alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Investasi Asing cuma 24%, Indonesia Ditertawakan Vietnam, Malaysia dan Thailand
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa99af12e257493b8b4567/investasi-asing-cuma-24-indonesia-ditertawakan-vietnam-malaysia-dan-thailand

Investasi Asing cuma 24%, Indonesia Ditertawakan Vietnam, Malaysia dan Thailand

Banyak pihak kerap menyebut ekonomi Indonesia telah dikuasai pemodal asing. Namun, Ekonom Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menyebut pernyataan tersebut “jauh api dari panggang” bila melihat data investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) yang masuk ke Indonesia. Persentase FDI terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia merupakan yang terkecil di antara negara Asia Tenggara.

Faisal mengatakan, persentase FDI terhadap PDB di Indonesia mengalami peningkatan, namun masih jauh dibandingkan banyak negara lainnya, termasuk negara-negara di Asia Tenggara. Persentasenya berkisar 24,1% pada periode 2011 sampai 2016, naik dari kisaran 16,2% pada periode tahun 2005 hingga 2010.

"Peranan asing meningkat tapi levelnya masih di bawah rata-rata FDI Asia Tenggara 66% dari PDB," kata dia di Jakarta, Selasa (2/10). Lebih rinci, ia pun membandingkan dengan persentase serupa di Malaysia yang mencapai 40,6%, Thailand 44,7%, negara komunis Vietnam yang mencapai 50,5%, serta negara sosialis Bolivia yang mencapai 33,7%.

Lebih jauh, Faisal menjelaskan, bila melihat ke sejumlah sektor, pemain besar yang menguasainya masih merupakan perusahaan nasional. Ia pun mencontohkan sektor perbankan yang dikuasai sejumlah pemain seperti Bank Mandiri, BRI, BCA dan BNI. Kemudian, sektor pertambangan didominasi oleh Aneka Tambang, Bukit Asam, hingga Adaro.


Indonesia Butuh Investasi Asing

Faisal mengatakan Indonesia perlu mendorong FDI untuk menguatkan perekonomian. FDI yang merupakan jenis investasi berjangka panjang diperlukan untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan pertumbuhan industri serta lapangan pekerjaan.

Sejauh ini, investasi asing lebih banyak berbentuk investasi portofolio dalam saham maupun obligasi alias investasi yang mudah keluar-masuk (jangka pendek). Ketergantungan Indonesia terhadap jenis investasi ini untuk menutup kekurangan valuta asing (valas) imbas defisit neraca akibat impor migas yang besar, membuat nilai tukar rupiah rentan melemah.

Maka itu, Faisal menekankan pentingnya FDI. "Kalau FDI masuk, saat krisis mereka tidak akan keluar ke luar negeri membawa jalan tol nya, pabriknya dsb, pola pikirini yang harus ditanamkan" kata dia.

Adapun FDI yang masih rendah dinilai Faisal lantaran kurangnya daya tarik investasi di dalam negeri. Selain itu, ia sempat menyinggung sikap pemerintah yang tak konsisten terhadap investasi asing. Di satu sisi pemerintah berupaya menarik minat investor asing melalui sejumlah insentif. Namun, di sisi lain, pemerintah mempersempit ruang gerak asing dengan pengubahan regulasi kepemilikan asing pada industri asuransi menjadi hanya 80%.

sumber https://katadata.co.id/berita/2018/1...kecil-di-asean
Diubah oleh ikardus
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Waktu san tempat dipersilahkan
Investasi Asing cuma 24%, Indonesia Ditertawakan Vietnam, Malaysia dan Thailand
anti komunis tapi alergi sama kapitalis. maunya apa ini!? emoticon-Traveller
segitunya aja nasbung kampret udah terkaing2 ky mau mati...

emoticon-Traveller
Balasan post tiyorahmat
Quote:


maunya pengusaha arab lah

tapi kok arab lebih milih inves di cina kapir komunis sih ? emoticon-Mad
loh katanya ada yang tereaaak pro aseeeng anteek aseeeng emoticon-Leh Uga

memang bener kalau politikus genderuwo itu doyannya menakut-nakuti rakyatnya sendiri macam presiden petahana mamarika sana emoticon-Leh Uga

dan salah satu capres kita emoticon-Leh Uga
Baru 24% aja NasbungTAIK Kampret udah Tereak2... Asing... Aseng... Asong....


Investasi Asing cuma 24%, Indonesia Ditertawakan Vietnam, Malaysia dan Thailand
Quote:


karena cinak negara shithole gan, jadi butuh investasi dari arab emoticon-Christmas
Quote:


ekonomi kerakyatan kan emoticon-Big Grin

kalo terlalu kapitalis nanti banyak fans mia khilapah teriak pro asing dan aseng emoticon-Big Grin

Quote:


dimodifikasi jadi sosialis terselubung emoticon-cystg
Diubah oleh tiyorahmat
kan waktu itu banyak diantara kita yang bilang bahwa pada intinya kita tidak rela tanah, mineral, air kita berada di tangan asing. nah sekarang asing ada diangka segitu pada bingung kenapa cuma segitu.
Bolivia n vietnam xlo ga slh inveestor utama nta rrc y?

munafik maning kan? investasi kecil PDB rendah, investasi besar nasbungtod op warnet klipingan oseng aseng
munafik maning kan? investasi kecil PDB rendah, investasi besar nasbungtod op warnet klipingan oseng aseng
loh ??? Koq cuman 24 % ?????

Kan katanya indonesia di kuasai ama asing ... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
serba salah yak.
nunggi si venomwolf aka murid ane bersabda dulu, hahaha

kemaren ngomentari DNI, pake bawa2 ekonom indef bwahahahemoticon-Big Grin
Idealnya republik ini niru Jepang yang murni ngandalin pengusaha lokal...emoticon-Big Grin
Balasan post tiyorahmat
khilafah yaa akhi.

itu data faisal basri dipegang sama tim wowo juga nggak sih? emoticon-Bingung

Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di