alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
CURHAT KEKAJAMAN JAMAN ORBA (1966-1998).
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb4c85902cfe9b568b456a/curhat-kekajaman-jaman-orba-1966-1998

CURHAT KEKAJAMAN JAMAN ORBA (1966-1998).

CURHAT KEKAJAMAN JAMAN ORBA (1966-1998).
"Gaess.. Mbak Titik begitu bangga dengan era Orde Baru saat kekuasaan bapaknya. Katanya Prabowo akan mengembalikan kejayaan Orde Baru. Seolah-olah menafikan kenyataan yang dialami orang-orang yang hidup di era itu. Nah kleyan yang pernah gerasain hidup di zaman Orde Baru pasti tahu dong horornya. Banyak hal-hal ajaib dan mengerikan yg terjadi selain culik-menculik aktivis. Mungkin kleyan permah mengalami sendiri atau punya cerita kengerian zaman Orde Baru? Ceritain dong di kolom komen. Biar generasi mufa yang nggak tahu ngerinya Orde Baru jadi tahu sejarah sebenarnya. 

#hororordebaru
#ceritaaktifasikatakita





Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
CONTOH CERITA ORBA :

Rahayu,tanggal 17 Agustus tahun 1968 jam 00.00 ada upacara di taman makam pahlawan kalibata Jakarta,saya ber4 melihat upacara itu, selesai upacara
saya ber4 pulang,jalan kaki, sampai di jl raya pasar Minggu ada sirine, pengawal presiden, saya "berhenti", karena saya tidak tahu , siapa yang harus berhenti, saya terus berjalan, ternyata ada beberapa tentara yang menangkap kami, terus kami ber4 dipukuli dan ditendangi,dikatakan bahwa kami ber4 telah menyebrang depan mobil Presiden, sehingga temannya pada ikut memukuli dan menendang, akhirnya kami diminta naik trek, akan dibawa keMarkasnya. Kami menolak untuk dibawa dengan trek, akhirnya kami dibawa dengan naik jiep.Sampai dimarkasnya(ternyata markasnya Yon 201 dijalan Merdeka Selatan.)
Kami dihadapkan ke komandannya, satu persatu diinterograsi.
Saya (karena pyisiknya paling kecil, saya terakhir, pertanyaan nya; kamu nggak tahu peraturan ya,?
Saya jawab: tahu.
Pertanyaan; kok kamu nyebrang depan mobil presiden?
Saya jawab: pakai otak dong, bagaimana kami bisa nyebrang depan mobil presiden, fitnah itu pak, berapa jarak mobil presiden dengan mobil pengawal, terus berapa jarak mobil pengawal dengan motor pengawal,nggak mungkin kami menyebrang depan mobil presiden,
Pertanyaan: kamu punya KTP?
JAWABKU: TIDAK.
Terus komandan berkata: kamu orang liar ya?
Jawabku: jangan sembarang menuduh pak, KTP saya belum punya,tapi saya ada kartu mahasiswa,
Akhirnya saya diminta untuk tanggung jawab,(yang lain baru SMP),dan dilepas (kurang lebih jam 03.30 tgl 17 Agustus
pagi.

Rahayu

INI CERITAKU. MANA CERITAMU ?
iki opo karepe jane
iki topik sejarah apa, agan TS ?? kok isi topik nya hny seupil, tp 1 pic nya GEDE bngt ya ?? mau kampanye pemilu 2019 kah di forsex ini, gan?
Balasan post yoseful
Quote:


Sekarang kita akan mencoba mundur kembali, Flashback ke jaman ORBA. Kira-kira pengalaman ajaib apa yang pernah anda alami di Jaman Orde Baru. Dipersilahkan. emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Balasan post yuswijaya
Quote:


Sekarang kita akan mencoba mundur kembali, Flashback ke jaman ORBA. Kira-kira pengalaman ajaib apa yang pernah anda alami di Jaman Orde Baru. Dipersilahkan. emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Quote:


Jaman orba ane masih sd dan yg ane rasain hidup ane bahagia
cuman ngerasain orba selama + - 9tahunan, itu pun ngga kerasa apa apa, cuman ngerti krisis moneter, harga barang naik, itupun pas ane udah agak ngerti,

pendapat ane?

3 dekade lebih jadi presiden, pasti ada yg salah dengan negeri ini, emoticon-Big Grin
Diubah oleh re.cozy
Bau2 thread agen ni...

