alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gereja Ortodoks Kok Mirip Masjid? Ini Penjelasannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfccd31de2cf22b508b457c/gereja-ortodoks-kok-mirip-masjid-ini-penjelasannya

Gereja Ortodoks Kok Mirip Masjid? Ini Penjelasannya

Gereja Ortodoks Kok Mirip Masjid? Ini Penjelasannya

MATA INDONESIA, JAKARTA– Jika kita mendengar kata ‘ortodoks’, pasti langsung mengarah ke Kristen yang dibentuk pada Kekaisaran Romawi Timur (Byzantium). Kata “ortodoks” berasal dari bahasa Yunani “orthos” (benar) dan “doxa” (kepercayaan atau opini) yang jika disatukan berarti komitmen suatu standar yang benar, yang berlaku secara umum.

Banyak yang bertanya-tanya mengapa gereja Ortodoks mirip masjid? Apalagi Gereja Ortodoks Timur mengharuskan para perempuan untuk menutup kepala mereka dengan kerudung saat berada di gereja, seperti layaknya perempuan muslim.


Lalu apa mengapa gereja Ortodoks mirip masjid? Perbedaan utama dari gereja Ortodoks yang terlihat dari luar, jika dibandingkan dengan gereja Katolik adalah bentuk atap gereja yang berupa kubah, seperti masjid (perpaduan bentuk bawang dan helm).


Bentuk kubah pada atap gereja merupakan simbol pengingat akan perjuangan spiritual yang dilakukan oleh gereja untuk melawan kekuatan jahat dan kegelapan.


Gereja Ortodoks Kok Mirip Masjid? Ini Penjelasannya


Sementara, bentuk meruncing seperti bawang merupakan sebuah simbol api lilin, yang dapat diartikan sebagai penerang dunia. Nah, sudah tahu kan kenapa gereja Ortodoks mirip masjid. Semoga bermanfaat ya gaes informasi ini! (Puji Christianto)



Sumber


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalo di Eropa rada mirip memang

kan seperti (mohon maaf Gan/Sis, bukan bermaksud apa apa) kerudung mirip sama Biarawati

ada urutan sejarah yang mirip emoticon-Smilie
kalau kerudung artinya apa gan
Emang sih, sama orang Indo kubah selalu diidentikkan dgn masjid. Padahal kubah itu sendiri sudah banyak dipake jauh sebelum Islam lahir Gereja Ortodoks Kok Mirip Masjid? Ini Penjelasannya

Hagya Sophia yang jadi ikon Orthodox aja udah dibangun tahun 537 masehi, 34 tahun sebelum Rasulullah lahir Gereja Ortodoks Kok Mirip Masjid? Ini Penjelasannya
kyk lolipop gitu..


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di