alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfd1bd1ded7706d228b457a/ganjil-genap-diberlakukan-di-gerbang-tol-tambun-ini-rinciannya

Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya

Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan pemberlakuan ganjil genap di Gerbang Tol Tambun, Kabupaten Bekasi, bertujuan mengurangi kemacetan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama ruas Bekasi-Jakarta. 

Kemacetan di ruas jalan tersebut antara lain disebabkan pembangunan proyek-proyek strategis, seperti pembangunan tol layang (elevated), kereta api cepat Jakarta-Bandung, dan LRT Jabodebek. "Seiring dengan meningkatnya aktivitas pembangunan konstruksi pada proyek-proyek tersebut beberapa waktu terakhir ini berdampak pada kemacetan. Karena itu perlu dilakukan kebijakan-kebijakan yang lebih maksimal," kata Bambang di Perumahan Grand Wisata Tambun, Bekasi, Selasa (27/11).


1. Pembatasan jam operasional angkutan barang berlaku Senin-Jumat
Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya
Bambang mengatakan sebelumnya pihaknya telah memberlakukan aturan gajil genap di Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur sejak Maret 2018. Tak hanya memberlakukan aturan ganjil genap, pihaknya juga membatasi jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V serta pemberlakukan lajur khusus angkutan bus di kedua gerbang tol tersebut. "Ketiga kebijakan tersebut merupakan satu paket kebijakan yang berlaku setiap hari mulai Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB kecuali Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional," kata Bambang.


2. Jalur alternatif dapat digunakan saat pekerjaan konstruksi berlangsung
Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya
Bambang berharap masyarakat dapat mengatur kembali pola serta waktu perjalanan jika harus melintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama saat pelaksanaan pekerjaan konstruksi antara pukul 22.00-05.00 WIB. Disarankan menggunakan jalur alternatif lain. Menurut Bambang, jalur alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna kendaraan pribadi antara lain jalur arteri sepanjang Kalimalang-Cibitung atau setelah Jl. KH. Noer Ali. "Masyarakat juga dapat memanfaatkan Jalan Ahmad Yani Bekasi untuk kemudian menyusuri Jl. Juanda Bekasi menuju ke arah timur," ungkapnya.


3. Peningkatan intensitas kemacetan Tol Jakarta-Cikampek sulit dihindari
Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya
Bambang menambahkan, peningkatan intensitas kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek memang suatu hal yang sulit dihindari. Pemerintah saat ini sedang mengupayakan langkah-langkah komprehensif yang melibatkan semua stakeholder untuk mengurangi kemacetan tersebut. “Selain manajemen rekayasa lalu lintas yang dilakukan di lapangan, partisipasi dan pemahaman publik tentunya sangat dibutuhkan guna mendukung agar proses pengerjaan proyek strategis di Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini segera terselesaikan,” kata Bambang.


4. BPJT luncurkan 13 bus Jabodetabek JR Connexion
Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya
BPTJ kini meluncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion). Peluncuran Bus JR Connexion dilakukan dalam rangka implementasi kebijakan ganjil genap di Pintu Tol Tambun."Dengan diluncurkannya bus tersebut maka di daerah Tambun dan sekitarnya terdapat 18 unit layanan bus JR Connexion, yang semula sudah terdapat 5 unit bus," kata Bambang.


5. Kebijakan ganjil genap akan terimplementasi 17 Desember 2018
Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya
Bambang mengatakan, kebijakan ganjil genap di pintu Tol Tambun diharapkan sudah terimplementasi penuh pada 17 Desember 2018. Tahapan kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pada tanggal 15-30 November 2018. "Kemudian, tindakan pengalihan bagi kendaraan dengan plat nomor tidak sesuai tanggal pada 3-14 Desember 2018," ujarnya.Sementara, layanan bus JR Connexion di Tambun dapat diakses masyarakat di Perumahan Grand Wisata, Tambun, Bekasi atau tepatnya di Halaman Shelter JRC perumahan tersebut. Menurut Bambang, rute-rute yang dilayani pun sangat bervariasi. Dari Grand Wisata menuju Blok M, Paragon, Pondok Indah, Tanah Abang, Kuningan, Harmoni, Manggarai, Mangga Dua, Kelapa Gading hingga BSD Tangerang. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya BPTJ Luncurkan 13 Bus Jabodetabek Residence Connexion

- Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya Aturan Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun Mulai Desember

- Ganjil Genap Diberlakukan di Gerbang Tol Tambun, Ini Rinciannya Usai Asian Para Games 2018, Ini Aturan Baru Ganjil-Genap di Jakarta

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di