alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam
5 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfc1149582b2e897b8b458e/menguak-boso-walikan-khas-kera-ngalam

Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam

Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam
Sumber Gambar

"Oyi", "sam", "lurd", "ngarambes" sangat sering kita dengar di sela-sela obrolan masyarakat Malang, bahasa ini digunakan sebagai bahasa pergaulan mulai dari anak muda hingga orang yang udah punya cucu lo gan.. Bagaikan sayur tanpa garam jikalau sedang ngobrol dengan teman akrab tidak menyisipkan boso walikan gan..
Ane coba kasih contoh dikit ya gan kalo ane lagi bicara sama temen (nanti diterjemahin juga, tenang aja hehe)

A : Umak opal? (kamu lapo? : kamu lagi ngapain)
B : Ngombe ipok (ngombe kopi : minum kopi)

Kedengarannya memang aneh ya gan...
Percaya gak percaya kalau sudah merasakan tinggal di Malang, boso walikan bisa meng akrabkan tali pertemanan ataupun persaudaraan

Eits.. Tapi sebenarnya boso walikan bukan hanya digunakan dalam pergaulan. Bahasa ini digunakan sebagai kode atau sandi khusus oleh para pejuang

Dibawah ini ada 4 fakta unik boso walikan yg tidak pernah kita sangka sebelumnya

[CENTER]1. Digunakan Sejak Masa Penjajahan

Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam


Dikarenakan banyaknya mata-mata, pejuang Malang menggunakan bahasa walikan untuk mengelabui penjajah


2. Sandi yang digunakan Sesama Tentara Indonesia

Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam


Bahasa walikan digunakan untuk menjamin kerahasiaan antara pejuang RI dan untuk pengenal identitas antara kawan dan lawan. Agar tak mudah ditebak, bahasa walikan tidak memakai bahasa baku lo gan


3. Tidak Semua Bahasa Bisa Dibalik

Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam

Dokumen Pribadi


Jangan mentang2 udah tau bahasa walikan, kalo ngomong semua dibalik ya gan.. Auto pusing temen yg kamu ajak bicara.. Hehehehe...


4. Kata yang digunakan Berasal dari Berbagai Macam Bahasa

Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam



Pada umumnya, bahasa yg digunakan adalah bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Misalnya umak, berasal dari kata kamu


Sampai saat ini bahasa walikan masih nge tren lo gan, bahkan sampai seluruh Indonesia. Hehehe... Contohnya : woles (selow). Tetapi awalmulanya Malanglah yg menjadi pelopor boso walikan ini gan

Sekian thread dari ane gan, ane mohon maaf apabila ada informasi yg salah di thread ane. Tolong ingatkan ya gan, jangan cela ane. Ane penakut hehehe...
Diubah oleh lisa.bachtiar
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
keren juga untuk ngibulin penjajah
Oyii oyii ngalam emoticon-nyantai
Indonesia sangat kaya dengan beragam bahasa ya gann.. Salah satunya ya bahasa walikan ini sih, meski ane pribadi gak terlalu pahamm.. hahaha

nice trit gann emoticon-Recommended Seller
Malang Ngalam emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2


Sebenarnya ane sama temen2 dulu udah pake bahasa yang dibalik, sebelum seterkenal sekarang.
Diubah oleh gagalbunting
nice nice
unik juga yah bahasa Malang.. emoticon-Malu (S)
Inget malang inget baksonya .. ckckckc
emoticon-Kiss
Diubah oleh lisa.bachtiar
Iarag uleng haris emoticon-Hammer (S)
Quote:


Hahaha emoticon-Ngakak apalagi pas lagi ujan ya gan
Quote:


Wah.. Harus main ke malang gan hehe
karon
Umak tahes? Uklam-uklam ta sam bek e ketemu kodew ayu ndek dalan. Oyi? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh royaljannisary
Quote:


Omong opooo? :goyang
Diubah oleh wicaksana.agung
ini asahab nikib ayas ngungib sap urab hadnip id malangemoticon-Hammer2
Quote:


Yoopo to sam sek ra paham ae. Mangkane dolen nang Malang cek paham Menguak Boso Walikan Khas Kera Ngalam
Quote:


Doainn emoticon-Malu (S)
Balasan post m.aret
Quote:


ngalam panas sam, eh saiki wes peralihan maneh dengemoticon-Jempol
Sebuah hal yang cukup menarik ini gan, karena bisa dibalik dengan baik. Kalau ane sendiri memang tidak bisa berbahasa terbalik seperti itu. Tapi untuk para arek-arek malang bisa melakukannya.
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di