alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pks Vs Fahri Soal Pajak Motor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfc8d43dbd770d31f8b457c/pks-vs-fahri-soal-pajak-motor

Pks Vs Fahri Soal Pajak Motor

akarta - Janji PKS yang mengaku akan memperjuangkan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motordipertanyakan oleh Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah. Fahri mempertanyakan tujuan PKS yang ingin memperjuangan RUU tersebut.

"Ini mau berjuang buat siapa ini. Buat popularitas sekadar mendapatkan simpati dari yang punya motor? Jangan dong," ujar Fahri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (26/11/2018).


Baca juga: Fahri Hamzah Serang Janji PKS Hapus Pajak Motor



Menurut Fahri, janji PKS tersebut tak relevan. Sebab, untuk menuju peradaban yang lebih maju, PKS seharusnya mendorong pengurangan sepeda motor di Indonesia dengan cara menaikkan pajak. 

"Ini juga nggak ada risetnya ini. Itu salah itu ya. Kita itu justru kalau peradaban kita mau lebih maju mengurangi motor. Karena motor menurut saya mohon maaf ya, kendaraan darurat," papar Fahri.

Fahri menuturkan, seharusnya politik dijadikan ajang untuk memperjuangkan perlindungan bagi rakyatnya. Bukan untuk kepentingan elektoral semata. 

"Kalau politik itu, politik perlindungan, proteksi begitu," tegas Fahri. 

"Jadi filsafatnya yang harus dilindungi itu adalah limitasi ruang publik untuk kendaraan privat. Bukan kemudian memperbanyak kendaraan privat di ruang publik. Nah itu salah cara berpikirnya. Kurang tinggi itu cara memfilsafati urusan publik ini. Dan itu adalah penggunaan ruang publik untuk kepentingan privat. Itu kan maksudnya. Loh kok dibalik sama PKS, gimana sih," imbuh dia.


Baca juga: PKS Tepis Fahri: Janji Hapus Pajak Motor demi Keadilan Sosial



PKS sendiri menepis anggapan Fahri. Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin menilai janji itu penghapusan pajak motor tetap relevan. Apalagi, sambung Suhud, selama ini insentif pajak hanya dinikmati orang-orang kaya. 

"Selama sistem transportasi publik masih buruk, masyarakat akan tetap menjadikan motor sebagai salah satu alat transportasi alternatif," ujar Suhud kepada wartawan, Senin (26/11/2018).

Suhud juga menepis tudingan Fahri bahwa janji penghapusan pajak sepeda motor hanya untuk kepentingan elektoral. Sebab, bagi partainya, janji tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan keadilan sosial.

"Penilaian kami serahkan kepada masyarakat. Namun, bagi kami, itu adalah salah satu upaya mewujudkan keadilan sosial," tutur Suhud.


Baca juga: Kontroversi Janji-janji PKS



Sebelumnya, PKS berjanji akan memperjuangkan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup bila menang di Pemilu 2019. Menurut PKS, penghapusan pajak motor akan mengurangi beban masyarakat.

"Untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat, dengan kenaikan tarif dasar listrik dan harga pangan yang melambung, PKS memperjuangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup," kata Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS Almuzzammil Yusuf di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (22/11).

Pajak sepeda motor yang dimaksud PKS adalah pajak kendaraan bermotor (PKB), pajak bea balik nama kendaraan bermotor (PBBNKB), tarif sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan, biaya administrasi surat tanda nomor kendaraan (STNK), dan biaya administrasi tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) untuk sepeda motor ber-cc kecil.


Sumber
https://news.detik.com/berita/d-4318...al-pajak-motor
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
komen:

tumben masuk akal
PKS ditampol lagi saja...

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Partai Kisut dongok emoticon-Big Grin
tebakan ane
pajak motor di bebankan ke pemilik mobil berupa kenaikan pajak mobil
itu rencana PKS

dampaknya? yg pake mobil di Indonesia jadi sedikit, ntar jalanan protokol isinya motor semua
Jangan digratisin lah, ntar semakin banyak alayer motor di jalan emoticon-Malu
Muke gile pekaes..
Buntelan kentut tumben waras..
di beberapa negara motor dengan cc tertentu nggak di anggap kendaraan transport makanya nggak di pajakin. mungkin mau ikut ?
Tumben si fachri komennya masuk akal.

PKS emang lagi mau narik massa aja buat pemilu. Mereka buat yang bombastis biar narik perhatian padahal mah mereka tahu ga bakal jadi undang2
ternyata fahri hamzah lebih cerdas dari kebanyakan anggota pks
kemaren ada yg hina profesi ojek loh
Quote:


di Jepang 50cc nggak dipajekin...emang ada di sini yg 50cc?? kalau mau noh insentive buat motor listrik

Balasan post gesit.79
Quote:


ada gan..
motor anak anak/mini motor ... kayanya itu juga ga ada pajaknya emoticon-Ngakak (S)
kali ini setuju sama fahri, jgn sampe pks menang bisa2 ga maju2 kita
Ga usah ikutan ngotot, tinggal nonton saja nih cebong....
kali ini setuju ama fahri
mantep om pah
lanjutken
Quote:


Gampang buat demo.
Balasan post brick_water
Quote:


negara mana gan ? kalo mau compare apple to apple sm negara barat mah ga bakal bisa soalnya populasi motor di asean + india itu sangat tinggi. kalo cm secuil mungkin ga akan efek ke pemasukan daerah.

lagian ini PKS juga asal ngoceh aja dikira motor itu cuma cc 50-250 doang, trs bangsa harley, ducati, dan motor sport cc besar lain itu mau dibebasin jg pajeknya ? aneh

mending transparansi PAD kendaraan aja deh, berapa yang bakalan masyarakat dapet buat pembangunan infrastruktur jalan.

fahri otaknya abis dimaintenis jadi rada bener mikirnya
setuju sama pak aji
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di