alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Persiapan Fisik yang Diperlukan Sebelum Surfing Trip
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb8b4ed44f9f5e5d8b4568/persiapan-fisik-yang-diperlukan-sebelum-surfing-trip

Persiapan Fisik yang Diperlukan Sebelum Surfing Trip

emoticon-Jempol

Whassap Gansis


Surfing bukan olahraga yang bisa dilakuin iseng pas lewat pantai ujug-ujug langsung nyewa papan selancar. Nope.

Surfer biasanya mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya, survey, dan mempersiapkan itinerary-nya. Salah satu yang terpenting adalah persiapan fisik.

Kalo gansis berencana melakukan surfing trip, setidaknya gansis perlu kebugaran yang cukup biar bisa totalitas. Surfing adalah aktifitas yang membutuhkan daya tahan tinggi, terlebih kalo punya rencana untuk berada di air lebih dari dua jam sehari.

Persiapan Fisik yang Diperlukan Sebelum Surfing Trip


Persiapan umumnya - 2 minggu sebelum liburan
Kalo udah lebih dari sebulan gak keringetan, kayaknya gansis butuh 2 minggu untuk melakukan 3 sesi fitness workout per minggunya, dengan kisaran waktu 30-45 menit per sesi. Supaya badan bisa adaptasi dengan tempaan aktifitas nantinya.

Dan penting banget untuk pertama-tama gak jor-joran. Tetep harus mulai dengan aktifitas ringan, dan secara bertahap makin menambah beban aktifitasnya. Olahraga berlebihan berpotensi besar untuk cedera.

Mungkin nantinya gansis bakal berasa kaku. Itu udah biasa lah ya, nantinya juga hilang sendiri, dan gansis bakalan terbiasa, kecuali di push lagi badannya.

Persiapan Fisik yang Diperlukan Sebelum Surfing Trip


Latihan spesifik untuk surfing
Sesinya gak perlu yang rumit-rumit, dan tanpa alat gym juga bisa kok. Sederhananya bisa ngelakuin latihan seperti ini:

Lari, Renang atau Sepeda
Latihan apa pun asal itu jenisnya kebugara aerobik bakalan ngebantu banget buat surfing. Gansis bisa melakukan intensitas rendah ke menengah selama 20 menit atau lebih dikit. Tinggal pilih salah satu, mau lari, renang atau sepeda, gak usah semuanya.

Pastinya, renang akan lebih efektif karena gansis bakalan make otot-otot yang sama ketika surfing nanti. Setidaknya lengan bisa beradaptasi.

Press Ups
Relevan untuk surfing, karena buat nangkep ombak dan berdiri di papan selancar bakal membutuhkan gerakkan mendorong. Lakukan secukupnya tiap hari, perkembangan sekecil apa pun bakalan ngebantu upper body gansis nanti waktu liburan.

Kettle Bells
Kalo mau make alat, kettle bells bisa jadi workout yang gansis butuhkan. Perlu dicatat, kettle bells cuma nargetin otot-otot yang spesifik, jadi cukup lakukan yang dibutuhkan. Gerakan kettle bells banyak banget, gansis bisa cari tau dulu sebelum memulai.

Kalo gak punya alatnya, bisa aja peragakan gerakannya tanpa alat.


Keseimbangan
Salah satu skill yang emang mandatori ketika menunggangi ombak, selain memperbaiki kebugaran untuk paddling dan nangkep ombak, memperbaiki keseimbangan penting biar gansis bisa terus diri di atas papan selancar.

Latihan sederhana buat keseimbangan bisa heel to toe, berdiri dengan satu kaki atau lakukan step ups. Gansis juga bisa lebih advance dengan menggunakan roller pilates, lalu coba jaga keseimbangannya.

Persiapan Fisik yang Diperlukan Sebelum Surfing Trip


Kalo mau lebih fun, gansis juga bisa exercise dengan Wii Fit atau Kinect Fitness.

Semoga gansis menjadi lebih fit dan bisa bermain dengan ombak sesuka hati emoticon-Cendol (S).
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di