alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa4864d675d497128b4576/masjid-raya-makassar-destinasi-wisata-religi-di-sulawesi-selatan

Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan

Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang ada di pulau Sulawesi, dan memiliki ibukota Makassar. Kota Makassar sendiri merupakan kota yang dihuni oleh penduduk dengan beraneka ragam suku, kepercayaan dan budaya. Karena itu tidak heran kalau di kota ini kamu bisa menemukan rumah ibadah berbagai agama.

Kalau kamu berkesempatan untuk berlibur ke kota Makassar, jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata religi. Salah satu destinasi wisata religi di sana yang harus kamu kunjungi adalah Masjid Raya Makassar.


1. Masjid tua dan megah ini, merupakan masjid terbesar kedua yang ada di Sulawesi Selatan
Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan
Masjid Raya Makassar berdiri di atas tanah seluas 13.912 meter persegi, mulai dibangun pada tahun 1948 dan selesai tahun 1949. Dirancang oleh arsitek Muhammad Soebardjo yang merupakan pemenang dari sayembara desain yang diadakan oleh panitia pembangunan Masjid Raya.

K.H. Ahmad Bone seorang ulama asal kabupaten Bone memprakarsai pengumpulan dana untuk pembangunan masjid ini di tahun 1947, dana yang terkumpul saat itu sejumlah 60 ribu rupiah. Tahun 1949 masjid ini diresmikan, pembangunan masjid ini saat itu menghabiskan dana sebesar 1,2 juta rupiah.


2. Masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah di dalamnya, dan 50.000 jamaah di halamannya
Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan
Masjid raya kebanggaan masyarakat di Makassar ini, dibangun di atas lahan lapangan sepakbola Exelsior Makassar. Tanah seluas 13.912 meter persegi ini memang dihibahkan untuk pembangunan masjid tersebut. Ruang dalam masjid ini dapat menampung hingga 10 ribu jemaah, dan halaman masjid dapat menampung hingga 50 ribu jemaah.

Masjid tua ini ini memiliki dua menara dengan tinggi 66.66 meter dan pernah direnovasi pada tahun 1999 hingga tahun 2005. Ide untuk merenovasi Masjid Raya Makassar ini datang dari Bapak Jusuf Kalla. Setelah selesai direnovasi, bangunan masjid ini menjadi lebih megah dan mirip dengan masjid di Timur Tengah.


3. Masjid ini menyimpan Al-Qur'an raksasa yang berukuran 1 meter x 1,5 meter, dan memiliki berat 584 kilogram
Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan
Masjid Raya Makassar juga menyimpan Al-Qur'an raksasa yang berukuran 1 meter x 1,5 meter dengan berat 584 kilogram. Kitab suci ini ditulis oleh KH.Ahmad Faqih Muntaha, anak dari penghafal dan penulis kaligrafi terkenal KH.Muntaha Al-Hafidz. Beliau juga adalah merupakan pendiri Yayasan Al-Asy’ariah.

Al-Qur’an besar dengan 6666 ayat, 114 surah, dan 30 juz ini terdiri atas 605 lembar. Dan dibuat dengan menggunakan kertas berkualitas produksi Perum Peruri. Ditulis dengan menggunakan campuran tinta cina dan air teh kental agar tahan lama serta tidak mudah luntur. Pembuatan Al-Qur'an ini memakan waktu hingga 12 bulan.


4. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang pertama di Indonesia diadakan di Masjid Raya Makassar ini pada tahun 1955
Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan
Tahun 1955 masjid ini pernah menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang pertama di Indonesia. Selain itu masjid ini juga menyimpan sejarah panjang perjuangan rakyat Makassar di masa lalu. Tahun 1949 masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, tapi juga digunakan sebagai markas pertemuan dan kegiatan pejuang kemerdekaan.

Tercatat ada dua orang Presiden Republik Indonesia yang pernah datang ke Masjid Raya Makassar ini. Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno mengunjungi masjid ini di tahun 1957. Beliau bahkan menunaikan ibadah sholat Jum'at di masjid ini. Dan selanjutnya Bapak Soeharto juga datang mengunjungi masjid ini di tahun 1967.


5. Hingga saat ini masjid ini masih berdiri dengan megah di tengah kota Makassar dan menjadi kebanggaan kaum muslim di 5 Nasihat yang Membuat Kita Harus Menerima Diri Kita Seutuhnya sana
Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan
Masjid yang merupakan masjid kedua terbesar dan terpenting di Makassar ini, masih berdiri megah hingga saat ini. Masjid Raya ini juga seringkali menjadi tujuan wisata religi para wisatawan yang datang ke Makassar.

Kalau kamu juga berkesempatan untuk datang dan berlibur ke Makassar, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke sini. Masjid Raya Makassar ini terletak di Jalan Masjid Raya, Bontoala, Andalas, Makassar, Sulawesi Selatan 90111.


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan 8 Air Terjun Paling Seger di Sulawesi Selatan, Liburan Makin Adem Deh!

- Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan Kaya Seni, 8 Cendera Mata asal Sulawesi Selatan Ini Wajib Diborong

- Masjid Raya Makassar, Destinasi Wisata Religi di Sulawesi Selatan Mengenal Kera Macaca Maura, Binatang Endemik Sulawesi Selatan 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di