alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfd15a598e31b75798b458d/menyelamatkan-sawit-dari-kejatuhan-harga

Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga

Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga
Petugas pengamanan hutan memotong pohon kelapa sawit yang berada di kawasan hutan lindung di Desa Pasir Belo, Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam, Aceh, Kamis (1/11/2018).
Pemerintah akhirnya memutuskan untuk membebaskan sementara pungutan ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) menjadi $0 dolar Amerika Serikat (AS) dari tarif yang dikenakan sebelumnya sebesar $50 per ton.

Kebijakan pembebasan sementara pungutan ekspor ini dilandasi pertimbangan harga CPO yang turun drastis dalam beberapa hari terakhir. Jadi, pembebasan pungutan ekspor ini hanya berlaku sementara hingga harga CPO kembali meningkat.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 81/PMK.05/2018, besaran tarif pungutan ekspor yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) adalah $50 per ton, sementara untuk CPO $30 per ton produk turunan pertama, dan $20 per ton produk turunan kedua.

Apabila harga CPO telah mencapai $500 per ton, tarif pungutan yang berlaku adalah antara $5-25 per ton. Sedangkan apabila harga CPO mencapai di atas $549 per ton, maka tarif pungutan kembali normal.

Dana pungutan ekspor sawit selama ini dikelola untuk kepentingan industri sawit dalam negeri seperti subsidi biodiesel, peremajaan lahan sawit rakyat (replanting), serta riset dan pengembangan SDM.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, pemberlakuan kebijakan pungutan ekspor CPO 0 persen mulai berlaku setelah revisi PMK Nomor 81/PMK.05/2018 ditandatangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Komite Pengarah BPDP Kelapa Sawit melihat ini sudah urgent. Keadaan mendesak terutama buat petani dan semua pemain kelapa sawit," ujarnya dalam CNBC Indonesia, dikutip Selasa (27/11/2018).

Harga CPO secara global terus melemah mulai pertengahan tahun. Mengutip data Bursa Derivatif Malaysia, harga rata-rata CPO masih bertengger di posisi $674,9 per ton pada bulan Januari.

Jika dibandingkan dari bulan ke bulan, trennya terus menurun dan pada Oktober 2018 rata-rata harganya tinggal $528,5 per ton atau merosot 21,7 persen. Bahkan pada periode 1-20 November, rata-rata harga CPO kembali jatuh ke level $478,6 per ton atau anjlok 29 persen dibanding harga pada Januari 2018.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan banyak faktor yang membuat harga CPO jatuh. Antara lain stok yang melimpah karena produksi yang bagus berkat iklim yang kondusif. Selain itu, harga minyak mentah global yang selama ini menjadi acuan harga CPO juga merosot.

Harga minyak mentah merosot tajam dalam tempo tujuh pekan terakhir karena kekhawatiran pada kelebihan pasokan. Harga minyak untuk pengiriman pada Januari 2019 jenis West Texas Intermediate (WTI) anjlok ke level $ 50-an per barel dan jenis Brent sekitar $59 per ton.

Penyebab lain kejatuhan harga CPO adalah berkurangnya permintaan dari Tiongkok selaku konsumen utama produk Indonesia, produksi minyak nabati nonsawit dunia yang berlimpah, serta belum optimalnya penyerapan program wajib (mandatory) percampuran 20 persen minyak sawit ke dalam solar atau Program B20.

Turunnya harga sawit juga dipengaruhi oleh berbagai kampanye antisawit yang dilakukan oleh negara-negara maju dan produsen minyak nabati nonsawit.

Aksi protes terhadap minyak sawit baru-baru ini dilakukan oleh para aktivis pecinta lingkungan yang tergabung dalam organisasi Greenpeace. Enam orang aktivis, termasuk dari Indonesia, mengadang kapal pengangkut minyak sawit milik perusahaan Wilmar International di perairan Cadiz, Spanyol, pada 18 November 2018. Mereka memprotes muatan produk minyak kelapa sawit yang dituding berasal dari lahan perusak hutan.

Jatuhnya harga CPO yang berkelanjutan ini paling memukul petani sawit di sektor hulu, terutama petani rakyat (mandiri) yang tidak bermitra dengan perusahaan sawit manapun. Harga beli Tandan Buah Segar (TBS) jatuh ke level Rp880/kg -- bahkan ada yang menyentuh Rp 600/kg di sentra produksi seperti di Indragiri Hulu, Riau.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengakui pemerintah kesulitan untuk mendongkrak harga CPO. Menurutnya, pemerintah telah berupaya agar harga minyak kelapa sawit membaik.

Beberapa cara telah ditempuh pemerintahannya agar harga komoditas tersebut bisa membaik. Salah satunya mengirimkan tim untuk menyelesaikan kampanye hitam dan hambatan ekspor sawit ke Uni Eropa agar ekspor sawit ke kawasan tersebut bisa ditingkatkan dan harganya bisa diperbaiki.

Selain itu, pemerintah juga telah meminta Tiongkok untuk menambah jumlah pembelian sawit Indonesia. Permintaan tersebut disampaikan Jokowi langsung ke Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang, beberapa waktu lalu.

"Saya minta tambahan, saya to the point aja saya ngomong ya minta agar produksi di sini bisa diserap sehingga harganya bisa naik. Ada tambahan 500.000 ton, banyak sekali," ujarnya dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (27/11).

Tapi, penambahan itu ternyata juga belum mempengaruhi harga pasar secara baik. Jokowi mengingatkan, kebun kelapa sawit di seluruh Indonesia ini sudah berada pada posisi yang sangat besar sekali -- nomor satu di dunia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekspor minyak sawit mentah per September 2018 sebanyak 719,8 ribu ton, meningkat 23,4 persen dari tahun lalu (yoy) dan meningkat 5,6 persen dari bulan sebelumnya.

Volume ekspor semakin meningkat per Juni 2018 setelah terus terpuruk selama tujuh bulan sejak Desember 2017. Angka ekspor terendah yakni 234,5 ribu ton pada Mei lalu.
Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ejatuhan-harga

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga Terungkapnya hubungan Jack Ma dengan Partai Komunis Tiongkok

- Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga KPK usulkan Perppu pemberantasan korupsi

- Menyelamatkan sawit dari kejatuhan harga Konsumsi solar bersubsidi di Kaltim melebihi kuota

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di