alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rizal Ramli Sebut Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Liberal
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa8b97582b2eef1a8b4567/rizal-ramli-sebut-paket-kebijakan-ekonomi-jokowi-liberal

Rizal Ramli Sebut Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Liberal

Rizal Ramli Sebut Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Liberal
CNN Indonesia | Minggu, 25/11/2018 03:17 WIB

Rizal Ramli Sebut Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi Liberal
Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Rizal Ramli. (CNN Indonesia/Harvey Darian).

Jakarta, CNN Indonesia -- Ekonom Rizal Ramli mengatakan Paket Kebijakan Ekonomi XVI lebih baik dibatalkan, Sebab Paket Kebijakan yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo itu mencerminkan ideologi liberal.

Cerminan ideologi liberal, kata dia, karena jajaran menteri bidang perekonomian di belakang Jokowi menganut paham ekonomi liberal.

"Saya kira lebih bagus dibatalkan, cuma banyak menterinya memang ideologinya liberal. Sementara Pak Jokowi, dilihat dari pidato-pidatonya dulu sih, kan soal Nawacita, Trisakti, itu kan tidak liberal," ujar Rizal saat ditemui di Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta, Sabtu (24/11).

Lihat juga:  Paket Kebijakan Ditolak Dunia Usaha, Rupiah Kembali Melemah

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu menyoroti kebijakan memperbolehkan perusahaan asing menguasai 100 persen investasi di 54 bidang.

Rizal mengatakan kebijakan ini bakal menggerus pelaku-pelaku usaha kecil. Ia mencontohkan bidang usaha warung internet yang akan dibebaskan untik asing.

Dia berujar usaha warnet adalah usaha rakyat. Dengan modal lima komputer dan ruangan kecil di rumah, masyarakat sudah bisa buka usaha. Tentunya akan tergerus dengan pengusaha bermodal tebal dari Eropa, Amerika, dan China.

"Ini enggak beres, ini terlalu jauh. Bagaimana enggak benar, merebut usaha kecil untuk rakyat," ucapnya.

Lihat juga: Pemerintah Tunda Pelonggaran Investasi untuk Asing

Rizal mengapresiasi langkah Jokowi untuk menunda pelaksanaan kebijakan itu. Namun ia tetap bersikukuh kebijakan itu dihapus untuk kepentingan rakyat.

Rizal mengingatkan Jokowi bahwa relaksasi investasi tersebut bakal membuat kebocoran pendapatan negara.

"Jangan lupa, semakin banyaj perusahaan asing di Indonesia, dividennya banyak keluar. Selain defisit di ekspor dan impor, juga primary income. Apa itu yang diinginkan?" tandasnya.

Sebelumnya, Jokowi lewat Kemenko Bidang Perekonomian menelurkan Paket Kebijakan Ekonomi XVI pada Jumat (16/11). Paket kebijakan tersebut terdiri dari perluasan penerima fasilitas libur pajak (taxholiday), relaksasi aturan daftar negatif investasi (DNI), dan pengaturan devisa hasil ekspor sumber daya alam (DHESDA).

Yang jadi sorotan, ada 54 bidang yang dikeluarkan dari DNI. Artinya investasi di 54 bidang itu bisa dikuasai pihak asing 100 persen.

Namun baru berjalan seminggu, Jokowi langsung merevisi kebijakan tersebut. Jumlah bidang yang dikeluarkan dari DNI hanya 25 bidanh dan ditunda pelaksanannya sampai ada kajian lebih lanjut.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...jokowi-liberal


---------------------------------

Paket Kebijakan Ekonomi ke 16 memang akan merampas kesempatan usaha pengusaha UMKM, tempat pemodal kecil mencari makan. Tapi idea kebijakan ekonomi terakhir itu, kata PDIP, bukan idea atau maunya Pak Jokowi. Tapi ideanya Menko Perekonomian, Darmin Nasution. Makanya berita terakhir, kabarnya paket ekonomi ke 16 itu ditunda pemerintah pelaksanaanya sampai batas waktu yang tidak dkitentukan.

emoticon-No Hope
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
lebay
Klo salah tuding orang lain
Klo benar klaim sendiri






4 tahun udah banyak yg hapal gayanya
emoticon-Traveller
Semua kebijakan jokowi sangat nasionalis, sudah sesuai dengan Tri Sakti dan Nawacita, dan pro wong cilik.
liberal apa komunis..? emoticon-Mad
kalo nuduh yg bener...
jgn besok berubah lg jd komunis emoticon-Mad

Alhamdulilaaahhh bukan komunis ternyata emoticon-Ngakak (S)
mungkin maunya model pancasila bukan model sosialis atau liberal.
Trus gmn cuy kudu dikomuniskan dikit gituemoticon-Leh Uga
tolong laporin ke dpc pki terdekat kalo jokowi itu ternyata liberalis emoticon-Mad


just kidding emoticon-Peace
Balasan post yesknow
dituduh anak komunis tapi kelakuan kapitalis penganut liberalis,, tapi sikap sosialis,,,
pusing ah,, ga jelas emang hahahahah

lagian, yang dibuka investasi asing justru yg selama ini dalam negeri pun ogah berinvestasi disana wkwwk
ya namanya kacung gimana maunya majikan ajalah
Balasan post rajakadall
Quote:


pasrah nih, ceritanya..?? emoticon-Ngakak
bukan ide sang rajaemoticon-Traveller
Tau dah ide siapaemoticon-Traveller
Wingi jare komunis syiah
Saiki liberal

Nasbung emang mencla mencle klu nuduhemoticon-Big Grin
yg bener dong, Jokowi itu kiri atau kanan, kok mencla mencle gitu.
Hebat bener si joko bisa nyatuin commies dan liberalemoticon-Ngakak
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


nasionalis, liberal apa komunis sih? bingung gua emoticon-Bingung
Quote:


Ya terserah elu aja kan.
lho, kata nasbung joko itu komunis, gimana sih
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


Jadi komunis, nasionalis, liberalis, minimalis atau apa nih yang bener? emoticon-Bingung
Diubah oleh ernestodelasema
Quote:


Yang bilang kowi komunis siapa ?
Diubah oleh 54m5u4d183
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di