alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb725d925233f96b8b456f/6-tips-naik-kereta-api-kelas-ekonomi-premium-dengan-nyaman

6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman

6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman

Sejak tahun 2016, PT KAI bersama PT INKA meluncurkan kereta-kereta dengan interior baru. Tentunya kereta baru tersebut dibuat jauh lebih nyaman dan dingin, mulai dari kelas Ekonomi sampai Eksekutif.

Khususnya buat kamu yang suka naik kereta kelas ekonomi, sekarang sudah bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Karena perlahan PT KAI mengganti kereta ekonomi lama dengan yang baru. Beberapa kereta tersebut adalah Jayakarta Premium (PP Pasarsenen-Surabaya Gubeng), Wijayakusuma Premium (PP Cilacap-Banyuwangi), dan Tawang Jaya Premium (PP Semarang Poncol-Pasarsenen).

Nah, kamu perlu tahu juga bahwa kereta ekonomi yang baru tetap menampung lebih banyak penumpang daripada kereta eksekutif. Kuota tempat duduk setiap kereta adalah 40 kursi, di mana yang 20 posisinya mengikuti arah maju kereta api, dan 20 lainnya mundur. Jarak antarkursi pun bisa dibilang agak sempit sehingga kita tidak leluasa bergerak.

Mungkin hal seperti ini membuat kita tidak nyaman dalam perjalanan. Nah, supaya perjalananmu menggunakan kereta api ekonomi premium lebih nyaman, simak tips berikut ini!


1. Tidak mutlak, tapi biasanya kursi nomor kecil adalah posisi 'maju' saat berangkat
6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman
Kalau kita duduk dengan posisi jalan mundur, tentu kadang merasa pusing atau mual. Nah, untuk mengantisipasinya kamu harus cermat dalam memilih tempat duduk kereta. Biasanya, tempat duduk dengan nomor kecil adalah yang arahnya maju dari titik keberangkatan.

Misalnya, kamu naik kereta Jayakarta Premium dari Yogyakarta menuju Surabaya. Nah, berarti saat berangkat dari Yogyakarta kamu harus memilih nomor kursi yang kecil (1-11). Sebaliknya, ketika kembali dari Surabaya kamu harus memilih nomor kursi yang besar (12-21).


2. Kalau kereta ekonomi biasa kursinya tidak bisa diatur, di kereta ekonomi premium bisa
6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman
Nah, ini keunggulan kereta ekonomi premium. Kursinya terdapat fitur reclining, artinya posisi sandaran kursi bisa diatur. Kalau kamu mau tidur, tinggal mundurkan saja sandaran kursinya. Hal ini tentu akan semakin membuatmu nyaman ketika tidur.


3. Kalau merasa AC-nya terlalu dingin, bisa kontak langsung ke kondekturnya melalui pesan WhatsApp
6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman
Tidak sedikit penumpang kereta api yang merasa kedinginan dalam perjalanan. Karena AC yang dipasang di kereta seri 2017-2018 adalah AC sentral sehingga semua tempat akan terpapar dinginnya. Gak tanggung-tanggung, kadang suhu yang dipasang 20 derajat celcius namun ternyata tetap membuat menggigil.

Nah, kalau kamu merasa kedinginan, daripada menunggu petugas lewat di keretamu, kamu bisa langsung menghubungi kondekturnya melalui pesan WhatsApp. Nomornya tertera pada papan di ujung kereta. Yup, sekarang makin mudah deh berkomunikasi dengan petugas kereta api!


4. Disarankan kamu tidak membawa terlalu banyak barang
6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman
Ya, ini penting diperhatikan lho. Slot bagasi di atas kursi kereta ekonomi tidak seluas kereta eksekutif. Jadi, kamu harus berbagi ruang barang dengan penumpang lain.

Pun bila kamu enggan meletakkan barang di bagasi atas, spot di tempat dudukmu tidak terlalu luas. Kalau kamu meletakkan semua barangmu di bawah kursi nanti kakimu tidak leluasa bergerak. Maka, perlu diperkirakan banyaknya barang bawaanmu ya! Jangan sampai malah merepotkan diri sendiri dan orang lain.


5. Penting! Jangan lupa bawa bekal camilan
6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman
Apalagi kalau perjalanan jauh, pastinya bosan kalau sekadar duduk dan melihat-lihat pemandangan di luar. Jadi, pastikan kamu punya camilan yang cukup. Meskipun ada kereta restorasi dan kamu bisa membeli makanan di atas kereta, tentu akan lebih hemat kalau kamu sudah bawa bekal sendiri kan?


6. Dan jangan lupa tetap jaga kebersihan, ya!
6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman
Ini, nih yang gak kalah penting! Jika di kereta ekonomi yang lama terkenal dengan kondisinya yang tidak terlalu bersih dan bau, nah mumpung sekarang sudah ada kereta baru yang lebih bagus jangan sampai lupa menjaga kebersihan ya!

Simpan sampah-sampah camilan dan tisumu ke dalam plastik yang sudah selalu disediakan di setiap kursi. Dan setiap 1 jam, petugas kebersihan akan jalan dari kereta satu ke kereta lainnya untuk mengumpulkan sampah. Nah, gak ada alasan dong buat buang sampah sembarangan di dalam kereta!

Semoga perjalananmu menyenangkan ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/tips...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman 5 Kereta Api yang Bisa Mengantarkanmu Travelling ke Banyuwangi

- 6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman 9 Hal Ini Akan Kamu Dapat Setelah Mencoba Naik Kereta Api ke Bali

- 6 Tips Naik Kereta Api Kelas Ekonomi Premium dengan Nyaman 5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Cara Travelingmu

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di