alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Prabowo Bikin Hoaks Lagi, Benarkah UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika?
2.6 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb542998e31b9d0c8b4567/prabowo-bikin-hoaks-lagi-benarkah-ui-cuma-punya-1-profesor-fisika

Prabowo Bikin Hoaks Lagi, Benarkah UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika?

Jakarta - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengeluhkan minimnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pakar setingkat profesor yang ada di RI.

Bahkan ia mengaku pernah mendapat 'bisikan' bahwa jumlah profesor bisang fisika di Universitas Indonesia hanya satu. Benar kah?

detikFinance pun langsung melakukan penelusuran. Mengutip laman resmi staff.ui.ac.id, ditemukan ada lebih dari satu profesor bidang fisika yang mengajar di FMIPA UI.

Sosok pertama adalah Prof. Dr. Drs. Terry Mart. Pria kelahiran Palembang, 3 Maret 1965 ini mengemban tanggung jawab sebagai kepala grup pengembangan teori nuklir dan partikel fisika.

Terry menyelesaikan pendidikan sarjananya di UI pada tahun 1988 dengan predikat cumlaude. Hingga tahun 2009, ia telah menerbitkan sedikitnya 100 artikel ilmiah yang dituangkan dalam sejumlah jurnal dan berbagai forum konferensi fisika tingkat dunia.

Sosok lainnya adalah Prof. Dr. A Harsono Soepardjo, M.Eng. Pria kelahiran Solo 7 Juli 1951 ini juga aktif mengajar di FMIPA UI. Salah satu hasil penelitiannya adalah sistem pengering ikan tenaga matahari dengan penerapan efek trapezoidal greenhouse di tahun 2005.

Di Departemen Fisika, UI, Harsono mengemban tugas sebagai Kepala Lektor.

Termasuk Prof Harsono dan Terry Mart, seluruhnya ada 6 orang penyandang Profesor bidang Fisika di UI. Berikut daftarnya:
Prof. Dr. A. Harsono
Prof. Dr. Anto Sulaksono
Prof. Dr. B.E.F. da Silva
Prof. Dr. Djarwani S.Soejoko
Prof. Dr. Rosari Saleh
Prof. Dr. Terry Mart

Seperti diketahui, Kepala Media Center Prabowo-Sandi, Ariseno Ridhwan, menyayangkan salah kutip yang dilakukan salah satu media nasional saat calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berpidato pada acara Indonesia Economic Forum.

Ariseno menjelaskan, dalam pidatonya, Prabowo tidak pernah menyampaikan bahwa saat ini Indonesia hanya memiliki satu profesor fisika.

"Silakan didengarkan lagi. Dilihat lagi rekaman pidato Pak Prabowo. Khususnya pada bagian itu. Tidak ada kalimat seperti yang ditulis media bahwa Prabowo bilang Indonesia hanya punya satu profesor fisika," ujar Ariseno dalam keterangannya, Minggu (25/11/2018).

Ia menjelaskan, Prabowo saat itu memaparkan dengan jelas permasalahan Indonesia dalam persaingan teknologi dan sains, sebagaimana yang dikatakan fisikawan peraih Nobel dari Amerika Serikat kepada Prabowo saat dia berkunjung ke Indonesia.

Menurut Ariseno, fisikawan tersebut mengatakan kepada Prabowo. jika Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, di Universitas Indonesia (UI) yang menjadi perguruan tinggi terbaik, hanya memiliki satu profesor fisika.

Baca juga: Strategi Prabowo Kembangkan IPTEK di Indonesia

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan soal profesor fisika tersebut dalam Indonesia Economic Forum, di Hotel Shangri-La, Rabu (21/11/2018).

"Kita hanya memiliki satu profesor fisika, hanya satu, coba bayangkan. Di abad 21, abadnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu bagaimana kita mau bersaing di bidang ilmu pengetahuan?" Kata Prabowo.

