alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Praktik Baik Penguatan Pendidikan Karakter Harus Disebarluaskan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa32e9529a4597488b456f/praktik-baik-penguatan-pendidikan-karakter-harus-disebarluaskan

Praktik Baik Penguatan Pendidikan Karakter Harus Disebarluaskan

Praktik Baik Penguatan Pendidikan Karakter Harus Disebarluaskan

JPP JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berharap praktik-praktik baik dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) di sekolah  disebarluaskan, agar bisa diduplikasi di sekolah-sekolah lainnya. Mendikbud menegaskan bahwa PPK bukanlah sekadar konsep, namun yang paling penting adalah implementasinya di satuan pendidikan.

"Jangan setelah bekerja terus diam. Keberhasilan-keberhasilan kita harus kita publikasikan, kita viralkan, bukan untuk sombong tapi agar ada manfaatnya juga buat sekolah yang lain," pesan Muhadjir Effendy kepada peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Hotel Golden Boutique Kemayoran Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Dalam kesempatan tersebut diserahkan secara simbolik buku Kumpulan Praktik-Praktik Baik PPK dan Buku Panduan Praktis PPK dari tim penyusun kepada Mendikbud. Muhadjir berharap buku-buku tersebut disebarluaskan agar terasa manfaatnya untuk pendidikan di Indonesia.

Mendikbud juga mendorong sekolah berani mengeksplorasi berbagai sumber belajar di lingkungannya sebagai bagian implementasi PPK. Ia berharap pembelajaran tidak terkungkung di kelas, namun banyak aktivitas di luar kelas. "Untuk pelajaran Biologi misalnya, ajak murid-murid ke sawah, banyak kan yang bisa dipelajari di sawah, tidak harus di kelas terus," ujar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter, Arie Budhiman, mengatakan bahwa rakor ini bertujuan untuk merumuskan rencana aksi Tim Implementasi PPK tahun 2019. Peserta rakor berjumlah 248 peserta yang terdiri dari Tim Pengarah PPK, dinas pendidikan provinsi, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan perwakilan dari unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Arie Budhiman menambahkan bahwa kebijakan PPK merupakan salah satu program prioritas Kemendikbud dalam menjalankan Nawacita Pemerintahan Joko Widodo–Jusuf Kalla. Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, PPK merupakan gerakan pendidikan yang berada di bawah tanggung jawab satuan pendidikan, bertujuan untuk memperkuat karakter siswa didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. (dik)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/pendidik...disebarluaskan

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- Praktik Baik Penguatan Pendidikan Karakter Harus Disebarluaskan Kementerian PUPR Terus Tingkatkan Kualitas Jalan Perbatasan Papua

- Praktik Baik Penguatan Pendidikan Karakter Harus Disebarluaskan Indonesia dan Belarusia Jalin Kerja Sama untuk Menghasilkan Milenial Produktif Inovatif

- Praktik Baik Penguatan Pendidikan Karakter Harus Disebarluaskan Kegiatan Belajar Mengajar di Sulteng Pasca Bencana Mulai Pulih

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di