alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Adaptasi Buku Ekonomi Jadi Game? Kira-Kira Asyik Ga Ya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfbc53098e31b0e218b456a/adaptasi-buku-ekonomi-jadi-game-kira-kira-asyik-ga-ya

Adaptasi Buku Ekonomi Jadi Game? Kira-Kira Asyik Ga Ya?

Cus ga pake lama deh.

Kita kenalan dulu sama orangnya.

Robert T. Kiyosaki!emoticon-Matabelo



Adaptasi Buku Ekonomi Jadi Game? Kira-Kira Asyik Ga Ya?


Agan sista ada yang belum kenal sama "orang ini"?

Atau malahan sebaliknya? Udah kenal banget?

Udah pernah baca semua bukunya?

Ehmm, atau paling ga pernah lah baca salah satu bukunya?


Robert T. (Toru) Kiyosakilahir 8 April 1947, doi investor, usahawan, penulis, sekaligus motivator yang udah banyak banget dikenal. Doi nih terkenal karena salah satu bukunya yang jadi best seller, Rich Dad, Poor Dad. Buku itu bagian dari seri buku yang isinya motivasi, awalnya dicetak sendiri terus abis itu mulai deh diterbitin sama Warner Books. Kalau diitung kumulatifnya, doi udah bikin 15 buku dan udah dijual lebih dari 26 juta. emoticon-Matabelo


Kalau sekarang, buku doi diterbitin oleh perusahaan penerbitan miliknya yaitu "The Rich Dad Press imprint". Tiga dari bukunya yaitu Rich Dad Poor Dad, Rich Dad's CASHFLOW Quadrant, dan Rich Dad's Guide to Investing,  udah jadi 10 buku terlaris di The Wall Street Journal, USA Today sama di New York Times.


Buku Rich Kid Smart Kidyang diterbitkan pada 2001, diterbitkan dengan maksud membantu orangtua merancangkan keuangan bagi anaknya.


Oke deh sedikit intro aja, buku doi nih udah kaya buku bacaan buat orang-orang yang mau usaha, tapi takut usaha, mau kerja tapi males kerja, bukan siapa-siapa tapi pengen kaya raya. Atau sering kita bilang sebagai financial freedom atau kebebasan financial.emoticon-Leh Uga


Nih bukunya kaya gini:

Adaptasi Buku Ekonomi Jadi Game? Kira-Kira Asyik Ga Ya?


So Guys, sedikit sinopsis nih buat buku satu ini. Bukunya ini isinya kurang lebih jelasin soal Robert Kiyosaki yang dididik sama dua orang yang dianggap ayah (Dad). Satunya ini ayah kandung (poor dad) dan satunya lagi itu ayah dari temennya (rich dad). Keduanya memiliki pola pikir yang jauh beda nih, kalau yang kaya raya selalu mikir buat memanfaatkan peluang dan ga takut buat ngambil resiko, tapi sebaliknya buat yang ayah miskin selalu mikirnya buat cari yang pasti-pasti aja.

Kalau sekarang sih aplikatifnya banyak kok, kalau mau yang pasti-pasti ya kerjanya di BUMN, jadi PNS, dll. Sedangkan kalau misal kita kerja di startup, atau bikin usaha sendiri relatif lebih ga pasti dan banyak banget yang bilang kalau itu besar banget resikonya.

Tapi ya ada benernya juga sih kalau misalnya semakin besar resiko, ya pastinya bakalan semakin besar hasil yang didapet kan?

(Soal BUMN, PNS ini pernah TS bahas dong di sini. Sekalian bahas soal generasi sekarang paling banyak pengen jadi apa sih kalau dilihat sama sifatnya. Cek disini: https://www.kaskus.co.id/thread/5bc1...lo/?order=asc)

Next, doi terkenal soal cashflow quadrant nih.

Adaptasi Buku Ekonomi Jadi Game? Kira-Kira Asyik Ga Ya?


Intinya kalau menurut doi, kita tuh dibagi jadi Employee (Pekerja), terus Business Owner (Pemilik Usaha), Self Employee (Bukan Karyawan), dan Investor (Investor).

Dari deskripsinya intinya kalau kita mau menjadi orang yang bebas finansial kita mesti dan kudu paling ga buat move dari kolom E, dan pindah ke kolom B, atau bisa tetap di kolom E, tapi juga ada di kolom I.
Alesannya simple, kalau tetep bertahan cuma di E, artinya pendapatan kita tetep, dan udah bisa ketaker.
Abis itu? Tiap gajian dipotong! Dipotong buat asuransi-lah, buat pajak-lah, buat potongan hari tua-lah, dll.

Tapi kan kalau jadi karyawan masa depannya bisa terjamin, ada uang pensiun juga kalau misal jadi PNS, jadi besok kalau udah tua ga perlu ngrepotin siapa-siapa. (INGAT: DI SINI KEBEBASAN FINANSIAL GA BAKALAN DIDAPAT DARI KEPASTIAN).

Tapi kan tiap tahun naik gaji? (GAJI NAIK POTONGAN NAIK GA? YA IYADONG). emoticon-Ngakakemoticon-Lempar Bataemoticon-Wakaka

Nah kalau dulu kata Bob Sadino , kerja atau dikerjain hehe. Ga ga ini becanda, TS juga karyawan kok, dan masih mencoba menjadi Investor yang baik.

Kalau bahas buku ini bakalan panjang banget pastinya.

Kalau gitu kita balik aja deh, ke inti bahasan tadi soal game, soalnya TS kalau dibiarin kadang gitu bisa kemana-mana. emoticon-Malu

Nah doi ini bikin permainan juga, namanya ga jauh-jauh. CASHFLOW juga namanya.
Ada versi yang fisik, ada juga yang aplikasi. Kalau yang fisik kurang lebih kaya gini nih:

Adaptasi Buku Ekonomi Jadi Game? Kira-Kira Asyik Ga Ya?

Banyak kok ini di toko online kalau misal mau beli, tapi ya itu kalau yang asli mungkin agak mahal. emoticon-Ngakak

Masih tetep mau main?
Biasanya kalau yang sudah baca bukunya mesti penasaran deh mau main game ini juga, ngerasain dapet duit terus keluar dari Rat Race ,  terus pindah ke Fast Track.

Rat Race? Fast Track? Apa tuh?
Kalau misal masih penasaran baca bukunya deh, atau bisa juga liat di video ini, dijelasin soal permainannya, dan cara buat keluar dari Rat Race  buat pindah ke Fast Track based on Robert Principle.
Ada juga link buat download gamenya.

Nih check disini: KA_Gaming 1 - Cashflow Gameplay Indonesia (The Investing Game (Financial) by Robert T. Kiyosaki)


TS ga minta cendol kok gansis, kalau misal dirasa ini bermanfaat ya dikasih cendolemoticon-Toast terus di rate-5emoticon-Rate 5 Star , kalau misal dirasa kurang manfaat dibata emoticon-Blue Guy Bata (L)juga "OKE", tapi dikasih masukan juga ya. Jangan cuma lempar bata aja emoticon-2 Jempol. TERIMA KASIH emoticon-Pelukemoticon-Kiss


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pertamax hanya buat TS 😊
board game?
semoga sukses ya
Agak puyeng baca penjelasannya.
emoticon-Hammer2



Tapi masih terbiasa ama monopoli
emoticon-Wakaka


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di