alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa9622dbd77028728b4578/anies-tunjuk-jakpro-kelola-tiga-pulau-reklamasi-ini-alasannya

Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya

Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya

Jakarta, IDN Times – Pembangunan Pulau Reklamasi sudah dihentikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Namun, terdapat sejumlah pulau yang sudah terlanjur jadi. Beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun berjanji akan memberikan fungsi pulau tersebut untuk kepentingan masyarakat.Lantas Anies menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola tiga pulau yang tersisa di Teluk Jakarta itu, yakni pulau C, D, dan G, melalui Peraturan Gubernur (Pergub) 120 Tahun 2019 yang disahkan 16 November 2018.

Pergub tersebut menyebutkan tanah hasil reklamasi yang dimaksud adalah Pulau C, Pulau D, dan Pulau G. Pulau C dan D dibangun oleh PT Kapuk Naga Indah, anak perusahaan PT Agung Sedayu Group. Sedangkan Pulau G dibangun PT Agung Podomoro Land melalui PT Kencana Unggul Sukses, pemilik anak perusahaan PT Muara Wisesa Samudra (MWS). 

Apa alasan Anies menunjuk Jakpro?


1. Menurut Anies penunjukan Jakpro lebih relevan
Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya
Anies mengungkapkan bahwa penunjukan Jakpro untuk mengelola tiga pulau reklamasi dinilai relevan. Jakpro sendiri baru akan ditugaskan untuk menyusun rencana pengelolaan pulau terlebih dahulu.

“Kami menugaskan Jakpro untuk menyusun rencana mengelola pulau, kemudian menyusun rencana, lalu presentasi ke pemerintah, baru kami bekerja,” ujar Anies di kantor TransJakarta, Jakarta Timur, Jumat (23/11) lalu.

Melalui pergub tersebut, Pemprov DKI memberikan panduan bagi Jakpro untuk mengelola rancang kota di Pulau C, D, dan G. 


2. Tugas Jakpro seperti PT Jaya Ancol
Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya
Anies menjelaskan bahwa tugas Jakpro adalah mengelola dan menjalankan tiga pulau reklamasi tersebut. Dia memberi contoh seperti yang dilakukan Pembangunan Jaya Ancol Menurutnya penugasan PT Jaya Ancol dan Jakpro serupa.

“Dulu Pemprov membentuk sebuah PT Jaya Ancol untuk mengelola pulau reklamasi, dipakai untuk hiburan, sama,” jelasnya.


3. Tak takut digugat
Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya
Pria yang pernah menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina tersebut mengaku tak takut jika pihaknya digugat terkait penunjukan Jakpro sebagai pengelola. Apalagi, kata dia, semua keputusan pemerintah bisa digugat termasuk hal ini.

“Sebenarnya semua keputusan pemerintah bisa digugat. Selama ada PTUN, boleh, gak apa-apa,” katanya.


4. Pulau C, D, G dan N akan diatur tata ruang untuk kepentingan masyarakat
Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya
Pemprov DKI Jakarta mencabut izin prinsip 13 pulau reklamasi di kawasan Teluk Jakarta. Sementara, untuk pulau lainnya yang sudah selesai dikerjakan akan dikelola untuk kepentingan publik. Anies menjelaskan, untuk empat pulau yang sudah dibangun yaitu, Pulau C dan D (PT Kapuk Naga Indah); Pulau G (PT Muara Wisesa Samudra) dan Pulau N, akan diatur tata ruang dan pengelolaannya sejalan dengan kepentingan masyarakat. "Kita sudah evaluasi perizinan-perizinan yang semestinya dipenuhi. Pemprov DKI memutuskan mencabut izin yang sudah diberikan kepada para pengembang," ujar Anies saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/9) lalu. Menurut Anies, Pemprov DKI juga akan mengakomodasi kepentingan kelompok masyarakat yang ada di sekitar pulau hasil reklamasi, seperti sarana dan prasarana umum maupun ruang terbuka yang dibangun di bagian pulau reklamasi atau daratan Pantura Jakarta. "Pelaksanaan pemanfaatan tanah hasil reklamasi akan dilakukan dengan menjaga kelestarian lingkungan. Pemprov DKI saat ini sedang mempersiapkan langkah-langkah untuk melakukan pemulihan kawasan Pantura Jakarta," katanya. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya Hadapi Banjir Jakarta, Anies Minta Kerja Sama Warga

- Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya Ini 25 Lokasi Tempat Pemberlakuan Tilang Elektronik ETLE di Jakarta

- Anies Tunjuk Jakpro Kelola Tiga Pulau Reklamasi, Ini Alasannya Setelah Waring Dicopot, Begini Kondisi Kali Item Sekarang

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di