alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?
4.81 stars - based on 21 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfbb107c1d7704a718b4569/habis-gajian-selalu-ngerasa-kekurangan-uang-belum-lakukan-ini-ya

Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?

Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?

Gajian emang jadi saat yang paling sering dinantikan orang-orang. Kamu juga kan Gan? Tapi duit gaji kamu biasanya langsung dipakai buat apa aja sih?

Ada beberapa tipe kebiasaan orang ketika gajian tiba Gan. Ada tipe yang setiap gajian langsung ngasih sedekah sebagai bentuk syukur. Ada tipe yang setiap gajian langsung sibuk nyari investasi baru. Lain lagi sama tipe yang anti hutang-hutang klub yang kerjanya tiap gajian langsung bayar segala hutang dan tagihan. Dan ada juga nih tipe yang abis gajian langsung sibuk mikirin belanja dan senang-senang.

Yah, emang ada banyak cara sih yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan gaji yang selalu masuk ke rekening setiap bulan. Semua kembali lagi kepada kebutuhan Gan Sis masing-masing. Tapi yang paling penting sih bukan sebatas gaji Agan dipakai untuk apa, tapi gimana Gan Sis sendiri bisa secara maksimal mengelola keuangan Agan sehabis gajian. Karena kalau Agan jago mengelola keuangan sehabis gajian, niscaya kan segala kebutuhan yang Agan inginkan bisa terpenuhi kan.

Trus gimana cara terbaik mengelola keuangan sehabis gajian?
Dari beragam sumber yang ane baca, ada beberapa tips yang bisa Agan Sista coba dan praktikan terutama ketika gajian nanti tiba. Begini nih caranya

Gaji Juga Harus Dibagi

Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?

Tenang Gan. Ane nggak minta Agan buat bagi-bagiin gaji ke ane kok emoticon-Ngakak (S). Maksudnya adalah membagi gaji berdasarkan anggaran yang dibutuhkan setiap bulan. Dulu ane nggak pernah memisahkan gaji untuk berbagai keperluan. Ujung-ujungnya ya ilang tanpa jejak aja. Belum juga belanja keperluan bulanan, eh duitnya ternyata udah terpakai untuk bayar belanjaan sepatu yang lagi sale gila-gilaan di mall. Dari pengalaman semacam ini makanya ane mutusin buat selalu buat anggaran pengeluaran ane setiap bulan. Berapa yang untuk transportasi. Berapa untuk makan. Berapa untuk hiburan diri seperti nonton dan belanja.Berapa untuk dana tak terduga alias darurat.

Awal-awalnya sih bakal susah karena tangan sering gatal narik uang untuk keperluan tertentu yang bahkan nggak masuk di anggaran. Tapi lama-lama juga terbiasa. Setidaknya kamu jadi tau mana kebutuhan bulanan yang butuh anggaran lebih besar dibanding lainnya jadi kamu bisa kira-kira sendiri kondisi keuanganmu yang sebenarnya. Biar nggak kesusahan menggunakan duit berdasarkan anggaran, ane kadang juga misahin di rekening terpisah agar bisa kontrol diri.

Ingat! Bayar Tagihan Sebelum Gaji Habis Duluan Gan!

Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?

Apa sih prioritas Agan setelah gajian tiba? Kalau ane sih selain kebutuhan dasar, urusan membayar segala tagihan juga jadi prioritas penting terutama ketika gajian baru tiba. Alasannya ya sederhana Gan. Ane nggak mau saat gajian habis tapi ane baru sadar ada tagihan yang harus dibayar. Itu makanya penting untuk selalu ingat bayar hutang atau cicilan setiap kali kamu baru dapet gaji, baru kemudian sisa uang lainnya bisa kamu plot ke anggaran-anggaran tadi.

Emang sih kalau udah harus bayar cicilan atau tagihan kita sering berasa mendadak mager. Tapi hellow, buat bayar tagihan dan cicilan sekarang kan udah gampang banget ya. Nggak perlu pakai ngantri, dari smartphone sendiri juga udah bisa. Ane misalnya nih untuk soal bayar tagihan atau cicilan kartu kredit, motor dan sebagainya milih buat #DibikinSimpel aja pakai BCA mobile. Tinggal buka BCA mobile. Pilih m-BCA. Pilih m-Payment, lalu tentukan tagihan mana yang mau kamu bayar. Gampang dan cepat kan Gan. Oya, ada banyak pilihan pembayaran yang bisa ane temukan di sini. Mulai dari bayar cicilan kartu kredit, mobil, tagihan listrik, handphone, tv berlangganan dan pinjaman bisa lebih mudah dan cepat. Trus BCA mobile juga bisa dipakai untuk pembayaran cicilan atau tagihan kartu kredit yang bukan dari BCA juga Gan. Jadi ngebantu banget untuk urusan pembayaran tagihan dan cicilan kan.


Bikin Diari Keuangan Sendiri

Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?

