alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfab22cd9d770de438b456b/5-perawatan-rambut-aneh-yang-dianggap-lazim-pada-zamannya

5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya

5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya

Tak bisa dipungkiri, rambut merupakan aset berharga yang dapat menunjang penampilan seseorang. Rambut lebat, hitam, dan bercahaya nampaknya masih tetap menjadi tren, dan memenuhi hampir seluruh iklan shampoo dan perawatan rambut di tanah air. Masyarakat pun tak segan membeli produk shampoo bahkan melakukan perawatan agar bisa mendapatkan rambut yang sehat bercahaya, yang diyakini dapat menaikan taraf kecantikan dan kegantengan hingga beberapa puluh persen. Lumayan banget kan?

Ternyata, tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia pun perawatan rambut menjadi salah satu perhatian utama dan sudah dilakukan sejak masa lampau. Bahan yang dipakai untuk merawat rambut juga bermacam-macam, mulai dari bahan umum seperti daun lidah buaya hingga perawatan berbasis bahan yang agak ga lazim di zaman sekarang. Artikel kali ini akan mengulas 5 perawatan rambut berbahan dasar aneh tapi lazim di zamannya. Kamu berani coba yang mana?


1. Campuran lemak binatang dan urin untuk mengatasi kebotakan pada zaman Yunani kuno
5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya
Kebesaran peradaban Yunani Kuno tentu sudah tak asing di telinga kita. Kemajuan dan pengetahuannya hampir sama besar dengan peradaban Mesir Kuno. Bahkan, Sejarah Filsafat Barat bermula dari peradaban ini lho guys. Kemajuan pengetahuan masyarakat Yunani Kuno ternyata tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat tersebut untuk mempelajari alam. Kebiasaan tersebut rupanya menghasilkan berbagai pengetahuan termasuk didalamnya, pengetahuan seputar kecantikan dan perawatan rambut.

Di zaman ini, bahan yang digunakan untuk merawat rambut tentu saja berasal dari alam sekitar. Salah satu bahan perawatan rambut tak lazim namun digunakan masyarakat Yunani Kuno adalah campuran lemak binatang dan urin, yang dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut serta kebotakan. Wah rupanya, masalah kerontokan rambut dan kebotakan sudah ada sejak zaman dahulu kala ya guys.

Pertanyaannya, bagaimana cara menggunakan kedua bahan tersebut? Ternyata cara menggunakannya cukup mudah. Sebelum mengaplikasikan kedua bahan tersebut, terlebih dahulu campurkanlah keduanya hingga merata dengan bahan tambahan lainnya. Bahan tambahan lain yang dimaksud adalah tinja dan darah menstruasi. Semua bahan tersebut dicampur hingga membentuk pasta yang mudah diaplikasikan ke kulit kepala. Perawatan rambut tak lazim ini harus dilakukan secara rutin hingga mencapai hasil maksimal.

Sungguh terkesan tak masuk akal tapi campuran bahan tersebut memang dipercaya ampuh mengatasi rambut rontok dan kebotakan oleh masyarakat Yunani Kuno. Waduh, butuh perjuangan ekstra keras untuk menahan aroma tak sedap dari campuran bahan tersebut ya guys. Hati-hati pusing loh bagi siapa saja yang nekat mencoba perawatan tradisional ala Yunani Kuno ini.


2. Urin unta untuk rambut berkilau ala perempuan Arab kuno
5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya
Unta, binatang satu ini sangat mudah ditemukan disekitar wilayah gurun. Masyarakat padang pasir sering menggunakan binatang ini sebagai transportasi dan pengangkut barang. 

Nah, pada zaman Arab Kuno, urin unta sempat dipercaya sebagai salah satu bahan manjur untuk menambah kemilau rambut para penggunanya. Caranya cukup mudah, hanya dengan rutin merendam rambut dalam wadah yang berisi urin unta, maka rambut kemilau dapat dipastikan menjadi milikmu.


