alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Upah Harian Buruh Tani Naik, Guru Besar Unhas: Infrastruktur Pertaniannya Baik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb4a8994786820298b457d/upah-harian-buruh-tani-naik-guru-besar-unhas-infrastruktur-pertaniannya-baik

Upah Harian Buruh Tani Naik, Guru Besar Unhas: Infrastruktur Pertaniannya Baik

Upah Harian Buruh Tani Naik, Guru Besar Unhas: Infrastruktur Pertaniannya Baik

JPP, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa nilai nominal upah harian buruh tani per Oktober 2018 meningkat 0,31 persen atau saat ini menjadi Rp 52.828 dibandingkan periode September.

Menanggapi pemaparan data BPS tersebut, Guru Besar Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof DR Christianto Lopulisa, dalam keterangan tertulis di Kakarta, Senin (26/11/2018) menjelaskan, terwujudnya kenaikan upah harian buruh tani disebabkan terealisasinya alokasi dana desa secara tepat guna pembangunan infrastruktur pertanian.

Christianto menilai, dengan banyaknya infrastruktur pertanian terbangun, telah mendukung arus produksi komoditas dari petani ke pasar.

"Dengan begitu tercipta kebutuhan petani dan juga harga produksi yang lebih baik," ujar Christianto.

Menurut Christianto, dengan catatan data dari BPS, maka sebetulnya pendapatan atau daya beli di pedesaan yang mayoritas penduduknya berprofesi di sektor pertanian dapat terus ditingkatkan serta bersaing dengan perkotaan.

Caranya, ucap Christianto, melalui optimalisasi sumber daya lahan yang ada serta SDM petani dengan pengembangan coorporate farming. Christianto berpendapat, ke depannya coorporate farming adalah keniscayaan karena perubahan di berbagai sektor.

"Sudah ada UU Nomor 19 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Petani. Ke depannya, tidak ada pertanian individu yang bisa menghadapinya," ujar Christianto.

Oleh sebab itu, Christianto yakin bahwa sektor pertanian bisa bersinergi mendorong industrialisasi, asalkan telah terbentuk coorporate farming.

"Ini kunci membangun masyarakat pedesaan. Infrastruktur sampai SDM melalui coorporate farming dan kebijakan yang semuanya sudah ada dalam UU Nomor 19 Tahun 2013," kata Christianto.

Christianto mengimbau, dari data BPS terbaru tentang kenaikan upah harian buruh tani, dapat memicu semakin semangatnya meningkatkan pertumbuhan produksi sektor pertanian yang akan berdampak kepada kesejahteraan petani.

Sebagai informasi, BPS menyebutkan bahwa meningkatnya nominal upah harian buruh tani karena pada September lalu terjadi inflasi di pedesaan yang kecil hanya 0,35 persen.(tan)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/pertanian/...taniannya-baik

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Upah Harian Buruh Tani Naik, Guru Besar Unhas: Infrastruktur Pertaniannya Baik Di KSP Serikat Pekerja Curhat tentang Upah dan Layanan BPJS

- Upah Harian Buruh Tani Naik, Guru Besar Unhas: Infrastruktur Pertaniannya Baik H-3 Lebaran 2018, Penyaluran Harian Pertamax Naik 45 Persen

- Upah Harian Buruh Tani Naik, Guru Besar Unhas: Infrastruktur Pertaniannya Baik Jelang Lebaran, BI dan Pemerintah Perkuat Koordinasi Pengendalian Inflasi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di