alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Waktu Luang Tidak Produktif, Lakukan Hal Ini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfcba4996bde61c688b4569/waktu-luang-tidak-produktif-lakukan-hal-ini

Waktu Luang Tidak Produktif, Lakukan Hal Ini!

Setiap orang pasti menyukai waktu luang, dan mencari-cari kesempatan untuk mendapatkannya. Jika waktu luang digunakan dengan hal-hal yang bermanfaat dan mengembangkan kemampuan diri itu termasuk hal yang bagus. Tapi lain halnya jika waktu luang digunakan hanya untuk bersantai, bermain atau hal-hal yang belum tentu manfaat lainnya, mungkin jika dilakukan sesekali termasuk hal yang wajar, namun jika terlalu berlebihan itulah yang tidak baik.

Waktu luang akan sangat terasa ketika tidak banyak hal yang kita lakukan, misalnya waktu libur. sebagian orang menghabiskan waktu luangnya dengan beristirahat, melakukan kegiatan yang sudah direncanakannya, atau traveling ketempat-tempat wisata. Namun sebagian lainnya menghabiskan waktu luang mereka dengan bersantai dirumah atau yang lebih parah hanya bermain ponsel ataupun hal-hal yang kurang bermanfaat lainnya. Menghabiskan waktu untuk memanjakan diri dengan hal-hal yang kurang bermanfaat hanya untuk mengikuti nafsunya.

Bahkan tidak jarang bagi mereka yang sudah terpedaya waktu luang melewatkan hal-hal penting yang seharusnya dapat mereka dapatkan. Seperti, mengembangkan bakat, mengikuti kegiatan sosial, atau membuat bisnis.

Berapa banyak orang yang mendapat kesehatan jasmani dan mempunyai banyak waktu luang terombang-ambing dalam hidup tanpa cita-cita yang akan ditujunya. Atau tanpa pekerjaan yang menyibukkannya. Atau tanpa misi yang akan dikerjakannya. Ataupun mengkhususkan umurnya untuk kesuksesannya. Sebagai manusia, kita hanya bisa mencoba dan berusaha melakukan apapun yang kita bisa, karena kita tidak tahu hal apa yang nantinya dapat membuat kita meraih kesuksesan.

Langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menyusun kegiatan atau bisa berupa to do list. To do list bisa berupa serangkaian kegiatan yang akan anda lakukan mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Di dalam to do list terdapat jam-jam kapan kegiatan dilakukan, dalam to do list tersebut anda bisa mencantumkan kegiatan-kegiatan penting maupun kegiatan sederhana seperti makan, tidur siang, maupun membaca. Tetapi tetap anda waktukan setiap kegiatannya sehingga tidak monoton dalam satu kegiatan. Dan yang paling penting adalah usaha dalam diri untuk memenuhi jadwal dari to do list tersebut. Anda bisa membuat to do list sehari sebelumnya, bisa untuk kegiatan satu hari kedepan maupun untuk satu minggu kedepan.

Adapun kegiatan-kegiatan yang bisa anda lakukan ketika waktu luang, seperti :

Olahraga
Menurut penelitian, olahraga minimal 30 menit setiap hari dan 5 kali seminggu dapat memperbaiki mood, mengurangi stress, dan yang pastinya menjaga kesehatan.

Mengikuti Kelas Tambahan/Pelatihan
Gunakan waktu luang untuk memperluas wawasan dan networking, hal ini bisa menambah keterampilan anda. Misalnya kursus bahasa asing, workshop digital marketing, pelatihan menulis, dan lain-lain.

Pergi Ketempat yang Baru
Banyak kegiatan bermanfaat diluar rumah yang dapat kalian lakukan dan tentu saja dapat menambah wawasan, misalnya berkunjung ke museum, pameran seni, atau kepusat kerajinan. Kalian akan mendapat pengalaman baru yang dapat membuka fikiran kalian.

Mengikuti Kegiatan Sosial
Dengan mengikuti kegiatan sosial, hati anda akan merasa gembira saat melihat orang-orang yang anda bantu tersenyum. Kebaikan sekecil apapun dapat mengubah hidup orang lain. Hidup akan terasa bermakna saat anda berbagi kebaikan dengan sesama.

Membaca Buku
Buku adalah jendela dunia yang mengajarkan banyak hal baru yang belum diketahui. Wawasan akan bertambah luas dan anda dapat menemukan inspirasi berharga dari buku yang anda baca.

Salurkan Hobi
Kesibukan membuat anda menjadi tidak sempat menyalurkan hobi anda, maka waktu luang adalah saat yang tepat untuk menyalurkan hobi anda kembali. Orang-orang cenderung lebih unggul dengan hal-hal yang mereka gemari, nah dari sini anda bisa mengembangkan hobi anda menjadi sebuah bakat yang bisa menguntungkan loh. Misalnya jika anda hobi menulis, anda bisa mencoba membuat artikel atau membuat buku sendiri. Atau jika anda gemar memasak, anda dapat mencoba membuat menu baru dan memproduksinya sendiri.

Orang-orang sukses adalah orang yang bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Sebab mereka menyadari waktu sebanding dengan uang yang dihasilkan. Mereka bertanggung jawab atas penggunaan waktu mereka dan mengevaluasi diri dengan menuliskannya di jurnal untuk mengidentifikasi pemborosan waktu dalam hidup mereka. Orang sukses menggunakan waktu luang untuk mencari keuntungan, misalnya waktu luang digunakan untuk menambah wawasan. Mereka memiliki perencanaan yang matang dan melakukan kegiatan secara terorganisir dengan baik karena sudah merencanakan kegiatannya jauh-jauh hari. Sehingga apa yang mereka lakukan sudah tertarget meskipun itu dalam waktu luang. [Shilvi Dia Savitri]

Disadur dari

#2019GantiGayaHidup #ubahcarapandang  #gayahidupproduktif, #gayahidup, 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
istirahat dan mengembangkan diri Gan emoticon-Smilie
Tapi gan,kalau kita lagi nganggur enaknya ngapain ya? untuk para gamers, apa lagi ane kan gamers


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di