3. Batu opal untuk mewarnai rambut (perempuan abad pertengahan)
5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya
Keinginan untuk mewarnai rambut ternyata sudah ada sejak dulu. Setidaknya pada masa abad pertengahan, para perempuan sudah memiliki beberapa alternatif dalam mewarnai rambutnya. Alternatif ini disesuaikan dengan warna rambut yang diinginkan. Dari beberapa pilihan warna rambut saat itu, kekuningan (blonde) menjadi warna idaman para perempuan. Hal tersebut wajar karena pada abad pertengahan, kecantikan sering kali dikaitkan dengan warna rambut kekuningan.

Dilansir dari Bustle, perempuan abad pertengahan sering kali menggunakan campuran sulfur hitam, madu, dan tawas pada rambut yang ingin diwarnai kekuningan. Setelah mencampur semua bahan dan mengoleskannya di rambut, mereka akan segera berjemur di bawah terik matahari hingga semua bahan terserap dengan sempurna.

Bagi sebagian perempuan, proses di atas sangat merepotkan sehingga mereka lebih senang mencari alternatif lain yang tak memakan waktu lama. Jawabannya? Dengan penggunaan batu opal sebagai mata kalung. Penggunaan batu opal sebagai mata kalung dipercaya dapat membantu para perempuan untuk mendapatkan warna rambut kekuningan ala figur malaikat dalam berbagai lukisan di zaman itu. Agak mistis, tapi katanya sih manjur.


4. Rebusan minyak zaitun dan kadal untuk rambut yang sehat ala zaman Renaissance
5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya
Di penghujung abad pertengahan, muncul gerakan kebudayaan yang dengan cepat menjadi semangat zaman. Semangat zaman ini kita kenal dengan sebutan Renaissance. Zaman Renaissance ditandai dengan "kelahiran kembali" seni dan budaya Yunani-Romawi Kuno.

Masa ini dimulai sekitar abad 14 dan berakhir pada abad 17. Selama masa Renaissance, bermunculan juga teknik perawatan yang dianggap dapat mengatasi berbagai masalah rambut di zaman itu. Salah satunya adalah resep pelembab (conditioner) rambut yang menggunakan dua bahan saja yakni, minyak zaitun dan kadal mati. 

Kedua bahan perlu direbus terlebih dahulu dan nantinya, air rebusan tersebut diaplikasikan ke seluruh rambut tanpa terkecuali. Hmm, agak geli membayangkan kadal matinya ya.


5. Sperma kerbau untuk rambut sehat zaman now
5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya
Zaman now memang bukan saja ditandai dengan teknologi komunikasi dan informasi yang super cepat tetapi juga dengan penemuan terkini di berbagai bidang. Salah satunya, dalam bidang perawatan rambut. Perawatan rambut zaman now memang sudah beraneka ragam. Ratusan merk shampoo serta berpuluh macam perawatan di klinik kecantikan, diharap mampu untuk mengatasi berbagai masalah rambut yang ada.

Meski tidak banyak diketahui, salah satu perawatan yang dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut adalah spa rambut dengan sperma kerbau. Ya, bagi yang sudah mencobanya, spa ini dianggap berhasil melembabkan serta menyehatkan rambut. 

Rambut sehat, kuat, dan bercahaya akan diperoleh hanya dengan rutin menggunakan perawatan ini. Namun, meskipun terbuat dari sperma kerbau, harga perawatan rambut ini tergolong mahal lho. Salah satu rumah spa di Inggris contohnya, mematok harga 138 dolar AS atau setara Rp2 jutaa untuk sekali perawatan. Tertarik coba?


Sumber : https://www.idntimes.com/life/women/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya 5 YouTuber yang Beri Info Banyak Soal Hair Tutorial, Berguna Banget!

- 5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya Hijabers, Yuk Ikuti 5 Tips ini Agar Rambutmu Tetap Sehat

- 5 Perawatan Rambut Aneh yang Dianggap Lazim pada Zamannya Diusulkan oleh Organisasi Wanita, Begini Sejarah Hari Ayah Nasional

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di