alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DMI Larang Penggunaan Masjid Sebagai Sarana Politik Praktis
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfaa8e198e31b91638b456c/dmi-larang-penggunaan-masjid-sebagai-sarana-politik-praktis

DMI Larang Penggunaan Masjid Sebagai Sarana Politik Praktis

DMI Larang Penggunaan Masjid Sebagai Sarana Politik Praktis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia sekaligis Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Grand Sahid Jaya pada Ahad (25/11). Rakernas yang telah diselenggarakan selama tiga hari ini menghasilkan tujuh rekomendasi internal dan eksternal, salah satunya adalah melarang masjid sebagai sarana kegiatan politik praktis.


Penutupan Rakernas DMI ini juga dihadiri Wakil Ketum DMI Syafruddin, Sekjen DMI Imam Addaruquthni, dan Ketua PP DMI Rudiantara yang juga merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Menurut Rudiantara, dari tujuh rekomendasi tersebut yang terpenting adalah poin terakhir.

"Yang penting adalah yang terakhir yaitu merekomendasikan untuk melarang penggunaan masjid sebagai sarana kegiatan politik praktis sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," ujar Rudiantara saat ditemui usai acara penutupan.

Menurut dia, DMI senantiasa mendukung proses demokrasi yang aman, damai, demokratis, tanpa hoaks. Namun, kata dia, jika ada penceramah yang menyampaikan kritik membangun terhadap pemerintah bukan berarti masuk dalam kategori politik praktis.

Menurut dia, politik praktis yang dimaksud itu adalah penceramah yang mengajak umat untuk mendukung salah satu calon atau kelompok. Hal senada juga disampaikan Sekjen DMI Imam Addaruquthni. Menurut Imam, jika ada penceramah di masjid yang menyampaikan politik praktis maka bukan akan menyatukan umat lagi, tapi justru bisa menjadi pemecah belah.

"Tapi bukan berarti masjid tidak ada isu politik di situ. Yang dimaksudkan adalah poltik praktis misalnya dukung mendukung pada kelompok satu, apalagi kepartaian. Jadi bicara politik yang konstruktif, bukan konfrontratif," ucapnya kepada Republika.co.id.

Sementara itu, Jusuf Kalla menjelaskan bahwa ada tiga tempat yang tidak bisa dijadikan sebagai sarana politik praktis, yaitu masjid, sekolah, dan dunia pendidikan. Namun, menurut dia, politisasi masjid itu bukan hanya harus diantisipasi oleh DMI saja, tapi juga harus diantisipasi oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Itu bukan hanya urusan DMI, tapi undang-undang juga. Jadi nanti Bawaslu mewaspadai juga kalau ada," kata Kalla usai menutup Rakernas DMI.

oh begono

Kalo ga menuruti larangan konsekuensinya apa pak?
emoticon-Belum Tidur
Ga ada?
emoticon-Tepar
Lanjooooooooooot
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nah benar tuh baiknya bikin bangunan/ruangan sebelahnya masjid aja kalo mau ngobrol soal politik..

emoticon-Thinkingemoticon-Ngacir
Diubah oleh anarchy0001
Kalo shooting pencitraan di masjid boleh gak
apa dmi bisa dilaporkan ke bawaslu oleh tim paslon 02 ?
beh......ntar di cap kaum kapirun beh........persiapan demo dimulai dari sini beh, sambil kotbah tereak tereak.......urat leher sampe lepas ntu.....
Quote:


Seperti biasa..

Aturan itu dibuatnuntuk dilanggar..

Kalok ngak langgar gimana kasih makan umat togel nasbung kampret?

Indonesia bakal sepi kalok nasbung kampret mati kelaparan.
buat ke "SESAMA" mah rekomendasi maupun himbauan saja

buat pecitraan doank ini namanya

emoticon-Traveller
fenistaan terhadaf ulamak kitak2 emoticon-Ultah
Naik motor ga pake helm dan mentungin orang yg ada hukumannya aja dilanggar apalagi cm himbauan gini
Masjid dibangun apalagi di komplek perumahan, tanah wakafnya aja dikasih dari developer yang kebanyakan non muslim, atau bukan dr kalangan nasbung. Biaya bangun masjidnya yg paling besar jg biasanya bukan dari kalangan nasbung. Tapi masjid sudah dibentuk macam kyk punyanya nasbung aja.

Tempat kumpul2 utk politik praktisnya nasbung. Ironis dan gak tau malu.
Quote:


kalau bukan begitu bukan nasbung namanya tapi nastakemoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di