alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
4 Tahun Jokowi-JK, Kerja Keras Bangun Fondasi Bangsa Produktif
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfbf990c2cb1770688b457f/4-tahun-jokowi-jk-kerja-keras-bangun-fondasi-bangsa-produktif

4 Tahun Jokowi-JK, Kerja Keras Bangun Fondasi Bangsa Produktif

4 Tahun Jokowi-JK, Kerja Keras Bangun Fondasi Bangsa Produktif

JPP, JAKARTA - Bangsa Indonesia tidak akan bisa maju dan memenangkan kompetisi global jika tidak merubah langkahnya dari bangsa konsumtif menjadi bangsa produktif. Maka itu, selama empat tahun terakhir pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla fokus bekerja keras membangun fondasi bagi Indonesia menuju bangsa produktif.

"Kita ingin hijrah menuju bangsa produktif yang efisien dan kompetitif, karena tanpa ini saya yakini sangat berat bagi kita untuk berkompetisi dengan negara lain," tutur Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di acara HUT salah satu media massa nasional, di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Pada kesempatan tersebut, Presiden pun bercerita bahwa pada empat tahun yang lalu di bulan-bulan awal pemerintahannya, harga-harga sejumlah komoditas anjlok, kadang turun kadang naik, di antaranya batu bara, sawit, dan karet. Sebab, menurutnya, kondisi ekonomi dunia pada saat itu memang juga dalam posisi menurun.

"Masa booming minerba sudah selesai. Oleh sebab itu, tidak ada pilihan lain bagi kita, bagi ekonomi Indonesia, untuk harus berubah. Oleh sebab itu, kita harus memperbaiki fondasi ekonomi yang kita miliki. Selama empat tahun kita kerja keras bangun fondasi baru. Kita semua ingin bangsa ini hijrah dari yang konsumtif ke produktif," jelasnya.

Lebih lanjut Kepala Negara menyebutkan salah satu langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam membangun fondasi bangsa produktif adalah dengan memangkas anggaran subsidi yang bersifat konsumtif dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sejak tahun 2014.

"Subsidi BBM (Bahan Bakar Minyak) yang kalau kita lihat persentasenya 82 persen subsidi justru dinikmati kalangan atas. Ini yang di tahun 2014 kita pangkas, kita alihkan untuk kegiatan produktif untuk membangun infrastruktur, jalan, jalan tol, pelabuhan, bandara, pembangkit tenaga listrik. Dari sini kita mulai," katanya.

Berbeda dengan sebelumnya, Ia menyatakan bahwa pembangunan yang dilakukan selama empat tahun terakhir orientasinya tidak lagi Jawa Sentris, tetapi merata di seluruh pelosok Tanah Air atau Indonesia Sentris.

"Ini perubahannya. Kalau saya orang politik, yang benar memang bangun di Jawa karena penduduk padat, 60 persen di Jawa, return ekonomi dan politik juga baik. Tapi risiko itu sudah kita hitung dan kita pilih Indonesia Sentris. Karena kita memang ingin membangun Indonesia untuk sebuah keadilan sosial, untuk memunculkan sentra ekonomi baru di luar pulau Jawa," terang Presiden.

Namun demikian, Presiden mengakui bahwa apa yang sudah dan sedang dikerjakan oleh pemerintah hasilnya tidaklah instan dan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

"Itulah pil. Kadang pahit, kadang sakit, tapi kita harus minum itu agar kita bisa jadi bangsa yang sehat dan produktif, kompetitif, dan efisien," tandasnya. (nba)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/infrastru...ngsa-produktif

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- 4 Tahun Jokowi-JK, Kerja Keras Bangun Fondasi Bangsa Produktif Menkop UKM: Rasio Kewirausahaan Indonesia Naik Dalam Empat Tahun Terakhir

- 4 Tahun Jokowi-JK, Kerja Keras Bangun Fondasi Bangsa Produktif Empat Tahun Jokowi-JK, Kerja Bersama Bangun Ekosistem Meningkatkan Kinerja Layanan Kominfo

- 4 Tahun Jokowi-JK, Kerja Keras Bangun Fondasi Bangsa Produktif Empat Tahun Jokowi-JK, Mengatasi Kesenjangan Fasilitas Kesehatan, Bangun 256 Puskesmas di Perbatasan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di