alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Spiritual /
Orang yang di anggap berilmu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfac2a396bde62c0b8b4567/orang-yang-di-anggap-berilmu

Orang yang di anggap berilmu

Orang itu di anggap berilmu, bukan karena seberapa pintar dia menulis, seberapa fasih dia bicara, tapi seberapa orang lain bisa mengambil manfaat darinya.

MALHAKN_
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Nanya dong kakakz tees..

Klo kakakz tees sendiri termasuk orang yg dianggap berilmu apa bukan?emoticon-Embarrassment

Berilmu disini maksudnya berilmu tentang apa ya?

Teyus tanda orang2 yg memang berilmu itu apa kakz?
Balasan post missregen
Saya sendiri terus belajar.. memperbaiki diri sendiri,berusaha mendekatkan diri,terus berusaha bertaubat membersihkan diri dan bertaubat.. sesuai tuntunan dari guru pembimbing.
Orang yg berilmu itu yaa.. apa yg dari dirinya bermanfa'at untuk orang lain,biasanya untuk orang2 yg dekat di sekitarnya..
Quote:


Quote:


Kalau melihat copasan di atas,berarti memang hanya orang yg berilmu yg boleh berfatwa ttg agama.Yang jadi pertanyaannya yg disebut orang yg berilmu itu yg seperti ape?apakah
ada yg tahu?
Diubah oleh missregen
Balasan post missregen
Ini ttg islam jadi landasan..

seseorang yg telah mendapati hakekatnya ilmu yg di amalkan,dari sisi lahir dan batinnya,tidak hanya sekedar sampai di pintu ilmu tsb.. tapi mampu dan sanggup menuntun sesiapa saja yg berusaha memperbaiki dirinya dgn panduan orang tsb.
Lebih2 dalam menggali atau menimba ilmu yg di disari hakekat.. hanya insan2 tertentu yg sanggup dan mmg di pilih secara lgsg oleh Allah dan di perundingkan oleh rosululloh saw beserta para auliya' juga guru2 silsilah di perundingan langit.
Balasan post Semfak387
Di jalani saja arahan2 guru.. jalankan amaliah yg di bimbing guru,istiqomahkan di selami niat nya di tata dgn landasan ikhlas..
Ins Allah dgn sendirinya akan mengarah ke sisi kebaikan,baik dari sisi lahir juga batinya.

Tapi dalam menjalankan amaliah tentunya di butuhkan guru pembimbing yg mumpuni di bidangnya.. dan mmg di dalam belajar mempelajari ilmu islam di butuhkan guru yg di warisi ilmu qak nya Allah yg telah di parcayakan pd rosululloh.saw dan setelah beliau wafat ilmu qak darh Allah tsb di wariskan secara turun temurun dari masa ke masa di bawahnya beliau.. dari guru ke guru,sampai pada sa'at di jaman kita hidup ini.. kita wajib mengkiblat mengikuti segala arahan dan bimbingannya..
Dia lah orang yg di warisi ilmu qak nya Allah itu di sebut 'waliyam mursyida'.. atau wali mursyid.
Mendapatkan amanah wali mursyid itu di pilih lgsg oleh Allah,di cari insan bibit unggul,juga dari sisi nasabnya,keteguhan hatinya,iklasnya,kebersihan ruhani,ke istiqomahan dalam memegang amaliah,terpuji nya semua sifat2 dalam batinnya dll yg menjadikannya menjadi seseorang berbudi luhur..lalu di adakan sidang yg di pimpin rosululloh.saw dgn para auliya' dan semua guru2 silsilah untuk mememtukan dan memberikan amanah tsb kpada orang yg telah di pilih.
Diubah oleh Semfak387
Quote:


Klo bicara tentang agama(petunjuk keselamatan dari Allah untuk hambaNYA) tentu tak lepas dari Allah sendiri.Menurut hadist diatas tadi orang yang boleh berfatwa tentang agamaNYA adalah orang yang berilmu.Jika berbicara agama adalah berbicara mengenaiNYA maka dapat disimpulkan orang yang berilmu itu adalah orang yang sampai ilmu keTuhananNYA seperti Para Wali bukan ulama abal abal spt zaman skrg.Itulah yang disebut alim ulama yang sebenarnya

Tentunya orang orang berilmu itu(Para Wali) adalah orang orang pilihan yang telah lulus melewati ujian demi ujian yg diberikan Allah hingga mereka sampai pada mahabbah kepada Allah.

Seorang wali itu sudah pasti mengamalkan ilmuNYA dan menjalankan rahmatan lil 'alamin(memberikan rahmat untuk sekalian alam) bukan hanya manusia.

Dan seorang wali itu tidak akan ngaku ngaku berilmu karna sadar semua ilmu yang melekat adalah ilmuNYA Allah dan berasal dari Allah.Manusia tidak memiliki apa apa dan tak bisa apa2 tanpa Allah.
Diubah oleh missregen
Balasan post missregen
Saya bukan siapa2.. saya mengaji ke beliau guru ngaji saya.
Apa pernyata'an saya menyimpang?? Mengaku ngaku??

Tidak sedikit orang2 mengaku nagku sebagai mursyid.. banyak sekali.
Padahal hanya ber retorika saja..
Quote:



Duh kakakz ini gimana sih?emoticon-Big Grin

Saya pun bukan siapa2 saya juga bodoh.

Untuk orang bodoh spt saya lebih baik diam,dan merenung daripada berfatwa tentang agama tapi belum sampai ilmu keTuhananNYA.Yang ada ntar di laknat sama Allah,malaikat dan seluruhnya.Karna berbicara mengenaiNYA tanpa ilmu.Klo saya sih takut

emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut

Ga tau deh klo kakakzemoticon-Embarrassment


Maaf ya kakz klo ada kata2 saya membuat kk tersinggung
Diubah oleh missregen
Balasan post missregen
Yaa baguslah kalau mau diam....
Biar biar agak sunyi.

Ahh .. bisa aja kamu,tersinggung gak dapat bayaran buat apa...😁
Quote:


Orang yang di anggap berilmu

Quote:


emoticon-Ngakak


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di