alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Telat 4 hari, Sari Roti didenda Rp2,8 miliar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfcd4f560e24b50328b4590/telat-4-hari-sari-roti-didenda-rp28-miliar

Telat 4 hari, Sari Roti didenda Rp2,8 miliar

Telat 4 hari, Sari Roti didenda Rp2,8 miliar
Majelis KPPU, Dinni Melanie, Ukay Karyadi, dan Guntur S Saragih saat memimpin sidang putusan yang menghukum Sari Roti, Senin (26/11/2018) di kantor KPPU, Jakarta.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menghukum PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk (ROTI) denda Rp2,8 miliar karena terlambat melaporkan akuisisi perusahaan lain.

Produsen roti dengan merek Sari Roti itu dinilai melanggar Pasal 29 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli juncto Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2010 tentang Penggabungan Badan Usaha yang Dapat Menimbulkan Monopoli.

Dua aturan itu menyebut, jika ada penggabungan atau pengambilalihan badan usaha, wajib dilaporkan paling lama 30 hari.

Majelis Komisi yang dipimpin oleh Ukay Karyadi, dalam putusannya menjelaskan, ROTI mengakuisisi 50,99 persen saham PT Prima Top Boga pada tanggal 24 Januari 2018, sebanyak 32.051 lembar saham. ROTI mengambil alih dengan cara menambah modal senilai hampir Rp31,5 miliar.

Nah, menurut majelis, berdasar penghitungan hari kalender, pemberitahuan akuisisi ini seharusnya diberitahukan kepada KPPU paling lambat pada tanggal 23 Maret 2018. "Namun terlapor (ROTI baru) melaporkan pengambilalihan saham pada tanggal 29 Maret 2018," tulis KPPU seperti dinukil dari situs mereka, Senin (26/11/2018).

ROTI masih menimbang apakah akan menerima atau banding atas putusan ini. External Communications Head Nippon Stephen Orlando mengaku perlu berkoordinasi dengan tim terkait untuk merespons putusan ini. "Saya periksa ke tim terkait dulu, ya" balas pesannya ke Kontan.co.id, Senin (26/11).

Menurut kuasa hukum mereka, Haykel Widiasmoko pihaknya akan dibicarakan dulu dengan manajemen ROTI. "Selanjutnya nanti akan dipertimbangkan," katanya usai mengikuti pembacaan putusan sidang di Kantor KPPU, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018) seperti dipetik dari financedetik.

Haykel menjelaskan, sebenarnya kliennya sudah memenuhi aturan yang dipersoalkan. ROTI tersebut sudah memberitahu pada 29 Maret atau 30 hari. Rujukan mereka adalah tanggal saat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerbitkan putusan akhir akuisisi itu, 1 Maret.

Sebagai perusahaan dengan penanaman modal asing (PMA), ROTI harus menunggu restu dan putusan dari BKPM keluar, baru setelah itu bisa menyampaikan pemberitahuan akuisisi ke KPPU.

"Kalau 30 hari dari 1 Maret, ya berarti sampai April ya. Jadi kami sudah melaporkan 29 Maret. Jadi kami anggap itu masih dalam jangka waktu yang ditentukan berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku," kata dia.

Namun Majelis Komisi menolak dalil ini. Anggota Majelis Guntur Syahputra Saragih dalam sidang menyatakan, efektivitas akuisisi berlaku sejak berubahnya data perseroan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Majelis menilai kewenangan BKPM tidak terkait pengambilalihan saham, tapi terkait teknis tentang tata cara perizinan dan fasilitas penanaman modal asing. Sementara proses pengambilalihan saham berdasarkan Kemkumham. "Berdasarkan hal tersebut, Majelis menilai terdapat keterlambatan selama 4 hari," kata Guntur saat membacakan amar putusan.
Telat 4 hari, Sari Roti didenda Rp2,8 miliar


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...da-rp28-miliar

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Telat 4 hari, Sari Roti didenda Rp2,8 miliar Menagih komitmen perusahaan pulihkan lahan gambut

- Telat 4 hari, Sari Roti didenda Rp2,8 miliar Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur

- Telat 4 hari, Sari Roti didenda Rp2,8 miliar Bapa, dengar kitorang: Bayarlah guru pu(nya) hak

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di