alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Setiap Presiden Memiliki Jasa bagi Bangsa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa3e55ddd770c4038b4577/setiap-presiden-memiliki-jasa-bagi-bangsa

Setiap Presiden Memiliki Jasa bagi Bangsa

Setiap Presiden
Memiliki Jasa bagi
Bangsa

Setiap Presiden Memiliki Jasa bagi Bangsa
Foto : KORAN JAKARTA/TRISNO
JULIANTORO
DISKUSI BUKU | Para pakar
tengah membedah buku karya
sejarawan UI, Linda Sunarti
berjudul “Presiden Republik
Indonesia 1945-2014” di Kampus
UI, Depok, Kamis (22/11).

DEPOK – Setiap Presiden
Republik Indonesia memiliki
medan, jiwa zaman, dan
tantangan yang berbeda ketika
memimpin bangsa ini. Sejarawan
Universitas Indonesia, Linda
Sunarti, mengatakan bahwa
setiap kepala negara memiliki
jasa yang hebat bagi bangsa
Indonesia.

“Poin pentingnya adalah mereka
adalah orang hebat,kecintaan
mereka terhadap tanah air
tinggi,” kata Linda dalam bedah
buku Presiden Republik Indonesia
1945-2014, di Kampus UI, Depok,
Kamis (22/11).

Penulis buku Presiden Republik
Indonesia 1945-2014 tersebut
mengatakan bahwa setiap
presiden memiliki ikon dalam
masa kepemimpinannya.
“Soekarno merupakan
penyambung lidah rakyat yang
revolusioner, dengan pencapaian
pentingnya adalah mengangkat
harga diri bangsa di dunia
internasional serta merancang
Jakarta sebagai wajah Indonesia,”
ujarnya.

Kemudian, Linda menuturkan
bahwa Presiden Soeharto adalah
Bapak Pembangunan yang
ideologis, dengan pencapaian
pentingnya pembangunan
nasional sebagai proses integrasi
Indonesia, swasembada beras,
dan stabilitas politik di ASEAN.

“Sedangkan Bacharuddin Jusuf
Habibie membuka gerbang
demokrasi, pencapaian
pentingnya yaitu pemulihan
ekonomi pasca krisis dan rakyat
lebih bebas beraspirasi,” katanya.

Abdurrahman Wahid atau Gus
Dur, kata Linda, merupakan
Presiden yang memiliki ikon
pluralisme yang menjaga
perdamaian. Pencapaian
pentingnya adalah pengakuan
resmi terhadap kaum tionghoa
serta reformasi kabinet, yaitu
membubarkan Departemen
Penerangan sebagai senjata
utama rezim soeharto dalam
menguasai media dan
membubarkan Departemen
Sosial yang korup.

“Kalau Megawati Soekarnoputri
merupakan presidan yang
meneguhkan konstitusi,
pencapaian pentingnya yaitu
Indonesia keluar dari krisis 1998
serta penstabilan ekonomi pasca
krisis. Sedangkan Susilo
Bambang Yudhoyono
mengembalikan Indonesia ke
orbit dunia, pencapaian
pentingnya yaitu menekan angka
kemiskinan dan pengangguran,
pertumbuhan ekonomi cukup
signifikan, serta kebijakan luar
negerinya yang zero enemy,”
tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Guru
Besar Ilmu Politik Universitas
Indonesia, Maswadi Rauf,
mengatakan, seharusnya
pemerintah memberikan
pengetahuan masyarakat
tentang presiden secara
menyeluruh. Ia menyebutkan
bahwa semua fakta baik dan
buruk mesti diberikan dan tidak
dihilangkan, namun harus
disampaikan dengan bahasa yang
santun. tri/AR-3

http://www.koran-jakarta.com/setiap-...sa-bagi-bangsa
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
layaknya memang setiap Mantan Presiden di hargai... bukan di Bully...



Kecuali presiden partai yang masuk BUI
Megawati is dabest emoticon-Traveller
Daripada bahasa yang santun, kalo di ruang kelas ane lebih setuju pake bahasa yang obyektif. Gak harus memuji atau menghujat, kasih aja faktanya. Kadang kesannya presiden tuh kalo nggak penjahat laknat ya manusia suci yang perlu dibangkitkan kembali (kekuasaannya, atau dari dalam kubur). Padahal semuanya manusia yang kekuasaannya nggak absolut, tapi dipengaruhi oleh zamannya.
presiden joget emoticon-thumbsup
Setiap Presiden Memiliki Jasa bagi Bangsa
Diubah oleh kasbos
Dan anehnya setiap calon presiden, janjinya muluk2...termasuk dua calon presiden yg sekarang lagi bersaing memperebutkan hati pemilihnya, bahkan sampe ada yg menjelma jadi pemilih fanatik macem cebong dan kampret yg sakit ati klo junjungannya dihina...emoticon-Wakaka
Quote:


maksudnya ketum partai yah sob?
yah memang disayangkan.

tapi ada bagusnya partai yang regenerasinya berjalan ada proses perebutan posisi ketum,asal tidak sampai sengketa aja jadi ada kubu terbelah-belah.
Quote:


Itu urusan merekalah terserah....
Quote:


klo kampanyenya biar hidup keras/susah ga akan ada yang pilih gan.
Quote:


hehehe..makanya mungkin nggak ada pemimpin yang ngaku dirinya pemimpin dan minta dipilih jadi pemimpin kecuali nabi. Klo sekarang namanya presiden bukan pemimpin tapi pimpinan.
Diubah oleh i71lm4c4n

Dan seperti saat ini yang ana tahu prestasi jokowi itu ya mengkriminalisasi ulama
tentu yg paling besar jasanya adalah megawati emoticon-Traveller
Quote:
ada juga gagal presiden yg sukses menghibur rakyat dgn banyolan2 yg segar emoticon-Request
Balasan post cipokan.yuk
Quote:


Semangatnya ruar biasa bro, meski bibir dah merot tetep aja maju , taon depan bisa yg ke lima kali klo gagal, masuk dah itu rekor ke guinessbook of the record atau minimal MURI
Quote:


klo pilpres depan ikutan lg jangan2 bibirnya udah gak miring lg malah udah vertikal emoticon-Takut
Balasan post cipokan.yuk
Quote:


Presiden boneka yg lebih mirip badut pun juga Ada. Lengkap ya bre ...
Quote:


yah tinggal liat aja ntar mana yg lebih dipercaya rakyat, capres badut ato presiden yg dihina sebagai badut emoticon-Leh Uga Setiap Presiden Memiliki Jasa bagi Bangsa
Buat gw prestasi SBY membuat TNI tidak diremehkan lg sama negara tetangga terutama malaysia dgn program MEF nya emoticon-2 Jempol
jasa si mbok banteng apa?
emoticon-Traveller
tiap ada konflik, presiden wajib mengingatkan rakyatnya akan jasa presiden terdahulu, bukannya malah nyinyir menebar kebencian nyalahin pendahulu nya utk menutupi ketidakbecusannya saat ini

justru dgn cara mengingatkan seperti itu, persatuan indonesia lebih mudah di raih, karena meraih simpati dari mereka yg tadinya setia pada presiden yg dulu

setuju banget ane tuch
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di