alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Baswedan Tugaskan Jakpro Kelola Reklamasi, Dinilai Prematur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfcb67a620881b60f8b456c/anies-baswedan-tugaskan-jakpro-kelola-reklamasi-dinilai-prematur

Anies Baswedan Tugaskan Jakpro Kelola Reklamasi, Dinilai Prematur

Kuasa hukum Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta, Nelson Nikodemus, menilai keputusan Gubernur Anies Baswedan itu prematur. Sebab, hingga saat ini pemerintah DKI belum mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil serta Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

“Aturannya itu saja belum ada, tiba-tiba pengelolaan pulau reklamasi diserahkan ke Jakarta Propertindo,” ujar Nelson menjelaskan keputusan Gubernur Anies Baswedan menunjuk PT Jakarta Propertindo mengelola tiga pulau reklamasi.

"Meskipun 4 (empat) pulau yang tidak dicabut izinnya telah terbangun, hal ini seharusnya bukan menjadi halangan untuk tidak mencabut izin pulau-pulau tersebut. Bongkaran terhadap 4 pulau yang terbangun," sambungnya.

Hal lain yang menjadi sorotan KSTJ soal izin yang dicabut Anies. Seperti diketahui, Anies mencabut persetujuan prinsip dan pembatalan kerja sama. Dalam catatan KSTJ, ada beberapa pulau yang sudah memiliki izin pelaksanaan reklamasi seperti Pulau F, I, K, dan G.

"Pencabutan izin persetujuan prinsip dan pembatalan kerja sama dengan pengembang tidak serta merta secara hukum membatalkan izin pelaksanaan reklamasi. Perlu ada tindakan hukum lanjutan terhadap izin pelaksanaan reklamasi dengan melakukan pencabutan. Dengan demikian Pemerintah DKI Jakarta juga harus melakukan pencabutan atas izin pelaksanaan reklamasi yang telah diterbitkan," ujarnya.


Pengamat tata kota Nirwono Joga berpendapat Pemprov DKI harus berkoordinasi dengan pengembang pulau reklamasi. Diskusi diperlukan terkait sikap Anies yang menugaskan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola pulau C, D, dan G.

"Soalnya yang melakukan reklamasi itu kan bukan Pemprov (Pemerintah Provinsi DKI)," kata Nirwono.

Menurut dia, koordinasi ini demi memberikan kepastian hukum bagi kedua belah pihak. Pasalnya, Anies juga perlu menghindari perkara hukum yang tidak diinginkan.

Dia menjelaskan pembangunan reklamasi selama ini dilakukan oleh pihak ketiga. PT Kapuk Niaga Indah (KNI) pemegang proyek pulau C dan D, sedangkan pemegang konsesi pulau G adalah PT Muara Wisesa.

"Ketika itu sudah jadi daratan, Pemprov DKI mengklaim itu, memanfaatkan itu, dan menyerahkan ke Jakpro. Kan enggak fair juga. Soalnya memang enggak ada duit APBD yang dikucurkan ke situ," jelas dia.

Nirwono Joga berpendapat pengelolaan pulau reklamasi harus berada di bawah Pemprov DKI Jakarta agar tidak ada kesan komersialisasi.

"Pemprov DKI harus berani membatalkan HGB yang dipegang oleh PT KNI dan PT MWS sehingga status pulau di bawah Pemprov DKI sepenuhnya," katanya.

https://fokus.tempo.co/read/1149184/...r/full&view=ok

Belom ada payung hukum perda udah seenak udel nya. dituntut triliunan nyahok dah lo!
Diubah oleh prabocor69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Anies Baswedan Tugaskan Jakpro Kelola Reklamasi, Dinilai Prematur

Anies Baswedan Tugaskan Jakpro Kelola Reklamasi, Dinilai Prematur

Dari sekian banyak janji kampanye Anies-Sandi, keputusan stop reklamasi ini adalah keputusan paling ngaco.

Reklamasi ini sudah dilakukan planning-nya selama puluhan tahun, melewati masa pemerintahan bbrp presiden & bbrp gubernur, melibatkan puluhan konsultan perencana asing dan lokal. Termasuk planning antisipasi banjir jangka panjang (30 tahunan), dengan Giant Sea Wall (NCICD) yg berdiri membentang diatas pulau reklamasi sampai wilayah bekasi.

Dan, wusss...hanya dalam hitungan bulan, rencana panjang tsb dimentahkan oleh Anies atas dasar selamatkan teluk Jakarta dan keberpihakan pada nelayan.

Sekarang DKI tak punya penangkal banjir besar & penurunan muka tanah, dan mulai tahun 2025, siap-siap saja sebagian wilayah Jakarta akan tergenang permanen. Warga DKI akan jadi korban, dan korban pertama adalah mereka yang tinggal di sisi utara Jakarta, termasuk nelayan yang "dibela" oleh anies tsb.

emoticon-Thinking emoticon-Thinking
Diubah oleh everesthome
Saat nya bagi2 emoticon-Big Grin
itu pulau kan kan dibangun pake duit.
lalu di stop gitu aja ama si badut jkt
skr gak pake ba bi bu lsg mau dikelola itu pulau.
lha urusan ama yg udah bikin itu pulau gmn ?
gratis gitu ?
emoticon-Bingung
Balasan post yesknow
Quote:


mungkin udah ada deal2 dibalik layar gan.

Yg jelas pemasukan ke APBD dari 4 pulau itu udah kecil bangets pastinya.
Diubah oleh prabocor69
Reklamasi lanjut emoticon-Big Grin
Bisa digugat kata Anies.
Mungkinkah jakpro itu orang orang nya fengembang yg lama ?
#serius_nanya
emoticon-Bingung
selamat nasbung mendukung keberpihakan gabener emoticon-Ultah
Dituntut jg bukan uang dia buat ganti kok

Makan lah tuh 58% jg yang bakal ganti rugi
"Ketika itu sudah jadi daratan, Pemprov DKI mengklaim itu, memanfaatkan itu, dan menyerahkan ke Jakpro. Kan enggak fair juga. Soalnya memang enggak ada duit APBD yang dikucurkan ke situ," jelas dia.



suka2 gw bangs*t ! emoticon-Peace
Balasan post GeorgeSatan
Quote:


Hup hup


Lagian dia memang berharap bisa masuk pengadilan


Kalo kalah : saya sudah mencoba tapi kalah kuat dengan rezim



Dapat simpati Dan jadi capres 2024

emoticon-Traveller
Balasan post everesthome
Quote:


ente kemakan gimick anus yg bliang stop reklamasi ini cuma rebutan tulang kok.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di