Tak lama berselang, Timses Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Faldo Maldini menjelaskan maksud ucapan Prabowo soal jumlah profesor fisika di Indonesia yang cuma 1 orang. Ucapan Prabowo itu dianggap sebagai bentuk sentilan terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Baca juga: Prabowo Sebut Profesor Fisika di RI Cuma 1, Timses: Itu Sentilan

"Terkait ucapan Pak Prabowo, itu bentuk sentilan agar negara ini harus serius untuk bersaing. Investasi di riset dan pengembangan kita saja cuma 0.5%-1% APBN. Sama Thailand dan Vietnam saja, kita sudah ketinggalan sejauh tujuh tikungan obat nyamuk, apalagi sama Inggris atau Amerika Serikat. Kalau cara mengelola negara seperti sekarang, masih ada Profesor fisika saja sudah bagus," kata Jubir Prabowo-Sandi, Faldo Maldini.

Namun setelah itu Ariseno memberi penjelasan lebih lanjut bahwa yang dibicarakan Prabowo bukanlah Indonesia hanya punya satu profesor fisika melainkan Universitas Indonesia yang hanya punya satu profesor fisika.

Baca juga: Penjelasan Timses Prabowo Soal Jumlah Profesor Fisika RI Cuma Satu

https://finance.detik.com/berita-eko...344.1512380627

Koalisi prabohong gak berhentinya produksi hoaks. prabocor Genderuwo bin Sontoloyo!
Diubah oleh prabocor69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
*inside jokes*

timses wowo sebenarnya timses wiwi yg menyamar
itu bisikan dahnil, timses yg itu kudu ditumbalin. dari dulu bisikan ngga jelas wowo itu dari dahnil
Prabowo Bikin Hoaks Lagi, Benarkah UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika?

Kalo seperti itu, Nasbung manggut2 aja tepuk tangan pura2 gak tau atau memang gak tau... Entahlah
Diubah oleh nyairara
pt.pabrik hoaks nasional.tbk
lama2 gw jadi agak percaya klo ini disengaja....ngomong ngawur emoticon-Nohope
Quote:


Serius? Jadi penyusup buat gembos'in suara dong?
Lagi ngetik proposal, eh keyboard dimaenin terus sama bocah jadi acak-acakan..
Ctrl-z banyak banyak dah..

semangat yo timses..
emoticon-Recommended Seller
itu datanya ngambil waktu wowok masih esde emoticon-Marah
Syarat menjadi pembimbing disertasi S3 adalah memiliki pangkat Guru Besar.

Berarti untuk membuka program S3 Fisika, suatu kampus harus punya minimal 1 orang Guru Besar Fisika.

Tinggal hitung saja jumlah program S3 Fisika di Indonesia, maka itu adalah jumlah minimal Guru Besar Fisika di Indonesia.
Diubah oleh app.developer
prawowo itu niatny pidato bagus cuma kalimat pembuka nya yg sering ngarang
gw setuju kalo anggaran riset indo itu emang paling nyungsep diantara negara2 asean, buktinya banyak ilmuwan yang mau berkarya disini selalu mentok di anggaran. suruh bikin ABCD ngajuin proposal sekian tapi yang turun ga kira2, giliran berhasil, viral, dan diakui orang luar langsung maju duluan buat masuk TV
Menginspirasi sekali
Kalau ada berita hoax ya lapor polisi.


wok ............ loe mending diem dah, daripada koar2 salah atau hoax molo ........ emoticon-Cape d...


ato ente demam panggung ya ............... emoticon-Leh Uga
Balasan post musejakarta
double agent gitu ya gan kayak di pilem pilem ?

hahaha
Ngopi mang....

Prabowo Bikin Hoaks Lagi, Benarkah UI Cuma Punya 1 Profesor Fisika?
emoticon-Leh Uga
Balasan post musejakarta
Quote:


Kok timsesnya orang wowo sendiri merupakan juru kampanye terbaik joko emoticon-Imlek emoticon-Imlek
makanya dia ga mau kebanyakan kampanya bulan lalu...biar si sandi aja emoticon-Leh Uga

eh giliran semangat kampanya blunder lgsg banyak emoticon-Leh Uga
astajim emangnya bang Rocky garong, profesor ilmu filsafat nuklir kagak masuk hitungan apa emoticon-Mad
Balasan post musejakarta
Quote:


Konspirasi emoticon-Kagets
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di