alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menyimak Tugas dan Fungsi Bank Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb4b881a997562358b4569/menyimak-tugas-dan-fungsi-bank-indonesia

Menyimak Tugas dan Fungsi Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas moneter bertugas menjaga kestabilan nilai tukar rupiah. Lantas, apa yang harus dijaga agar nilai tukar rupiah stabil?


Quote:


Menyimak Tugas dan Fungsi Bank Indonesia

Dalam menjaga besaran inflasi yang perlu dijaga dari harga pangan dan kebutuhan lainnya, BI berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Daerah. Selain itu, jumlah pasokan pangan juga harus dipastikan kecukupannya sehingga tidak menimbulkan kelangkaan yang menyebabkan kenaikan harga.


Quote:



Menjaga kestabilan nilai tukar rupiah juga dilakukan dengan penggunaan valuta asing dalam hal ini ekspor, impor, hingga permodalan asing yang masuk ke Indonesia. Semakin banyaknya dana asing masuk ke Indonesia bisa membuat nilai tukar rupiah semakin perkasa.

"Kalau jaga kurs, tentunya ditentukan bagaimana demand dan supply valas. Demand datang dari para importir yang meminjam dari luar negeri. Supply valas datangnya dari eksportir, PMA, atau capital market yang masuk," tutur Mirza.


Selain itu, stabilitas nilai tukar rupiah juga dipengaruhi oleh faktor eksternal yang terkait dengan kondisi di luar negeri. Kondisi yang terjadi di luar negeri sedikit banyak mempengaruhi nilai tukar rupiah, pasalnya pendanaan pembangunan di Indonesia tidak hanya berasal dari dalam negeri saja.

Defisit anggaran yang terjadi sebagian juga ditambal dari pinjaman melalui penjualan surat utang. Jika sewaktu-waktu investor tersebut menarik dananya tiba-tiba karena alasan tertentu maka nilai tukar rupiah bisa anjlok.

"Kami di BI, Kemenkeu, OJK pekerjaanya adalah mengupdate fund manager mengenai ekonomi Indonesia. Kalau mereka cabut, kurs goyang, harga obligasi jatuh dan stabilitas terganggu," tutur Mirza.

Spoiler for Sumber:

Diubah oleh ismailbinmael
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalau kini sih BI sebagai Bank Sentral sudah menjalankan tugasnya sesuai khittahnya emoticon-thumbsup

tapi dulu... alkisah ada sebuah Bank Sentral yg menjalankan tugasnya sebagai regulator sekaligus player dengan memiliki anak usaha berupa Bank Umum (Indover) yg beroperasi di LN (Belanda) emoticon-Malu
Yg jelas, salah satu fungsinya,
Ngasih kreditan ke capres

emoticon-Traveller
Ohhh gitu kirain bisa ngasih pinjaman kredit perorangan...
Balasan post Uthe18
office politics itu biasa, apalagi di jamannya the smiling general emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di