alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Iran Tak Izinkan Perempuan Masuk Stadion, Ini Langkah Panel HAM FIFA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfd3107582b2e4a038b4569/iran-tak-izinkan-perempuan-masuk-stadion-ini-langkah-panel-ham-fifa

Iran Tak Izinkan Perempuan Masuk Stadion, Ini Langkah Panel HAM FIFA

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Sebuah panel penasehat hak azasi manusia yang berada di bawah FIFA mendesak badan sepak bola dunia itu memberikan tenggat waktu kepada Iran untuk mengizinkan kaum perempuan masuk stadion untuk menyaksikan pertandingan.

Iran Tak Izinkan Perempuan Masuk Stadion, Ini Langkah Panel HAM FIFA

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (27/11), laporan yang disampaikan panel tersebut menegaskan bahwa larangan bagi perempuan untuk menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion merupakan pelanggaran terhadap kode etik di dalam FIFA sendiri karena menerapkan diskriminasi jender.

Kaum wanita dan remaja Iran tidak dibolehkan menyaksikan event olahraga cabang apa pun selama 39 tahun sejak Revolusi Islam, dan mereka juga tidak mendapat akses untuk menyaksikan pertandingan klub papan atas sejak 1981.

Namun bulan ini, kantor berita Iran melaporkan bahwa sejumlah tertentu kaum perempuan sudah diizinkan menyaksikan pertandingan final Liga Champions Asia antara tuan rumah Persepolis menghadapi wakil Jepang Kashima Antlers di Stadion Azhadi, Tehran.

Anggota panel yang terdiri atas delapan ahli independen yang berasal dari AS, serikat dagang dan sponsor FIFA, mencatat bahwa kaum perempuan bisa menyaksikan pertandingan melalui layar lebar di stadion yang sama selama Piala Dunia lalu.

Kondisi tersebut digambarkan sebagai perkembangan "positif", tapi ditambahkan bahwa "keputusan ad hoc" tersebut jelas tidak sama dengan mengakhiri larangan secara formal.

Menurut panel, FIFA harus bersikap tegas soal tenggat waktu agar Iran bisa menjalankan aturan sesuai dengan hak azasi manusia seperti yang digariskan oleh FIFA.

Panel juga menuntut agar FIFA bisa lebih tegas mengenai kemungkinan sanksi yang diberikan jika Iran tidak memberikan tenggat waktu yang telah diberikan.

Statuta FIFA menyatakan bahwa sikap diskriminasi bisa mendapat hukuman berupa skorsing atau dikeluarkan sebagai anggota, meski aturan disiplin bisa saja memberikan sanksi lebih ringan, seperti denda atau pertandingan tanpa penonton.

Panel juga meminta pihak FIFA memberikan penjelasan lebih detil seputar keputusan yang diambil oleh komite etik yang telah memberikan sanksi kepada puluhan pengurus sepak bola dalam beberapa tahun terakhir, termasuk mantan Presiden FIFA Sepp Blatter.

Sampai saat ini, menurut panel tersebut, FIFA hanya memublikasikan beberapa kalimat saja terkait klausul Kode Etik, tapi tidak memberikan penjelasan lebih rinci mengenai sebuah kasus.

"Kondisi yang tidak transparan ini bisa membuat publik tidak mengerti alasan sebenarnya dalam memberikan sanksi, dan keputusan serta sanksi tidak bisa menjadi alat perbandingan," kata panel tersebut menambahkan. (red)

Read more: https://www.brito.id/post/iran-tak-izinkan-perempuan-masuk-stadion-ini-langkah-panel-ham-fifa#ixzz5Y3UtobGp

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Nyamar jadi cowok bisa bre emoticon-Leh Uga
jangan salahkan pemerintah iran sekarang


salahkan kakek nenek, ayah ibu kalian yg mendukung revolusi islam di iran tahun 78


karena mereka yg mengaminkan revolusi islam di iran,
sekarang kalian sebagai anak cucunya yg menderita karena revolusi islam
Diubah oleh iluma.sata
Akibat revolusi dongeng.......hasilnya diskriminasi taik kucing emoticon-Ngakak
Diubah oleh balonkempes
Perempuan di iran fungsinya cuma budak nafsu cowo


Diubah oleh suromenggolo
syahwat ga kekontrol perempuan jd kambing item nya...
wuihh langsung direspon nih, soalnya netijen iran sering mention akun FIFA emoticon-Leh Uga


Quote:


ini gw suka langsung ke inti masalahnya
Iran Tak Izinkan Perempuan Masuk Stadion, Ini Langkah Panel HAM FIFA
sirik aje, masih mending timnas iran minimal sering nyicip PIALA DUNIA. ini negara dunia ketiga bernama indon aja boro boro piala dunia, turnamen gurem sekelas AFF aja mencret mencret, pake hastag #eddyout segala
sepakbola itu 11 pemain diatas lapangan, bukan 200juta netizen loser didunia maya
Quote:

Jaman sekarang yg bisa di banggain cuma timnas juniornya, pas mereka jadi timnas senior melempem gitu aja. Apa yg salah? Gue sendiri masih bingung
Spoiler for ntap:


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di