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur

Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur
Menteri Kesehatan Nila Moeloek (tengah) bersama Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo (kanan) dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris (kiri) berbincang sebelum rapat kerja dengan DPR di Jakarta, Senin (29/10/2018).
Dana bantuan buat Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tahap II sebesar Rp5,6 triliun ternyata masih simpang siur. Sebab, ada dua suara soal dana talangan ini. BPJS Kesehatan awalnya menyatakan, mereka bakal mendapat suntikan duit Rp5,6 triliun.

Kepala Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf menyatakan Kementerian Keuangan bersama Kementerian Kesehatan sudah menggelar rapat dan sudah ditentukan suntikan tahap II ini sebesar Rp5,6 triliun.

"Jadi totalnya Rp4,9 triliun (tahap I) plus Rp5,6 triliun," kata Iqbal, Senin (26/11/2018) malam, seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Pernyataan serupa dilontarkan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris. Menurut Fachmi, mereka sudah rapat dan BPJS Kesehatan akan kembali disuntik dana sebesar Rp5,6 triliun, untuk melunasi tunggakan-tunggakan tagihan.

"Jadi hasil review kedua yang baru bersifat sementara itu adalah sudah diputuskan pemerintah akan menyuntik lagi dana subsidi Rp5,6 triliun. Jadi ini akan segera berproses untuk membayar tagihan rumah sakit yang jatuh tempo," kata Fachmi kepada Surya.co.id di Universitas Airlangga Surabaya, Senin (26/11/2018).

Dana suntikan tahap I telah cair pada akhir September lalu. Sehingga total bantuan ini sebesar Rp10,5 triliun.

Iqbal menyatakan, dana suntikan itu mengacu pada hasil perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebesar Rp10,58 triliun. Angka ini berbeda dengan perhitungan BPJS Kesehatan yang memprediksi defisit bisa menyentuh Rp16,58 triliun, yang terdiri dari akumulasi defisit tahun lalu Rp4,4 triliun, ditambah proyeksi defisit tahun ini sebesar Rp12,1 triliun

Namun Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo membantah dana bantuan yang dikucurkan akan sebesar ini. Besaran bantuan, menurutnya akan di bawah Rp5,6 triliun. "Kemarin BPJS Kesehatan bilang Rp5,6 triliun, tapi akan ada penyesuaian lagi dan lebih kecil karena Bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) menghendaki perbaikan collectability ratio dari mereka dulu," katanya di Jakarta, Senin (27/11/2018) seperti dinukil dari CNN Indonesia.

Kementerian Keuangan justru meminta BPKP mengaudit defisit keuangan BPJS. Sehingga, tidak ada lagi perbedaan defisit yang dilaporkan oleh BPJS Kesehatan dengan temuan BPKP.

Salah satu audit yang diminta pemerintah adalah audit antara sistem rumah sakit dengan sistem yang digunakan BPJS Kesehatan. Hal ini dimaksudkan agar jumlah pelayanan rumah sakit yang ditagihkan ke BPJS Kesehatan angkanya sama dan terverifikasi.

"Sistemnya ada dua, yakni sistem di rumah sakit dan sistem yang ada di BPJS supaya klop dan nyambung, terutama sistem rujukan dan utamanya sistem klaim," kata Mardiasmo, Selasa (27/11/2018).

Dengan audit sistem, maka pemerintah akan memiliki bayangan bagaimana sistem manajemen pelayanan kesehatan yang terjadi di rumah sakit. Menurut Mardiasmo, selama ini tagihan-tagihan di rumah sakit tidak mencolok. Namun, klaim yang diajukan ke BPJS Kesehatan terlihat membengkak. Selama ini, audit yang dilakukan BPKP hanya berkutat di angka arus kas BPJS Kesehatan.

Jika audit ini berhasil terlaksana, pemerintah bisa menerka, apakah perlu untuk menyuntikkan bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada BPJS Kesehatan.
Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...h-simpang-siur

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur 7 Sektor seret pelemahan IHSG

- Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga

- Jumlah bantuan dana BPJS Kesehatan masih simpang siur Terungkapnya hubungan Jack Ma dengan Partai Komunis Tiongkok

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di