alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Satu Juta Pohon Manggis di Ranah Minang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfc9719dcd770f35a8b458c/satu-juta-pohon-manggis-di-ranah-minang

Satu Juta Pohon Manggis di Ranah Minang

Satu Juta Pohon Manggis di Ranah Minang



JPP, JAKARTA - Ide para penggiat tanaman agar Sumatera Barat dijadikan sebagai sentral perkebunan manggis, mendapat respon positif. Kementerian Pertanian merancang program penanaman satu juta batang pohon manggis di Sumbar tahun 2019. man. Dimulai 2019, target penanamannya ialah satu juta batang. "Alhamdulillah, kemarin kami dapat kabar baik dari Pak Menteri Pertanian dan Dirjen Hortikultura. Insyaa Allah, tahap awal, pusat akan membagikan ratusan ribu batang (bibit manggis)," kata Muhammad Bayu Vesky, eksportir manggis dari PT Bumi Alam Sumatera, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu sentra produksi utama manggis di Tanah Air. Total produksinya, di tahun 2017,mencapai  35.000 ton setahun. Awal Oktober 2018 lalu misalnya, Indonesia mengekspor manggis perdana kontrak dengan Tiongkok sebanyak 10.000 ton.

Menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam acara pelepasan ekspor perdana tersebut, sentra produksi manggis di Indonesia tersebar dari Sumatera sampai Nusa Tenggara Barat. Pada 2017, produksi manggis Sumatera Barat mencapai 34.422 ton atau 21 persen dari produksi nasional 161.751 ton. Sumatera Barat juga menjadi sentra manggis terbesar nomor 2 setelah Jawa Barat yang produksinya 42.122 ton atau 26% dari produksi nasional.Adapun produksi manggis se-Sumatera pada 2017 mencapai 65.372 ton atau 40% dari produksi nasional. Untuk 2018, prognosa produksi manggis sebesar 166.725 ton, naik 3% dari 2017. Menurut Amran, prediksi ekspor manggis di tahun 2018 mencapai 60.000 ton atau naik 553% dari 2017 yang hanya 9.167 ton. Ekspor ini merupakan 38 % dari total produksi manggis nasional 2018 sebesar 166.725 ton.Satu Juta Pohon Manggis

Potensi besar manggis di Sumatera Barat itu, mendorong pemerintah untuk menggalakkan penanaman manggis di sana. Salah satunya adalah dengan program penanaman satu juta batang manggis. Jika terlaksana, diperkirakan pada 2025 sampai 2030 nanti, jumlah produksi manggis Sumbar setahun bisa menembus 200 ribu ton. dengan asumsi per batang menghasilkan 200 kilogram buah.

Direktur Jendral Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi membenarkan perihal program satu juta manggis di Sumbar yang didukung Kementan. "Seiring dengan semangat ekspor yang sudah dimulai PT Bumi Alam Sumatera, sehingga harga manggis lebih menggairahkan," kata Suwandi.

Suwandi menambahkan, pemerintah pusat melalui Kementan akan terus bergerak dalam mensejahterakan masyarakat petani.  Selain memperkuat semangat bertanam, Kementan mempermudah izin ekspor dari produk yang sudah dipanen petani. "Pengurusan izin ekspor saja, sekarang sudah dipangkas Pak Mentan menjadi 3 jam," kata Suwandi.

Dia berharap  program satu juta manggis di Sumbar berjalan dengan baik. "Kami yakin semangat anak-anak muda, petani, dan eksportir milineal, itu pro-masyarakat petani," tagas Suwandi. Menurutnya, para anak muda didorong Kementan untuk mengekspor hasil produk hortikultura. Nantinya, bibit manggis akan dibagikan Kementan melalui Dinas Pertanian Sumbar dan kota serta kabupaten.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Mentan Andi Amran Sulaiman meminta Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota untuk fokus mengembangkan sektor pertanian manggis."Sekarang petani kita bisa ekspor. Pak gubernur, pak bupati, fokus saja ke manggis. Satu-satu, tapi nyata. Jangan yang lain-lain, satu saja, tapi jalan, ini luar biasa, terharu saya," kata dia saat berada di Situjuah, Limapuluh Kota, Sumbar.

Selain Sumatera Barat, daerah sentra produksi manggis yakni Bali dan Jawa Barat. Kedua daerah telah rutin mengekspor manggis ke Tiongkok dan berbagai negara.  (tan)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/pertanian/...i-ranah-minang

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Satu Juta Pohon Manggis di Ranah Minang Begini Asyiknya Pesta Durian Lokal Banyumas

- Satu Juta Pohon Manggis di Ranah Minang Panen Raya Jagung di Mojokerto, Petani Menikmati Harga yang Baik

- Satu Juta Pohon Manggis di Ranah Minang Jaga Produk Hortikultura, Kementan Lakukan Adaptasi dan Mitigasi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di