Salah satu hal lagi yang dulu sering banget bikin ane sadar nggak bisa ngontrol gaji yang baru masuk ke rekening setiap bulan adalah ketika ane nggak tau duit ane abis di mana Gan! Padahal yang namanya sadar soal keuangan sendiri itu penting banget.

Buat sadar soal keuangan sendiri butuh yang namanya perencanaan anggaran pengeluaran seperti yang ane sebutkan di poin pertama tadi penting. Biar makin ke kontrol lagi, Agan juga bisa lakukan dengan nge-track setiap pengeluaran Agan. Tujuannya apa? Ya biar makin sadar kalau misalnya ada pengeluaran yang lebih bengkak dari anggaran yang disiapkan.

Buat nge-track pengeluaran, Agan bisa bikin catatan keuangan sendiri. Bisa di handphone bisa di notes, yang mana aja yang menurut Agan gampang. Jadi kalau belanja ada receipt, Agan bisa simpan dulu untuk kemudian dicatat. Atau kalau sering belanja online kayak ane nih, paling gampang ngetrack pengeluaran ya dengan nge-cek transaksi di BCA mobile. Tinggal buka inbox transaksi Ane jadi ingat lagi pengeluaran yang sudah ane keluarkan untuk online shop. Ane juga bisa ngetrack penggunaan kartu kredit dengan ngeliat history transaksi kartu kredit yang tercatat di BCA mobile. Jadi nggak perlu takut lupa udah ngeluarin duit di mana aja kita juga bisa ngecek sendiri duit di rekening pada lari kemana sehingga bisa lebih berhati-hati menggunakan gaji kan.

Menabung dan Investasi itu juga PERLU!


Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?

Terdengar klise tapi yang namanya menabung dan investasi emang butuh banget dilakukan di jaman sekarang Gan. Namanya juga mempersiapkan demi masa depan. Ya kali haha hihi saat gajian tiba tapi langsung habis begitu aja tanpa Agan sisihkan untuk masa depan nanti. Hidup kan butuh dana Gan! #ngakaks

Habis Gajian Selalu Ngerasa Kekurangan Uang? Belum Lakukan Ini Ya?

Itu makanya kalau habis gajian nanti kamu juga perlu menyisihkan beberapa untuk ditabung dan diinvestasikan. Berapa itungannya? Ya terserah Agan. Ada banyak rumus dan tips menabung dan investasi yang banyak di share di berbagai artikel kok. Jadi cari aja yang paling pas menurut kamu lalu lakukanlah Gan.

Ane emang bukan financial advisor, tapi beberapa tips sederhana ini menurut ane udah bisa membantu ane buat ngontrol keuangan saat gajian datang setiap bulan. Kalau Agan sendiri punya tips dan trik jitu apa lagi nih buat ngatur keuangan saat gajian tiba. Yuk bolehlah berbagi tips di sini. Siapa tahu bermanfaat buat ane dan orang-orang lain yang membacanya. Ane siap angkut tips Agan ke pejwan!

emoticon-Hai

Diubah oleh gakbolehcuti
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 12
gaji ane cuma UMR gan, kebutuhan juga banyak. apalah daya seorang kuli emoticon-Frownemoticon-Frown
mungkin kudu wira usah kita gan
Gaji minim tapi tetap bersyukur lahhh. Daripada gak punya pekerjaan.
Quote:


Ya itumah tergantung pribadinya gan hehe
Naise trit gan emoticon-Angkat Beer
ane sih udah di sekat2in tiap bulan.. tapi tetep aje jebol juga.. hahahahahahaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
wacana forever ini ngoahahaha
10% gaji buat disumbangin emoticon-Cool
2.5%nya diamankan dulu untuk zakat emoticon-Big Grin
Quote:


Makasih Ts
Ijin mempraktekkan
Nih buat ts emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Keep Posting Gan trit inspiratif lainnya
emoticon-Rate 5 Star dah
Quote:


emoticon-Cendol Gan
ane minimal sejuta langsung buat di tabung dan tetep hemat biar kalo ada sisa bisa di tabung lagi
emoticon-Malu
gaji berasa kaya aer gan emoticon-Frown
mantap gan
dari dulu gk prnh bisa nabung emoticon-Big Grin
Zaman sekarang harus pintar-pintar memanajemen keuangan, Gan.
perlu belajar financial literacy nih Gan/Sis emoticon-Smilie
hahahah, ini yang ane butuhin gan ... lg bingung ngebagi nya nih ... soalnya ada cicilan sama hutang juga
gali lobang tutup lobang emoticon-Mewek
Quote:


Gajian berasa kayak talang air ... lewat doang nyangkut kagak...emoticon-Big Grin

kadi inget temen gw dulu.. dapet bonus 300 ribu.. eh kepotong kasbon 300 ribu.. jadi dia tanda tangan cuma dapet angin doang....... wuz wuz wuz....
Halaman 1 dari 12


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di