alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Tuduhan Sesat Ekonomi Kebodohan ala Prabowo, Berani Bicara Tanpa Data
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa5707dad770b63a8b4568/tuduhan-sesat-ekonomi-kebodohan-ala-prabowo-berani-bicara-tanpa-data

Tuduhan Sesat Ekonomi Kebodohan ala Prabowo, Berani Bicara Tanpa Data

Tuduhan Sesat Ekonomi Kebodohan ala Prabowo, Berani Bicara Tanpa Data
Beberapa waktu lalu, Prabowo menyebut sistem ekonomi di Indonesia saat ini tidak berjalan dengan benar. Prabowo juga menilai sistem ekonomi yang berjalan sudah lebih parah dari paham neoliberalisme yang dianut oleh Amerika Serikat.

Pasalnya, kata dia, angka kesenjangan sosial masyarakat Indonesia semakin tinggi. Bahkan, ia menyebut Indonesia tengah mempraktikkan sistem ekonomi kebodohan. Hal itu lantaran banyaknya utang, sumber daya asing dikuasai asing, serta kemiskinan dan ketimpangan yang tinggi.

Namun, benarkah demikian? Faktanya ternyata tidak seperti itu, terutama terkait 3 hal di atas.

Adanya isu Indonesia dikuasai oeh asing adalah tidak benar. Hal ini dapat dibuktikan dengan data laporan Investasi Dunia UNCTAD, presentase rata-rata penanaman modal asing langsung di Indonesia terhadap total PMTB pada kurun 2005-2010 dan 2011-2016 tidak pernah lebih dari 6%, hanya berkisar 5,6% dan 5,7%.

Kemudian, persentase FDI terhadap PDB di Indonesia juga masih jauh dibandingkan banyak negara lainnya, termasuk negara-negara di Asia Tenggara. Persentasenya berkisar 24,1% pada periode 2011 sampai 2016, naik dari kisaran 16,2% pada periode tahun 2005 hingga 2010. Padahal, rata-rata FDI Asia Tenggara 66% dari PDB.

Bila dibandingkan dengan negaa lainnya, perbandingan FDI terhadap PDB itu juga jauh. Karena di Malaysia yang mencapai 40,6%, Thailand 44,7%, negara komunis Vietnam yang mencapai 50,5%, serta negara sosialis Bolivia yang mencapai 33,7%.

Di sisi lain, pemerintahan Presiden Jokowi juga gencar mengambil alih aset sumber daya alam dari perusahaan asing. Kita tahu blok Mahakam dan Rokan sudah dikuasai penuh oleh Pertamina.

Pemerintah juga mengakuisisi saham Freeport. Sebanyak 51% saham Freeport telah dikuasai oleh Pemerintah Indonesia.

Kemudian, terkait kemiskinan faktanya jumlah penduduk miskin justru turun. Pada Maret 2018, kemiskinan berada di titik terendah dengan jumlah penduduk miskin sekitar 9,82%.

Di bidang kesehatan, pemerintahan Presiden Jokowi telah berupaya menyelesaikan masalah stunting dengan mengambil beberapa langkah strategis, diantaranya meningkatkan anggaran kesehatan menjadi 5% dari APBN.

Pemerintah menjalankan program pencegahan stunting melalui intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif yang berhasil menurunkan prevalensi stunting pada anak Baduta dari 32,9% pada 2014 menjadi 28,8% pada 2018.

Kemudian, diikuti dengan program perbaikan gizi ibu hamil dan kurang energi kronis dengan hasil cakupan ibu hamil KEK yang mendapat PMT adalah 82,83% atau memenuhi target Renstra 2017 sebesar 65% , serta program ASI eksklusif.

Untuk mengurangi ketimpangan lahan, pemerintahan Jokowi-JK, pemerintah memiliki program prioritas dan telah berhasil mengelola kekayaan nasional melalui kebijakan Reforma Agraria dengan target 9 juta Ha dan Perhutanan Sosial dengan target 5,2 juta Ha.

Pemerintah Jokowi-JK telah berhasil mengatasi masalah ketimpangan sosial dan menurunkan rasio gini hingga berada pada level 0,389 melalui berbagai kebijakan ekonomi yang efektif.

Selain itu, ukuran ketimpangan yang dilihat dari presentase pengeluaran pada kelompok penduduk 40% terbawah cenderung membaik, sehingga apabila merujuk pada kategori Bank Dunia, maka ketimpangan di Indonesia termasuk kategori rendah.

Dengan adanya tuduhan ngawur Prabowo di atas maka terlihat bahwa dirinya tak benar-benar paham dengan kritiknya sendiri. Dia asal ngomong saja, tanpa diikuti dengan data.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di