alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Iya Asteroid 2 Kali Lipat Ukuran Big Ben Akan Hantam Bumi?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfcc14914088d552d8b4569/apa-iya-asteroid-2-kali-lipat-ukuran-big-ben-akan-hantam-bumi

Apa Iya Asteroid 2 Kali Lipat Ukuran Big Ben Akan Hantam Bumi?

Apa Iya Asteroid 2 Kali Lipat Ukuran Big Ben Akan Hantam Bumi?


Baru-baru ini muncul kabar Gan mengenai perkembangan di antariksa. Berita terhangat yang sedang menjadi perbincangan publik adalah isu kalau ada asteroid yang ukurannya 2 kali lipat dari ukuran Big Ben yang akan menghantam Bumi kita.


Ngeri ya Gan, tapi coba kita simak faktanya yuk.

2018 LF16, demikian nama asteroid yang jadi sosok utama dalam pemberitaan ini. Sejumlah media, secara khusus media Inggris, memberikan laporan heboh mengenai asteroid ini.

"Menurut NASA, Asteroid 2 kali lipat ukuran Big Ben bisa menghantam Bumi pada tahun 2023," tulis Mirror dalam sebuah judul artikelnya.


Big Ben yang dimaksud adalah menara jam di London, Inggris yang menjulang 11 lantai dengan ketinggian sampai 96 meter. Merujuk pada sosok Big Ben itu, tak ayal judul berita Mirror cukup bikin ngeri dan bergidik, apalagi pakai embel-embel "menurut NASA".

Masih "menurut NASA", dalam artikelnya Mirror, disebutkan pula bahwa asteroid 2018 LF16 itu, yang lebarnya 213 meter, "diprediksi memiliki potensi berdampak ke planet kita pada 8 Agustus 2023."

Apa Iya Asteroid 2 Kali Lipat Ukuran Big Ben Akan Hantam Bumi?

Faktanya, seperti juga disebutkan dalam artikel tersebut, probabilitas asteroid 2018 LF16 menghantam Bumi sebenarnya sangatlah kecil, "dengan NASA memberikan prediksi 99.9999967 persen kemungkinan tidak bakal kena Bumi."


Situs BGR.commenegaskan ulang hal tersebut dalam artikelnya, seraya menyindir gaya clickbait dalam sejumlah pemberitaan terkait dengan asteroid 2018 LF16. "Tidak, asteroid 2018 LF16 kemungkinan tidak akan menghantam Bumi."

Dipaparkan lebih lanjut, model NASA memperlihatkan kans asteroid memiliki pengaruh ke Bumi hanyalah 1 dalam 30 juta. Peluangnya sedemikian kecil sehingga pihak yang memantau ancaman asteroid melabeli potensi ancaman dari 2018 LF16 dengan skor 0/10.

"Kemungkinan adanya tumbukan adalah nol, atau sedemikian kecil sehingga dikategorikan nol," tulis BGR menjelaskan rating nol itu.




emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Terlalu kecil utk sampai sini
Bukan seukuran big ben, tp seukuran big mac
Jalur lintasan asteroid sendiri kan tidak bisa diprediksi secara pasti, belum lagi bumi sendiri terus bergerak jadi semua prediksi tabrakan antara asteroid dan bumi itu hanyalah sekedar prediksi saja


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di