alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Cara Beragama Menentukan Masa Depan Bangsa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfbb6d2d675d421268b4581/cara-beragama-menentukan-masa-depan-bangsa

Cara Beragama Menentukan Masa Depan Bangsa

Cara Beragama Menentukan Masa Depan Bangsa

JPP, YOGYAKARTA - Indonesia merupakan negara yang berdasarkan Pancasila. Sila pertama dari Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Ini menjadi penegasan bahwa agama menjadi faktor yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tapi, perlu dicatat bahwa agama tidak menentukan masa depan Indonesia, yang sangat menentukan adalah bagaimana cara beragama kita. Cara bergama yang toleran, damai, elegan, bermartabat, dan berkemajuan akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut menjadi contoh di antara negara-negara lain yang berpenduduk Muslim.

Demikian salah satu poin penting yang disampaikan para pembicara dalam “Halaqoh Kebangsaan Menuju Indonesia Berkemajuan”, Rabu-Jumat, 21-23 November 2018 di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan UMY.

Hadir sebagai pembicara antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Rektor UMY Gunawan Budiyanto, Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta Abdul Munir Mulkhan, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang diwakili Asisten Perencanaan dan Anggaran Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden Abd Rohim Ghazali yang ikut hadir dalam halaqoh merasa optimistis bahwa Indonesia ke depan akan lebih baik karena dipenuhi orang-orang yang berpikiran maju dan terbuka seperti tokoh-tokoh yang hadir dan berbicara dalam halaqoh.

Rohim menjelaskan, keutuhan Indonesia harus dijaga, dan salah satu caranya adalah dengan mengembangkan wacana yang positif dan konstruktif, termasuk dalam mengembangkan wacana beragama seperti yang dipaparkan dalam forum halaqoh kebangsaan.

Sementara itu, Abdul Munir Mulkhan menekankan, cara beragama yang toleran perlu dikembangkan karena Indonesia merupakan negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi termasuk dalam hal beragama.

“Yang menentukan kita masuk surga atau tidak bukan agama, tapi bagaimana cara beragama kita,” tegas Abdul Munir Mulkhan seraya menjelaskan, dalam beragama, umat Islam di Indonesia harus toleran dan inklusif baik dalam pemikiran maupun tindakan.

Munir mencontohkan, Muhammadiyah, meskipun dikenal sebagai organisasio Islam, tapi dalam menjalankan amal usahanya di bidang pendidikan, kesehatan, dan pelayanan sosial sangat terbuka, tidak membeda-bedakan suku, agama, ras maupun golongan. Siapa pun boleh masuk sekolah-sekolah Muhammadiyah. Dan, pendidikan Muhammadiyah tidak akan mengubah agama siapa pun yang menimba ilmu di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

“Yang Kristen akan tetap Kristen, yang Katolik akan tetap Katolik, yang Hindu tetap Hindu, yang Budha tetap Budha, bahkan yang NU pun tidak harus menjadi Muhammadiyah,” papar Munir.

Selain toleran, yang harus dikembangkan adalah cara beragama yang damai. Umat Islam harus menonjolkan sisi kedamaian agamanya karena Islam itu sendiri artinya damai. Islam diturunkan untuk membawa rahmat, bukan laknat. Islam juga hadir untuk menjaga perdamaian dan keharmonisan, bukan permusuhan. Berpeda pendapat boleh saja, berbeda pilihan politik silahkan, tapi jangan perbedaan itu membuat kita terpecah-pecah. Umat Islam Indonesia harus menampilkan Islam yang elegan, bermartabat, dan berkemajuan. (ksp/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/327814...a-depan-bangsa

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Cara Beragama Menentukan Masa Depan Bangsa Sapa WNI di Brunei, Menag Berpesan tentang Moderasi Beragama

- Cara Beragama Menentukan Masa Depan Bangsa Indonesia Raih Emas di Olimpiade Astronomi dan Astrofisika di Beijing

- Cara Beragama Menentukan Masa Depan Bangsa Menag Ajak Umat Kristiani Kedepankan Moderasi Beragama

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di