alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfc8d44ded770e3028b4591/proyek-lrt-jabodebek-diteruskan-tapi-waktunya-diatur

Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur

Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur
Foto aerial suasana kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (23/11/2018). Kementerian Perhubungan akan mengatur secara bergantian jadwal pengerjaan proyek pembangunan jalan tol layang, LRT dan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang berada di Tol jakarta-Cikampek agar dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di jalan tol tersebut.
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memastikan batal menunda penggarapan proyek LRT Jabodebek dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Ia mengatakan pemerintah sama sekali tak ingin mempersulit pelaksanaan sejumlah proyek pembangunan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), tapi menginginkan ada manajemen pengaturan waktu masing-masing proyek agar tak menimbulkan kemacetan parah.

Budi menjamin skema pembangunan bergantian tiga proyek infrastruktur di ruas tol Jakarta - Cikampek KM 11 tidak akan membuat target penyelesaian proyek molor. Tiga proyek infrastruktur yang dimaksud, yakni proyek pembangunan Tol layang (elevated) Japek II, Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, dan LRT Jabodebek.

"Proyek tersebut tetap jalan dan kita menghargai dari targetnya. Tapi akan diatur, terkait penguraian kemacaten, sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Budi dilansir dari Okezone.com, Selasa (27/11/2018).

Sebagai catatan, target penyelesaian proyek LRT Jabodebek Tahap I dengan jurusan Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur, dan Cawang-Cibubur adalah Mei 2019. Pembangunan proyek LRT yang melintas ruas tol Jakarta-Cikampek (Japek) adalah jurusan Cawang-Bekasi Timur.

Kemudian, target penyelesaian proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung adalah pertengahan 2021. Sementara, target penyelesaian proyek Tol Elevated Jakarta Cikampek adalah Maret 2019.

Sebelumnya, Kementerian Perhuhungan mengeluarkan aturan baru guna mengurai kemacetan.

Budi mengatakan dalam rapat terakhir yang digelar pada pekan lalu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah mendapatkan instruksi untuk memberikan rekomendasi skema pengerjaan proyek berdasarkan rekomendasi dari lembaga manajemen konstruksi. Hal itu dilakukan agar kemacetan bisa terurai tanpa mengorbankan pengerjaan proyek.

Pemerintah juga telah menyiapkan kebijakan untuk mengurangi tingkat kemacetan di Tol Japek. Di antaranya dengan kebijakan pemerlakukan ganjil-genap di Gerbang Tol Bekasi Barat, Bekasi Timur dan sedang disosialisasikan di GT Tambun.

Kemudian, pembatasan jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V yang melintas di Tol Japek, serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol yang berlaku setiap Senin-Jum'at pukul 06.00-09.00 WIB kecuali hari libur nasional.

Sebagai kompensasinya, BPJT juga menyediakan angkutan massal yaitu bus premium, sebagai transportasi pilihan selain kendaraan pribadi bagi masyarakat yang ingin menuju ke arah Jakarta.

Pemberlakuan ganjil genap dan pembatasan jam operasional angkutan barang akan diperpanjang menjadi mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB agar lebih berdampak pada meningkatnya kelancaran lalu lintas di jalan bebas hambatan tersebut.
Berhenti pada saat libur
Namun opsi untuk menghentikan proyek sementara mungkin akan diambil pada saat mengatasi kemacetan saat libur hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Menurut Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto, penghentian proyek bisa saja dilakukan apabila prediksi volume kendaraan yang hendak melintas tol Jakarta-Cikampek cukup besar.

Penghentian sementara akan dilakukan mulai 18 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019. Periode ini lebih singkat dibandingkan usulan Menhub yang meminta proyek dihentikan hingga akhir lebaran tahun depan.

"Untuk mengurangi gangguan terhadap kelancaran, nanti mulai tanggal 18 Desember sampai tanggal 2 Januari, semua pekerjaan jalan di ruas jalan tol itu akan dihentikan sementara," kata Pandu dalam Kompas.com.

Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Komisaris Besar, Bambang Sentot Widodo, menambahkan pihaknya juga akan memberlakukan pengalihan lalu lintas jika dibutuhkan.

Selain itu, mereka juga berencana membatasi kendaraan sumbu tiga dan lebih yang boleh melewati ruas tol tersebut.

Pelarangan tersebut berlaku pada 21 Desember 2018 pukul 00.00 WIB hingga 22 Desember 2018 pukul 24.00 WIB. Kemudian, berlaku pada 25 Desember pukul 00.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.
Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...aktunya-diatur

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur Bapa, dengar kitorang: Bayarlah guru pu(nya) hak

- Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur Kasasi ditolak, Jaksa bisa penjarakan Buni Yani

- Proyek LRT Jabodebek diteruskan tapi waktunya diatur Penguatan IHSG dipimpin sektor Industri Dasar

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di