alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerintah Terus Mendorong Perusahaan Lakukan Pengendalian Karhutla
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb07bf60e24be12f8b4583/pemerintah-terus-mendorong-perusahaan-lakukan-pengendalian-karhutla

Pemerintah Terus Mendorong Perusahaan Lakukan Pengendalian Karhutla

Pemerintah Terus Mendorong Perusahaan Lakukan Pengendalian Karhutla

JPP JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terus mendorong perusahaan perkebunan untuk aktif melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. Salah satunya melalui Rapat Kemitraan Pengendalian Karhutla, yang diselenggarakan oleh Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Kalimantan, di Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu (24/11/2018).

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, KLHK, Raffles B. Panjaitan, mengungkapkan, pasca karhutla tahun 2015, KLHK menerbitkan Peraturan Menteri LHK Nomor P. 32 Tahun 2016, tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan. Peraturan tersebut mengamanatkan perusahaan bidang kehutanan atau perkebunan, untuk melakukan tindakan pencegahan karhutla, termasuk penyiapan sarana prasarana pendukungnya.

"Selain itu, baru-baru ini telah terbit juga peraturan terkait antara lain peraturan pelaksanaan groundcheck hotspot, penguatan sarana dan prasarana pengendalian karhutla, dan pengukuran luasan karhutla dengan menggunakan citra satelit," jelas Raffles, di hadapan 30 pelaku usaha bidang perkebunan se-Kalimantan tersebut .

Sementara itu, Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Jhoni Santoso, menuturkan, rapat kemitraan ini bertujuan untuk mendorong perusahaan perkebunan, meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia yang profesional, melalui pelatihan dasar-dasar pengendalian karhutla, bagi regu pemadaman yang berada di perusahaan.

"Sampai dengan saat ini telah dilaksanakan pelatihan bagi 21 regu pengendalian karhutla di 10 perusahaan di Wilayah Kalimantan," lanjutnya.

Tidak ketinggalan, para pelaku usaha juga mendapatkan informasi terkait peraturan terkait penegakan hukum di bidang karhutla, dari Balai Penegakan Hukum LHK Wilayah Kalimantan.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan teleconference bagi Manggala Agni dan perusahaan perkebunan di Provinsi Kalimantan Barat. Komunikasi audio visual jarak jauh ini dilaksanakan di Daops Pontianak, dan dihadiri oleh perwakilan perusahaan perkebunan lingkup wilayah kerja Manggala Agni Daops Pontianak, TNI, Masyarakat Peduli Api, dan regu Manggala Agni.

Dalam teleconference tersebut, Raffles turut memberikan apresiasi kepada perusahaan perkebunan yang aktif melakukan pelatihan pengendalian karhutla, serta motivasi bagi para Manggala Agni, untuk terus semangat dalam menjalankan tugasnya.(lhk)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/lingkung...alian-karhutla

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Pemerintah Terus Mendorong Perusahaan Lakukan Pengendalian Karhutla Ketika Pelita Menghilang di Malam Gelap di Sumba

- Pemerintah Terus Mendorong Perusahaan Lakukan Pengendalian Karhutla Kemenkop UKM: Penyaluran dan Serapan KUR yang Besar Dorong Kemajuan Koperasi dan UKM

- Pemerintah Terus Mendorong Perusahaan Lakukan Pengendalian Karhutla Kemenkop UKM: Dua Kebijakan Pemerintah Bantu Perkembangan Koperasi dan UKM

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di