alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Gejala Penyakit Batuk Menahun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfce731582b2ed5788b4577/gejala-penyakit-batuk-menahun

Gejala Penyakit Batuk Menahun

Penyakit batuk menahun merupakan batuk yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni sekitar 2 bulan atau lebih pada orang dewasa, dan satu bulan atau lebih pada anak-anak. Penyakit batuk menahun ini sendiri sebenarnya bukan sebuah penyakit melainkan gejala dari akibat timbulnya masalah kesehatan lain.

Batuk menahun ini terkadang memang bukan sebuah sinyal dari suatu kondisi yang serius. Akan tetapi, batuk tanpa henti ini dapat mengganggu kualitas tidur, mengganggu rutinitas penderitannya, dan juga mengganggu keseimbangan tubuh. Sekitar 10-20% dari kasus penyakit batuk menahun ini yang dialami oleh orang dewasa diketahui dipicu oleh hipersensitivitas genetik ( atopi ) dan paparan asap rokok.


Terdapat berbagai macam jenis batuk menahun. Hal tersebut disesuaikan dengan penyebab dan juga tingkat keparahannya. Berikut ini beberapa jenis batuk menahun, diantaranya :

- Batuk Stress

Batuk ini terjadi karena kejang pada saluran pernapasan, umumnya disebabkan oleh tekanan pikiran atau pun stress. Biasanya, batuk ini tidak menghasilkan lendir dan tidak terkait dengan infeksi apapun.

- Batuk Rejan

Kondisi dari batuk ini sering disebut juga dengan pertusis ini tergolong sebagai penyakit berbahaya yang menular, dan dapat menyebabkan kematian pada penderita bayi berusia di bawah 1 tahun.

- Batuk Menahun Basah

Penyakit batuk yang satu ini merupakan yang menghasilkan lendir dan biasanya mengindikasikan adanya infeksi bakteri atau cairan pada paru-paru, tergantung warna lendir yang diproduksi.

- Batuk Menahun Kering

Selanjutnya Batuk ini tidak menghasilkan lendir dan biasanya gejal dari adanya gangguan infeksi virus atau pun sinus.

- Batuk Gonggong

Jenis batuk yang satu ini dapat disebabkan oleh infeksi virus, secara umum menyerang anak-anak. Penyebab dari batuk ini layaknya seperti anjing bergonggong adalah hasil dari adanya pembengkakan trakea.

Gejala Batuk Menahun


Terdapat banyak gejala dan tanda-tanda terjadinya penyakit batuk menahun ini. Gejala yang timbul yang menyertai batuk menahun bervariasi, dari yang masih tergolong ringan hingga serius. Hal tersebut selalu disesuaikan dengan penyebab dan juga tingkat keparahannya. Berikut ini beberapa gejala umum penyakit batuk menahun, diantaranya :

- Suara serak

- Napas pendek dan bersuara mengi

- Sering merasa mulas dan merasa asam pada mulut

- Hidung mengalami tersumbat dan juga pilek

- Mengalami sakit tenggorokan

- Selalu terasa seperti ada cairan yang mengali secara terus menerus dibelakang tenggorokan ( Postnasaldrip )

Namun, gejala dari penyerta penyakit batuk kering lebih tergolong serius, akan tetapi jarang terjadi. Berikut ini beberapa gejala dari penyakit batuk menahun kering, diantaranya :

- Batuk berdarah

- Berat badan mengalami penurunan drastis

- Demam tinggi

- Mengalami keringat dingin pada malam hari

- Merasa sakit pada dada

Apabila anda mengalami gejala-gejala seperti di atas dan juga tidak mengalami kesembuhan, segera lakukan pengobatan dan juga perawatan. Namun, sesuaikan pengobatan dengan cara yang benar dan tepat agar tidak memperparah kondisi dari penyakit yang anda derita.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di