alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Jangan terkecoh petugas gadungan KPK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb99f5ded770c4558b4573/jangan-terkecoh-petugas-gadungan-kpk

Jangan terkecoh petugas gadungan KPK

Jangan terkecoh petugas gadungan KPK

Bagi sekelompok peternak di desa itu, kematian 24 ekor sapi — dari 66 sapi — adalah musibah. Peternak memanfaatkan uang Rp500 juta hibah dari pemerintah untuk membeli sapi. Bagi Risdiyanto (40) kematian likuran sapi adalah peluang beroleh uang.

Dengan menyaru sebagai petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Juni lalu dia mendatangi kelompok peternak di Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Risdiyanto menggertak. Kematian sapi itu bisa jadi perkara hukum. Supaya para peternak aman, dia minta Rp36 juta agar kasus selesai. Angka sekian itu, menurutnya, sebagai pengganti kerugian negara. (Kompas.com, 15/8/2018). Uang dia dapatkan.

Masih dengan kartu identitas dan lencana palsu, Risdianto meneruskan aksinya ke Kecamatan Bambanglipuro, Bantul. Modusnya sama: memeras peternak. Tapi peternak tak mau digertak. Polisi menangkapnya.

Polisi menjerat Risdiyanto dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan. Selain itu, dia juga dengan Pasal Pasal 266 tentang pemalsuan identitas.
Empat hari 22 aduan
Penipu terus beraksi. Pelakunya pun bisa berganti. Kemarin (25/11/2018) KPK mengumumkan bahwa selama empat hari (19-22 November), sudah ada 22 aduan masyarakat tentang petugas gadungan.

Salah satu modusnya, pelaku mendatangi mangsa dengan mengatakan telah terjadi transaksi bank yang merupakan pencucian uang. Lantas pelaku menjanjikan akan membereskan urusan, lengkap dengan daftar biaya.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, selama 2018 sudah sebelas aduan menjadi laporan dan ditangani polisi. Dari sebelas kasus itu polisi telah menetapkan 24 tersangka.

Febri mengimbau, jika masyarakat diperas petugas gadungan KPK, melaporlah ke KPK juga. Panduan ada dalam infografik.
Korban jadi saksi kasus Zumi
Dari sejumlah kasus dan tersangka selama 2018 itu, Polda Metro Jaya Jakarta menciduk empat orang, yakni HRS (44), Abd (47), ER (48), dan DD (51), Februari lalu.

Korban tipuan mereka adalah Hendry, pengusaha di Jambi. Mereka menjanjikan laporan Hendry tentang suatu kasus dapat segera KPK tangani.

DD menemani Hendry terbang ke Jakarta, untuk menemui seorang petugas KPK (gadungan) yakni ER. Ujung-ujungnya komplotan meminta Rp150 juta. Setelah mentransfer Rp10 juta Hendry pun tersadar, lalu dia melapor polisi.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta bilang, Hendry pernah menjadi saksi dalam kasus korupsi Gubernur Jambi Zumi Zola (Merdeka.com, 7/2/2018).

Awal bulan ini jaksa KPK menuntut Zumi delapan tahun penjara dan denda Rp1 miliar. Lalu pekan lalu, dalam pleidoi di Pengadilan Tipikor Jakarta, dia menangis minta keringanan hukuman. Dakwaan untuk Zumi adalah menerima gratifikasi Rp44 miliar dan menyuap anggota DPRD Rp12,9 miliar.
Jangan terkecoh petugas gadungan KPK


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...s-gadungan-kpk

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jangan terkecoh petugas gadungan KPK Pemberlakuan E-TLE tekan nego pelanggar dan polisi

- Jangan terkecoh petugas gadungan KPK Waspada KPK gadungan bergentayangan

- Jangan terkecoh petugas gadungan KPK Anda tega menyantap sup sirip hiu terbantai?

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di