alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Tingkatkan Pengawasan Terorisme, BNPT-Ditjen Imigrasi Jalin Kerja Sama
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfab176dad770cb358b4569/tingkatkan-pengawasan-terorisme-bnpt-ditjen-imigrasi-jalin-kerja-sama

Tingkatkan Pengawasan Terorisme, BNPT-Ditjen Imigrasi Jalin Kerja Sama

Tingkatkan Pengawasan Terorisme, BNPT-Ditjen Imigrasi Jalin Kerja Sama

JPP, JAKARTA – Penguatan upaya penanggulangan terorisme yang komprehensif menuntut pelibatan seluruh pihak. Terlebih, ancaman radikal terorisme yang diiringi dengan gelombang kepulangan Foreign Terrorist Fighters (FTF) kian menjadi ancaman.

Dalam menghadapinya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Kedeputian Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan menjalin Perjanjian Kerja Sama(PKS) dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Kemenkumham.

Bertempat di Jakarta, penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan pada Jumat (23/11/2018) pagi dan dihadiri oleh Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Brigjen Pol Budiono Sandi beserta jajaran serta Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie beserta jajaran.

Sebelum memasuki sesi penandatanganan, Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih kepada seluruh pihak terkait dalam perancangan hingga penandatanganan PKS ini.

“PKS antara BNPT dan Direktorat Jenderal Imigrasi ini sebagai batu pijakan untuk bekerja sama lebih baik lagi di masa mendatang. Kerja sama antar Instansi atau K/L menjadi bagian yang harus dilakukan bersama akan berfokus pada outcome yang bermanfaat bagi keutuhan NKRI,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Brigjen Pol Budiono Sandi menyampaikan pentingnya bekerja sama dengan DJI mengingat FTF memasuki gelombang kepulangan ke negara asal atau negara lain setelah mengalami desakkan dari Suriah.

“Perkembangan terorisme global masih menjadi pengaruh utama penggerak kelompok teror di Indonesia, ancaman kedatangan mereka perlu diantisipasi dengan pertukaran data dan informasi dengan pihak Imigrasi,” ujarnya.

Adapun ruang lingkup perjanjian kerja sama ini meliputi pertukaran data dan informasi; penyediaan jaringan komunikasi data; penanganan orang atau kelompok terpapar paham radikal terorisme yang keluar dan masuk wilayah Indonesia; dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Dengan melaksanakan isi PKS tersebut, fungsi intelijen dan penindakan pada Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan akan semakin kuat. Hal ini terkait dengan deteksi dini, cegah dini, dan peringatan dini.

Dengan peran Dirjen Imigrasi yang bersinergi dengan Kedeputian Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, maka dapat menyempurnakan pelaksanaan pengawasan dan identifikasi baik terhadap WNI dan WNA. (bnpt)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3277...lin-kerja-sama

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Tingkatkan Pengawasan Terorisme, BNPT-Ditjen Imigrasi Jalin Kerja Sama SIMKIM Sudah Aktif Secara Online di 58 Kantor Perwakilan RI Luar Negeri

- Tingkatkan Pengawasan Terorisme, BNPT-Ditjen Imigrasi Jalin Kerja Sama Radikalisme jadi Tema Konferensi Sarjana Muslim Sedunia

- Tingkatkan Pengawasan Terorisme, BNPT-Ditjen Imigrasi Jalin Kerja Sama Menhan: Singapura Ajukan Proposal Bantu Penguatan Konsep Our Eyes

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di