Bikin thread yang bener tong. Belajar ngetik yang rapi.

emoticon-Traveller
kalo cerita per orangan gabisa di jadikan acuan akan kebenarannya, ada baiknya ts membahas sesuatu yg lebih general dibanding hanya sebuah testimoni
Quote:


Betul subyektif memang. Ane jujur cuman rakyat biasa dan kebetulan merasakan masa kecil di era orba gak neko2. Cuman mbah ane kayaknya pernah kena di blacklist.
Tp ane lebih suka membahas pengalaman para aktivis di era akhir orba spt Budiman Sudjatmiko, Gusdur, mbah Amin, megawati dll.
Ane lagi buka2 lagi liputan di youtube era 1995 - 1998. Ternyat banyak yg menarik
pengalaman jaman Orba ? emoticon-Big Grin

masuk SMP-STM gw kena penataran P4 yg wajib fardu ain emoticon-Ngakak (S)
cuma masuk TK ma SD aja yg nggak kena P4 emoticon-Hammer

Orba ada plus nya dan banyak minusnya,
plus nya keamanan karena gak da yg berani macem2 (pernah di Maret 89 temenin nyokap pulang jam 11 malam naik becak dr Ps Mampang ke Buncit 3 aman2 aja padahal nyokap pake gelang ma kalung emas, coba sekarang ? siang aja bisa d todong) emoticon-Ngacir
minus nya kaya d kekang gitu terkait politik emoticon-Malu

jadi inget saat Pemilu 92 gw cabut2in bendera Golkar di Buncit sebagai basis PPP d kejar2 Hansip emoticon-Ngacir
zaman orba ane masih SD.. tp yg paling berkesan memang keamanannya.
ane di desa, tante ane kuliah di jkt. pas tante mau wisuda (thn 94, klo ga salah) tentulah kami sekeluarga dtg ke jkt.
diajak keliling2 malem jalan kaki di jkt. amannn banget. pulang ke kontrakan tante jg jalan kaki, jam 12 ke atas coy, cwe semua kecuali ane yg masih SD. ada emak, tante 2 org, dan nenek.

Btw, TS nya ngarang indah nih?
emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh samudra6969
Setiap zaman ada busuknya.. Cuma sekarang belum kebuka aja..
Orba memang tidak enak, tapi saya yakin mustahil bisa dibangkitkan lagi sistem kerja pemerintahannya, tidak ada hubungannya dengan misalnya tokoh-tokoh Orba naik lagi. Karena zaman sekarang sudah di era transparansi dan informasi, banyak sekali kontrol sosial dan kontrol internasional berkaitan masalah pelanggaran HAM. Indonesia sekarang aja masih tertekan oleh berbagai tuntutan. di dunia internasional sangat diawasi oleh Amnesty International dan HRW. salah satu buktinya, kenapa sekarang OPM masih sulit diberantas juga karena adanya kontrol internasional terhadap TNI yang melarang adanya operasi militer berkaitan OPM. Pemerintah Belanda juga masih mempermasalahkan mengenai peristiwa kerusuhan Bersiap 1945-1952 dan masih menjadi diskursus dalam dunia pendidikan sejarah dan hukum. semakin ketat pengawasan akan semakin mustahil dibangkitkan, mau ditaro 1000 orang bekas tokoh politik Orba juga tidak akan bisa mengembalikan mekanisme dan model pemerintahan Orba. selain pengawasan, juga masalah legislatif. untuk mengembalikan keadaan seperti Orba dimana militer represif dan kontrol pemerintah sangat tajam serta kultus individu terhadap presiden, berarti mengharuskan adanya amandemen UUD 1945. kamu pikir mudah mengadakan usul amandemen?

sekarang sudah eranya pake otak, bukan pake senjata. pemerintahan siapapun wajib mendorong adanya diskusi di berbagai tingkatan level. tidak perlu dinafikan jika masih ada pelanggaran HAM sampai hari ini, tapi paling tidak effort untuk mengedepankan diskusi semakin gencar dan ditambah dengan adanya pengawasan ketat, tidak mudah bagi pemerintah melakukan pelanggaran HAM pada level tinggi seperti genosida, diskriminasi, dan atau represi militer.
Diubah oleh tyrodinthor


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di