alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Payah di Matematika? Mungkin Agan Kena Math Trauma?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfab9d5c0cb17fd498b4567/payah-di-matematika-mungkin-agan-kena-math-trauma

Payah di Matematika? Mungkin Agan Kena Math Trauma?


Payah di Matematika? Mungkin Agan Kena Math Trauma?

Dok. Ist

Apakah ada diantara agan-agan dan sista yang benci dengan matematika? Atau menganggap dirinya sendiri benar-benar payah soal hitung-hitungan? Siapa tahu gansis ternyata menderita Math Trauma. Apakah itu?

Math Trauma adalah salah satu kegelisahan dan penurunan mental seseorang saat mengerjakan ataupun berhadapan dengan hal matematik. Hal itu membuat kita merasakan gugup atau cemas dan ketakutan berlebih tentang salah. 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mencoba mengerjakan soal matematika dengan batasan waktu dapat membantu. Gansis bisa mencoba untuk mengerjakan soal-soal matematika dalam jangka waktu tertentu. Terkadang orang yang sulit mengerjakan soal tersebut lebih mudah merasa takit yang mana justru berakibat kepada kinerja daya ingatnya.

Jika kita berhasil mengerjakan soal-soal tersebut dengan waktu yang tersedia dipercaya lebih merasa percaya diri dan lebih akurat dalam hitung-hitungan. Mereka lebih taktis dan berani mengambil resiko serta tantangan.
Payah di Matematika? Mungkin Agan Kena Math Trauma?

Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa sebuah formula kecil dalam matematika membuat kita lebih mudah memahami berbagai hal. Salah satunya adalah 3x5=15. Artinya jika kita mengerti dan ingat akan tahapan awal/konsep matematis, kita jadi lebih mudah mengerjakan soal-soal tersebut.

Saat seseorang hanya mengingatnya saja, maka setiap fakta baru/soal berbeda akan menjadi pulau asing atau hal yang gampang dilupakan. Namun jika kita mengerti polanya dalam matematika, maka kita akan lebih mudah mengingat dan menyimpan memori yang berkaitan dengannya.

Lalu apa yang harus kita lakukan dan terapkan?

Cukup mudah, hilangkan tekanan atau stress, latih kesabaran kita dan pelajari kesalahan yang telah kita buat di soal-soal sebelumnya.
Payah di Matematika? Mungkin Agan Kena Math Trauma?

Beberapa games ataupun puzzles dipercaya dapat membantu daya matematis anak-anak. Dan meminta anak-anak untuk menjelaskan pikirannya lewat kata ataupun angka (barang, foto, dll) juga dipercaya dapat melatih kognitif mereka dan daya ingat.

Namun ada satu hal yang perlu diingat, tak menjawab sesuatu dengan benar bukan lah berarti pemikiran mereka salah. Mereka hanya mencari dengan sesuatu yang berbeda dan kita harus menerapkan pemikiran tersebut bukanlah berdasarkan benar atau salah saja.

Dan yang paling penting tentunya, jangan mematahkan semangat anak-anak dengan menyebut bahwa mereka payah dalam matematika ataupun hal lainnya. Hal itu akan membuat mereka berpikir bahwa hal itu memang bukanlah keahliannya dan menghindari hal-hal tersebut/takut dengan hal-hal itu.


Sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
pokonya kalo ibu guru nunjuk ane utk maju kedepan ngerjain soal, rasanya mau ilang aja dari kelas gan.. emoticon-Ngacir
Dulu waktu SD ane inget ane usaha keras sampe bisa matematika emoticon-Ngacir2 sampe smp dikenalkan lah aljabar emoticon-Shakehand2 tapi ITU PROBLEMNYA ADA "X" ADA "Y" SAMPE AKHIR SMP ANE BARU NYADAR X ITU KALAU DI SD SAMA AJA "N" emoticon-Blue Guy Bata (L)

Dah disitulah ane mulai paham, Bakat > Usaha, ane mati matian waktu SD belajar pagi sore, minggu juga... temen ane main seenak udel, belajar jarang dan cuma ngomong "itu gampang kok" emoticon-Blue Guy Bata (L) makanya ane agak kurang suka kalau ada motivator ngomong usaha usaha usaha emoticon-Blue Guy Bata (L) itu termasuk trauma juga ngga? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh hendiii1211
Quote:


Haha aku banget! Malah skrng aku fakultas MIPA dikampusku hahaha math nya berat gan!
kenapa bisa contoh soal yg dibahas dan diterangkan guru tidak sama dengan soal disuruh untuk dikerjakan?



kurikulum yg aneh ..

sengaja membuat muridnya bingung ..


seharusnya mereka membuat muridnya paham ..
Quote:


ANE BINGUN SAMA ANTUM GAN

NAPA GAK MAIN STFH LAGI
SAMBIL DEMUS DEMASIF
Balasan post ghostavic
Quote:


itu namanya sengaja membuat murid belajar bukan bingung

Payah di Matematika? Mungkin Agan Kena Math Trauma?
sudah berusaha keras memahami, tetep ajaemoticon-Bingung
aye pinter methampetika kok emoticon-Malu



1 + 1 = 11 emoticon-Cool
seharusnya dibuat aja kelas matematika plus pengajar yg bisa diajak kompromi dalam mengatasi masalah jika siswanya kesulitan dalam mapel tersebut emoticon-Belo
Ujung2nya juga yang dihitung cuman duit aja kok Gan...
gak dapet asi waktu kecil kali bre emoticon-Leh Uga
mata saya selalu sakit kalo ngeliat angka2emoticon-Leh Uga
gw aja liat soal udah maless, pa lagi ngerjainemoticon-Marah
Diubah oleh sikentang555
Quote:


8154 4J3 3NT3 8R4Y
Kalkulus gw jeblok pas kuliah dulu emoticon-Big Grin
Kalau menurut ane sih belajar itu intinya kita tertarik dulu dengn yg kita peljari.

Baru dah masuk otak.
ga juga sih gan.kalo ane emang otak yang kaga encer
ah nggak juga ah, berdasarkan pengalaman gw dikelas, kebanyakan takut matematika karna baik sekolah dan guru gagal dalam membuat suasana yang nyaman saat belajar matematika, rata rata gurunya killer, atau membuat perasaan takut kepada siswa akan hukuman.
gw sndiri pernah suka dan tidak suka sama matematika, dan itu semua tergantung dari tampilan si guru dan cara mengajarnya. emoticon-Big Grin
sebagian orang menganggap mtk pelajaran yang menakutkan emoticon-Goyang
siapa bilang matematika itu menakutkan, buktinya temen ane sering tembus pasang TOGEL berkat matematika....
emoticon-Ultah
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di