alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
(Dulu) Saya Benci Guru!
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb67fdd44f9fb67b8b456f/dulu-saya-benci-guru

(Dulu) Saya Benci Guru!

(Dulu) Saya Benci Guru!

Quote:


Ada yang sepemikiran dengan saya? Saya yakin pasti ada. Bahkan sebagian besar akan setuju jika guru itu sosok yang membosankan. Betah sekali bicara di depan kelas, kalau memberi tugas tidak tahu kira-kira. Suka memberi hukuman, tapi kadang tidak adil. Misal jika kita terlambat masuk sekolah disuruh push-up, tapi lihat guru yang datang terlambat, apakah beliau-beliau juga kena hukuman push-up? Kalau kita izin harus membuat surat keterangan, tapi beliau kalau jam kosong, apa pernah izin pada kami? Kami senang, tapi tetap saja tidak adil!

Itulah sekelumit isi pemberontakan dan ke-tidak suka-an saya pada sosok guru! Katanya harus digugu dan ditiru. atau jika di bahasa Indonesiakan, artinya, didengar dan ditiru. Mengapa kadang sikapnya tidak mencerminkan sikap yang pantas ditiru. Pemikiran remaja awal yang labil dan hanya melihat dari satu sisi. Padahal, ibu saya juga seorang guru! Hahaha.

(Dulu) Saya Benci Guru!

Saya baru menyadari menjadi guru itu tidak semudah yang saya bayangkan, saat sudah lulus sekolah dan mengenal bagaimana calon guru belajar. Ya, saya kenal dengan mahasiswa dari Perguruan Tinggi ex-IKIP yang memang mencetak lulusannya menjadi seorang guru. Ternyata untuk memulai sebuah pengajaran, ada rencana besar bernama Program Semester dan Program Tahunan. Di sini semua rencana pengajaran dalam satu semester/tahun harus dirancag, dibuat dan dijalankan.

Ada juga Rencana Pembelajaran (saya agak lupa namanya), yang isinya adalah bahan ajar di setiap pertemuan. Mulai dari bagaimana membuka kelas agar murid terkondisikan. Materi inti, yang kadang dikombinasikan dengan game, kuis, atau apalah agar murid tidak bosan dan penutup, yang biasanya diisi dengan tugas dan perintah. Intinya seorang guru adalah organisator yang baik. Karena apa yang guru lakukan, sudah terencana dengan rapi, per pertemuan dengan garis besar Program Semester/Tahunan!

(Dulu) Saya Benci Guru!

Saya jadi punya gambaran tugas guru seperti apa. Selain penguasaan materi yang baik, seorang guru juga harus bisa menguasai kelas dengan rencana-rencana yang sudah dibuatnya. Jika ada satu poin yang terlewat, murid yang diampunya terancam tidak memahami materi dengan baik. Bayangkan jika sehari seorang guru mengajar 4 jam pelajaran saja, tidak terbayang bagaimana pusingnya. Misal guru Matematika SMA, sehari 4jam itu, masuk di dua kelas. Setiap kelas tentu Rencana Pembelajarannya berbeda. Menghadapi 30 orang per kelasnya, dengan karakteristik yang berbeda!

Membayangkan pun saya sudah tahu apa yang akan terjadi. Jika semua muridnya model-model saya yang suka seenaknya, bagaimana tidak naik darah? Dijelaskan baik-baik, malah ngomong sendiri di belakang. Jika saya gurunya, sudah susah-susah buat Rencana Pembelajaran yang bikin pusing, ternyata oleh murid disepelekan begitu saja, mungkin sudah saya tempeleng! Hebatnya, guru-guru yang terhormat, kadang hanya menegur dan mengingatkan tanpa kekerasan! Luar Biasa Sabarnya!

(Dulu) Saya Benci Guru!

Menyesalkah saya, karena dulu pernah membenci guru? Tidak. Saya tidak kenal kata menyesal! yang saya kenal adalah kata memperbaiki. Menyesal itu tidak ada gunanya. Saya ingatkan kepada anda semua, hargailah guru-guru anda. Perhatikan saat mereka sedang memberikan materi di depan kelas, atau saat marah sekalipun. Karena dalam setiap tindakan dan sikap yang guru anda ambil, bisa jadi ada pengorbanan dan beban super berat yang sedang mereka tanggung. Jangan sampai anda seperti saya, yang baru sadar betapa berjasanya mereka jauh setelah lulus.

Untuk semua guru, terutama guru yang pernah mengajar saya, terima kasih. Karena Jenengan, saya, kita dan semua anak Indonesia yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Yang tadinya tidak ber-ilmu menjadi ber-ilmu. Saya tahu, kadang anda mengajar dengan pikiran melayang kemana-mana. Apalagi bagi guru dengan status honorer, yang konon katanya gaji tak lebih besar dari buruh cuci! Kesabaran anda teguh mengajar dan memberikan pendidikan pada anak bangsa di tengah himpitan ekonomi, adalah hal yang luar biasa!

