alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Spiritual /
Mengukur segala sesuatu dgn logika
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfabfda12e257ec5d8b4567/mengukur-segala-sesuatu-dgn-logika

Mengukur segala sesuatu dgn logika


''Mengukur Segala Sesuatu dengan Logika''

dalam Alqur'an surat Al-Israa' [17] ayat 72 disebutkan:

"Dan barang siapa di dunia ini buta hatinya, maka di akhirat nanti juga akan buta, dan lebih sesat lagi jalannya".

Rasulullah SAW pernah mengingatkan para sahabat akan pentingnya mengedepankan fungsi hati sebagai raja bagi kehidupan. Ketika kita membuat akal kita sebagai raja dan hati menjadi pengawalnya, maka tunggulah kehancuran hidup kita. Hati kita akan tertutup dengan bercak hitam sehingga kita tidak mampu mengenal Allah. Akal menjadi raja untuk diri kita karena kita membiasakan diri menilai kebahagiaan hidup hanya melalui apa yang dirasakan di dunia ini saja. Yang dilihat oleh mata, didengar oleh telinga, dirasakan oleh lidah dan kulit, semuanya diinterpretasikan di otak (akal). Sehingga kitapun lebih memercayai rasio, logika dan nalar kita untuk mengukur kebahagiaan hidup. Sehingga kesuksesan itu bukan diukur bahagia di sisi Allah, tapi diukur dengan mempunyai yang indah dipandang mata, mempunyai yang enak dirasakan mulut, istri yang enak disentuh tangan, yang enak dinaiki tubuh, di mana-mana dimulyakan orang, ketika orang sudah membuat ukuran kesuksesan itu dengan akalnya maka pola ini akan membawa kita pada pola hidup yang mengandalkan akal dan mengesampingkan hati nurani. Banyak orang yang pintar dan cerdas dalam menguasai suatu ilmu namun kering akan ruhani ketuhanan. Mereka tidak mampu melihat sesuatu yang metafisik, sesuatu dibalik segala ciptaan yang tak terbatas, kecendrungan kebahagiaannya hanya diukur pada apa yang bisa dilihat saja. Mereka akhirnya juga tidak mampu mereguk nikmatnya ibadah dan tidak mampu merasakan kehadiran Allah SWT.

Berbeda halnya apabila hati kita yang menjadi raja bagi diri kita. Kita akan bisa merasakan kehadiran Allah SWT dalam hidup kita. Dalam kehidupan sosial, kita juga bisa merasakan apa yang orang lain rasakan (peka). Oleh karena itu jadikanlah hati sebagai raja bagi diri kita.

Orang yang tidak melatih hatinya saat hidup di dunia - sehingga hatinya tertutup - maka mereka akan dibangkitkan oleh Allah SWT di akhirat nanti dalam keadaan buta. Dalam surat Thahaa [20] ayat 124 disebutkan:

"Barangsiapa yang berpaling dari peringatanku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan buta."

MALHAKN_
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
di zaman sekarang memang dari bangun tidur sampai tidur rutinitas pikiran yg berkuasa, diperparah dgn keberadaan teknologi media elektronik dan internet, tv, pc, gadget, hp layar sentuh yg berisi media sosial segala macam serbuan informasi 24 jam yg menyodorkan kesenangan indrawi, suara, grafik, gambar dan video juga teks aneka ragam yg seolah menjadi ganja atau heroin utk otak kita, sehingga tidak bisa lepas darinya
Balasan post emangon
Sebaik baiknya akal seseorang adalah mencba bangkit dan ber sadar dari segala kungkungan duniawi.... segera melangkah meninggalkan hiruk pikuk jeratan duniawi yg pasti akan di tinggalkan,gali potensi diri..selami,pahami diri masing2 dgn selalu berusaha mendekatkan diri padaNYA,selalu bertaubat,jalani amaliah yg telah di berikan bimjingam guru (guru yg benar2 mumpuni di bidangnya,perbengkelan hati dan ruhani,bisa menuntun mengarahkan..juga mengantarkan tidak hanya ke pintu ilmu tsb,tapi sanggup menunjukkan tatanan tuntunan ilmu yg bisa memcahkan kebuntuan akal pikiran dan ke suraman hati dan ruhani yg selama ini kotor karena di tumpuki nafsu2 duniawi)

Sebaik baiknya manusia adalah.. dia menyadari dan bangkit bergegas untuk mempersiapkan dirinya masing2,sediakan payung sebelum datang rintik hujan.. sebab malaikat maut mencabut nyawa tidak memilih milih sudah tua atau masih muda,anak bayi oun juga di cabut nyawanya jika mmg sudah kehendak perintah dari Allah ta'ala.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di