alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Sidang perdana dan tudingan Irwandi Yusuf terhadap dakwaan jaksa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfbc430dad77002478b456b/sidang-perdana-dan-tudingan-irwandi-yusuf-terhadap-dakwaan-jaksa

Sidang perdana dan tudingan Irwandi Yusuf terhadap dakwaan jaksa

Sidang perdana dan tudingan Irwandi Yusuf terhadap dakwaan jaksa
Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf menjalani sidang dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (26/11/2018).
Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf menjalani sidang perdana sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (26/11/2018). Irwandi didakwa menerima suap Rp1 miliar dari Bupati Bener Meriah Ahmadi dalam pencairan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018.

Irwandi Yusuf menerima uang suap itu secara bertahap melalui orang kepercayaannya yakni Hendri Yuzal, dan Teuku Saiful Bahri. "Melakukan atau turut serta melakukan beberapa perbuatan yang ada hubungannya sedemikian rupa sehingga dipandang sebagai perbuatan berlanjut, yang menerima hadiah atau janji," ujar jaksa KPK Ali Fikri melalui Detikcom.

Jaksa mengungkapkan kasus itu bermula dari usulan program pembangunan jalan di Kabupaten Bener Meriah. Atas usulan itu, kata jaksa, Irwandi meminta stafnya Teuku Saiful Bahri mengatur pemenang lelang program pembangunan itu. Selanjutnya, Ahmadi dan Hendri Yuzal bersepakat adanya komitmen fee sebesar 10 persen atas program pembangunan itu.

Ahmadi memberikan uang ke Irwandi secara bertahap. Pemberian uang dari tangan Ahmadi selalu menggunakan peran ajudannya Muyassir, sedangkan dari Irwandi menggunakan tangan Teuku Saiful Bahri dan Teuku Fadhilatul Amri.

Ahmadi mengirimkan uang Rp120 juta kepada Teuku Saiful Bahri. Uang tersebut digunakan Irwandi membayar tiket perjalanan umrah bersama istrinya Fenny Steffy Burase.

Ahmadi kembali mengirimkan uang Rp430 juta kepada Irwandi melalui Teuku Saiful Bahri dan Hendri Yuzal. Setelah menerima uang itu, Irwandi meminta Teuku Saiful Bahri mentransfer rekeningnya, untuk kemudian diberikan ke Steffy Burase sejumlah Rp150 juta dan Rp330 juta.

Setelah itu, Teuku Saiful Bahri menemui Muyassir, ajudan Ahmadi, menyampaikan pesan Irwandi mengenai kebutuhan dana Rp1 miliar untuk kegiatan Aceh Marathon. Atas permintaan itu, Ahmadi mengumpulkan uang dari rekanan di Kabupaten Bener Meriah yang diperoleh Rp500 juta.

KPK pun menangkap Irwandi Yusuf dan menetapkannya sebagai tersangka pada Rabu (4/7/2018) lalu. Dalam kasus ini, jaksa menuntut Bupati Bener Meriah nonaktif, Ahmadi, 4 tahun penjara.

Tiga bulan menjadi tersangka karena dana otonomi khusus, status tersangka Irwandi menjadi dobel. Pada Senin (8/10/2018) KPK kembali menetapkan Irwandi sebagai tersangka dalam proyek pembangunan dermaga Sabang. KPK juga menetapkan Izil Azhar dari unsur swasta atau orang kepercayaan Irwandi Yusuf.

Proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan pelabuhan bebas Sabang yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2006-2011.

Irwandi, selama menjadi Gubernur Aceh periode 2007-2012 diduga menerima gratifikasi sebesar Rp32 miliar dari pelaksanaan proyek pembangunan dermaga itu. KPK menduga ada kerugian keuangan negara Rp313 miliar karena adanya penyimpangan dalam proyek itu.

KPK sudah menguak laku culas dalam pembangunan pelabuhan itu sejak 2013. KPK telah menetapkan empat tersangka dan dua tersangka perusahaan sejak 2014. Dua korporasi yang menjadi tersangka adalah PT Nindya Karya dan PT Tuah Sejati.

Tersangka lain adalah Heru Sulaksono (mantan Kepala PT Nindya Karya cabang Sumatera Utara), Ramadhani Ismy (mantan Deputi Teknik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang), Ruslan Abdul Gani (mantan kepala Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang 2010-2011), dan Teuku Syaiful Ahmad (mantan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang 2006-2010).

Heru Sulaksono telah divonis 9 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 4 bulan kurungan pada Desember 2014 lalu. Heru terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang. Pada tahun yang sama, Ramadhani Ismy juga mendapat vonis enam tahun penjara.

Pengadilan juga telah menjatuhkan vonis 5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan terhadap Ruslan Abdul Gani. Bupati Bener Meriah periode 2012-2017 ini mendapat hukuman pidana tambahan berupa uang pengganti Rp4,36 miliar.

Adapun proses hukum Teuku Syaiful Ahmad terhenti karena menderita stroke. Syaiful meninggal pada November 2017.

Sebelum menjalani sidang, Irwandi menilai semua dakwaan jaksa KPK rekayasa. "Dakwaan sudah kami baca, jadi sudah tahu naskahnya. Tidak nervous, saya tahu di mana halu (halusinasi)-nya," ujar Irwandi dikutip Kompas.com.
Sidang perdana dan tudingan Irwandi Yusuf terhadap dakwaan jaksa


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dakwaan-jaksa

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sidang perdana dan tudingan Irwandi Yusuf terhadap dakwaan jaksa Kenaikan harga BBM hantam popularitas Macron

- Sidang perdana dan tudingan Irwandi Yusuf terhadap dakwaan jaksa Cekcok Pilpres berujung pembunuhan, peringatan buat elite politik

- Sidang perdana dan tudingan Irwandi Yusuf terhadap dakwaan jaksa Jangan terkecoh petugas gadungan KPK

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di