Well, pemerintah harusnya lebih memperhatikan nasib para guru ini. Saya yakin, jika ada polling, mana yang lebih berguna antara guru dengan anggota DPR macam Zonk, sebagian masyarakat pasti akan milih guru lebih penting dari anggota dewan macam Zonk. Jadi sudah seharusnya nasib guru-guru dengan gaji yang tidak layak lebih diperhatikan, dari pada memberi perhatian pada perutnya Zonk. Akhir kata, meski telat, Selamat Hari Guru untuk semua guru di Indonesia. Salam Hormat untuk Jenengan semua.



Merdeka!

Sumber Tulisan : Pemikiran Pribadi
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Guru2 SD, SMP dan SMA Ane yang udah pensiun, sekarang pada jadi caleg...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
(Dulu) Saya Benci Guru! (Dulu) Saya Benci Guru! (Dulu) Saya Benci Guru! (Dulu) Saya Benci Guru!
(Dulu) Saya Benci Guru! (Dulu) Saya Benci Guru!
(Dulu) Saya Benci Guru!
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Diubah oleh adolfsbasthian
guru tk paling sabar. pipis aja diurusin emoticon-Leh Uga
Quote:

Mantab betul om, masak guru pensiun terus nyaleg??? emoticon-Big Grin
Quote:

Kalau ini sih tidak diragukan lagi om... emoticon-Big Grin
Ada kutipan " guru belum tentu hebat tapi dibalik orang hebat ada peran guru"..emoticon-Smilie
Quote:

Setuju mba... Karena ga ada orang hebat yang ga bisa lepas dari sentuhan tangan seorang guru... emoticon-Smilie
Quote:


Ane jugak heran Gan... Bukannya menikmati masa tua yang indah, malah pengen bikin dahi makin mengkerut...
emoticon-Cape d...
Quote:

Bukan itu om, emang nyaleg murah ya??? Ok deh ga bayar konstituen, tapi masuk ke partai mana ada yang gratis??? emoticon-Big Grin
jaman SD-SMP-SMA malah kalo gak disiplin ane digampar dan ditendang

pas udah kuliah ane Balik ketemu guru yang gampar ane malah ketawa ketawa ha ha ha

jaman now guru Kayak gitu dilaporin Polisi ya aneh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:


Kalok yang perempuan sih bisa jadi cuman mo bikin kuota penuh...
emoticon-Hammer2
sepertinya harus banual belajar juga sama agan untuk buat threat seperti ini hahaha

jaman2 dulu kita mah bandel ama guru pasti ada....dan (mungkin) wajar
itu dulu
sekarang udh ga wajar, karna ada guru yg tinggal name gara2 murid tolol
emoticon-Embarrassment


Skalian mampir ke trit ane ya emoticon-Cendol Gan

(Dulu) Saya Benci Guru!
| ++UPDATE | DESAIN GRAFIS EXPERIMENTAL |


Dan guru selalu jadi orang pertama yg dateng ketika ane ketangkep polisi karena tawuran antar sekolah emoticon-Leh Uga
Pernah punya guru SMK, ngajar matematika, sabar nya ngalahin pak jokowi, beliau ngajar di depan murid nya pada ngobrol di belakang dibiarkan saja. Ane sampe kasian sendiri melihatnya. . Wkwkwkkwkw
hok'a hok'e...

tulisane om Londo makin ke sini makin mantep. jeru.

layak disundul gannn
Balasan post londo.046
Quote:


Yup..terutama sentuhan tangan "ceb*k guru tk saat pipis dan BAB dikelasemoticon-Hammer2
Quote:

Bedanya jaman old dengan jaman now om, dulu yang namanya dilempar penghapus itu biasa, dijemur sambil hormat bendera juga biasa... Sekarang??? Ga tau deh... emoticon-Cape d... makanya anak sekarang manja2...
Quote:

Tapi tetep aja ada salam tempel nya om... emoticon-Big Grin
Quote:

Maksudnya om??? emoticon-Bingung
Quote:

Wkwkwkwkwk... Bener om... emoticon-Big Grin
Quote:

Bisanya guru seperti ini ada di jaman Now om, ogah ambil resiko... emoticon-Big Grin
Quote:

Biasa wae om... emoticon-Big Grin
Quote:

Saya ga pernah mba... emoticon-Cool
Balasan post londo.046
Maksudnya saya baru main kaskus,harus banyak belajar dari om hahaha
Ane pernah ngajar selama seminggu di madrasah Aliyah daerah batam dikarenakan penelitian skripsi saya di bidang pendidikan.
Asli angkat tangan gan ngadepin anak2 remaja.
Sempat terfikir apakah saya dulu seperti mereka?
Dari sana saya belajar guru itu "the real hero".
emoticon-Mewek
Quote:

Oh... Di post agan sebelum nya ada typo dikit kayaknya... emoticon-Big Grin
Quote:

Iya lah om, ga jauh jauh seperti itu kelakuan kita waktu SMA... Dan saya setuju guru emang Pahlawan yang sebenarnya... emoticon-thumbsup
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di