alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb83d6c1d77091608b457d/kecilnya-sering-berselisih---besarnya-bikin-kangen-sudah-dewasakah-aku

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

[ HT# 403 ]

Namanya juga anak-anak yah Gan, apa yang ada dalam fikirannya adalah bermain, serba ingin tahu sesuatu, dan tidak ingin mengalah, belum pada tahap memahami sebab akibat yang di timbulkan karena sesuatu hal. Contohnya sering berselisih untuk hal kecil seperti rebutan mainan, rebutan kursi dengan si kakak atau teman dan lain sebagainya.

Perselisihan akan semakin sering terjadi ketika dalam lingkup keluarga memiliki saudara yang dominan atau sebaliknya. Maka tak ayal ke dua orang tua kita seringkali memberikan pengertian dan pemahaman kepada keduanya. Biasanya setelah itu akan akur kembali, namun beberapa waktu kemudian terulang dan terulang kembali hingga mereka besar dan mengerti arti sebuah hubungan ikatan persaudaraan dan pentingnya kerjasama sesama keluarga.

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?


Kakak, Adik
"Kami Sayang Kamu"


Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

Bagi orang tua memang wajib memiliki kesabaran tingkat dewa manakala salah satu anak atau keduanya terus berselisih tentang hal-hal yang sama, padahal orang tua sudah berusaha seadil-adilnya, dan jika kesabaran orang tua sudah menipis biasanya si anak akan mendapatkan hukuman. Kapok? Tentu saja tidak, namanya juga anak-anak, ya meski tidak semua tapi hukuman akan memberikan efek jera sesaat.

"Ini punya aku"
"Bukan itu punyaku, ibu yang belikan untukku!"
"Adek pelit!"
"Biarin, nanti aku bilang ayah"

"Kenapa kakak harus selalu mengalah?"
"Karena aku anak paling kecil, weeek"


Tapi, seperti saya sendiri pun pernah menjadi anak-anak, kebetulan saya anak paling kecil dari tiga bersaudara. Dan saya yang kolokan waktu itu selalu maunya menang sendiri, hingga kedua kakak saya jadi harus sering mengalah dan tapi juga selalu mempertahankan pendiriannya jika mereka sudah kesal.

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

Sudah lama kami berselisih hingga saling umpat hingga berkelahi, bahkan kakak yang perempuan waktu itu masih smp dan saya masih duduk di kelas 2 sd saya tantang dia untuk berkelahi. Orang tua saya cuma geleng kepala saja melihat kelakuan kami. Sedang kakak tertua pernah sangat geram kepada saya karena saya seringkali merebut mainannya dan akibatnya saya tidak diperbolehkan bermain bersama dengan gengnya. Perdebatan hingga sikap kebencian dalam pemikiran anak-anak waktu itu memuncak dan sering terjadi, tapi yah itulah alam fikiran anak-anak, masih dianggap wajar, ciri khas nakalnya anak-anak. Berbeda ketika kita sudah dewasa yang sudah mengerti dan memahami arti sebuah kompromi, menghargai perasaan orang lain dan saling mengalah.

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

Ibarat Tom and Jerry, dimana kalau bertemu kami selalu ramai. Hal kecil apapun sering jadi bahan perselisihan berlangsung hingga saya SMU. Namun semuanya berubah ketika ke dua kakak saya harus kuliah di luar kota. Rumah serasa sepi dan saya jadi lebih sering bermain di luar. Tapi keriaan dengan teman-teman tidak sedekat dan seakrab dengan ke dua kakak kandung, meski kami sering berselisih tapi ketika salah satu tidak terlihat di rumah pasti kami saling bertanya kemana mereka, lucu, hehe. Terasa aneh sepertinya, tapi itulah yang disebut ikatan bathin, ikatan tali persaudaraan, sedarah sekandung. Tidak ada dalam sejarah manusia putus hubungan persaudaraan karena kita adalah sedarah, satu orang tua, satu pabrik, hehe.

Ada perasaan tidak ingin kehilangan saudara kandung ketika kita sudah semakin besar, semakin dewasa, dan tahu arti makna persaudaraan sesungguhnya. Menurut saya, dahulu sewaktu kecil kita seringkali berselisih hingga 'berdarah-darah' rupanya itu cara kita untuk dekat dengan saudara kandung kita, cara untuk saling memahami sifat dan karakter saudara kandung kita. Caranya anak-anak, dengan gaya dan ekspresinya masing-masing. Dengan begitu ketika besar kita sudah saling mengenal jauh dan memahami karakter masing-masing. Bahkan sebentar saja tak bertemu kita seperti rindunya setengah mati, teringat kekonyolan masa kecil yang membekas, menggelikan dan menyebalkan, tapi kesemuanya itu seru dan indah dalam ikatan tali persaudaraan sedarah-sekandung.

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

Bagaimana denganmu, semoga semakin akrab dan bahagia selalu dengan saudara kandungmu, ya. Tapi jika hingga kini kamu dan saudara kandungmu yang sudah besar masih juga sering berselisih maka cobalah bertanya pada diri sendiri, "Sudah dewasakah aku?."



Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?

Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?


Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: opini iskrim | Sotoshop : iskrim


Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?
Diubah oleh iskrim
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
sing penting ojo jotos jotosan emoticon-Leh Uga
ya sudah tua emoticon-Embarrassment
menit2 awl akur bermin bersama, klo sudah mulai jenuh biasanya mulai cari gara2, sampai salah satu nangis, baru deh kuping kita akan berakhir di tangan emak emoticon-Traveller
Rindu adek yg menuntut ilmu di Pulau seberang.
Biasa sering ribut masalah apapun.
Sudah tua ternyata ane gan
emoticon-Hammer2
Quote:


Awalnya gak... tapi habis ituuu emoticon-Big Grin
...... emoticon-Traveller dulu
apalagi sdh dipisahkan oleh alam berbeda bre,rasanya nyesekkk banget..

Mungkin akan hanya bisa maaf2an jika sama2 sdh dipanggil..
emoticon-Turut Berduka
Quote:


Kok ane jadi ikut sedih sih emoticon-Frown
ane banget emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Bagian yang mana emoticon-Big Grin
...... emoticon-Traveller mandi dulu emoticon-Big Grin
mikuut oom emoticon-Ngacir ...... emoticon-Traveller emoticon-Big Grin
Diubah oleh iskrim
..... yaaah kok ditinggal oom..emoticon-Ngacir Kecilnya Sering Berselisih - Besarnya Bikin Kangen, Sudah Dewasakah Aku?
ya begitulah
Quote:


Oponee emoticon-Cendol Gan
........ emoticon-Traveller dulu gan
Sibling Rivalry
gan yang ane bikin kangen
emoticon-Malu
namanya juga sodara gan
Kalo kita sendiri, bebas mau marah, ngomel, dsb sama saudara, kalo orang lain ngomongnya kasar dikiiiiit aja sama mereka, bisa ribut emoticon-Ngamuk aneh tapi nyata gan...
Wajar aja kok.
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di