alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BPK: Polisi Belum Minta Audit Dana Kemah Pemuda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa2a76c0d77078528b4582/bpk-polisi-belum-minta-audit-dana-kemah-pemuda

BPK: Polisi Belum Minta Audit Dana Kemah Pemuda

Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan belum ada permintaan audit terkait dana kemah dan pemuda Islam 2017. BPK belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana kemah pemuda.

"Seingat saya kita tidak pernah melakukam gelar atau ekspose terkait kegiatan kemah dan apel pemuda Islam," kata Anggota III BPK Achsanul Qosasi kepada detikcom, Sabtu (24/11/2018).

Baca juga: Kemenpora Cek Internal soal Dugaan Penyimpangan Dana Kemah


Achsanul menyebut, BPK baru akan melakukan audit bila pada permintaan dari penegak hukum. Data yang akan diaudit juga berasal dari penegak hukum.


Kalau belum ada ekspose, ya belum ada (audit kerugian negara). Kecuali mereka minta secara tertulis kepada BPK. Sampai saat ini permintaan itu belum ada. BPK menghitung kerugian negara atas permintaan penyidik dan penyidik yang memberikan data itu kepada BPK atas perkembangan penyidikan. Perhitungan kerugian negara itu harus nyata dan pasti. Nggak bisa kira-kira," jelasnya.

Selain itu, Achsanul menyebut tak ada laporan kepada aparat penegak hukum terkait hasil pemeriksaan laporan keuangan (LK) tahun 2017 untuk kegiatan kemah pemuda. Dia memperkirakan dugaan penyimpangan ini merupakan pengembangan laporan hasil pemeriksaan yang dilakukan Polda.

"Hasil pemeriksaan LK TA 2017 tidak ada Laporan kepada APH (Aparat Penegak Hukum) terkait kegiatan kemah dan apel pemuda Islam," ujarnya.

"Mungkin itu pengembangan LHP yang dilakukan Polda," sambung Achsanul.

Sebelumnya, Kasubdit Tipikor Ditkrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan mengatakan ada temuan perbuatan malhukum terkait kegiatan kemah pemuda. Dia juga mengatakan sudah melakukan gelar bersama BPK.

"Rp 5 miliar, untuk kegiatan itu nilai anggaran Rp 5 miliar. Dibagi jadi 2 proposal. Satu proposal itu ada yang Rp 2 miliar ada yang Rp 3 miliar. GP Ansor kemarin sudah terklarifikasi, kita cek di Kemenpora segala macam. Tapi kami klarifikasi di lapangan ternyata kita temukan ada perbuatan malhukum, makanya kita lagi sidik. Dan itu kan udah gelar sama BPK juga," ujar Bhakti di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (23/11).

Baca juga: Ini Alasan Polisi Periksa Dahnil soal Kasus Dana Kemah Pemuda


Kasus dugaan penyimpangan penggunaan anggaran kegiatan kemah dan apel pemuda Islam yang dilaksanakan Kemenpora pada 2017 ini sendiri sudah masuk ke tahap penyidikan. Bhakti juga menyebut BPK sudah menyatakan ada potensi kerugian negara dalam kasus tersebut.

"Sementara BPK masih menyatakan ada potensi kerugian negara," kata Kasubdit Tipikor Ditkrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan saat dimintai konfirmasi, Kamis (22/11).

Terkait ini, polisi sudah memeriksa Ketua Umum PP Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani, serta Anggota Panitia Kemah Pemuda Islam dari GP Ansor, Safaruddin. Dahnil sendiri mengaku kecewa terkait pemeriksaan yang dilakukan kepolisian soal adanya dugaan penyimpangan dana kemah.

"Ada beberapa masalah yang bagi saya menyakitkan. Hari ini dipanggil tuduhan melakukan korupsi. Padahal sejak awal, komitmen kami ingin membantu pemerintah karena tuduhan anti-Islam segala macam, supaya meredam konflik horizontal dan macam-macam. Itu kemudian jawab dengan niat baik. Ternyata kami dituduh macam-macam," ucap Dahnil. 

Terkait kegiatan dana kemah, PP Pemuda Muhammadiyah mengembalikan duit Rp 2 miliar ke Kemenpora. Ini dilakukan karena PP Pemuda Muhammadiyah tak mau dituding melakukan penyimpangan.(haf/fdn)

bpk ri bpk 


https://m.detik.com/news/berita/4315...a-kemah-pemuda

Lha kok g sinkron antara Polri n BPK. Tapi g usah heran, ketidaksinkronan dan inkonsistensi adalah hal yang lumrah di era ini.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
nah loh makin janggal
emoticon-Traveller
Qosasi dari demokrat

Bhakti mengatakan saat ini pihaknya siap mengirimkan berkas-berkas untuk diaudit BPK. Sehingga setelah audit dilakukan dapat diketahui jumlah kerugian yang dialami negara.

Dia mengatakan dalam gelar yang sudah dilakukan, auditor BPK menyampaikan hal yang sama seperti di kepolisian soal ada potensi pelanggaran pidana dalam penyimpangan dana dari Kemenpora itu.

"Jadi dari BPK sendiri, dari auditornya, 'ini sudah ada potensi (penyimpangan)'. Kan kalau di UU harus ada potensi dulu minimal untuk bisa ke penyidikan," ucapnya.


"Problemnya bukan di polisi atau BPK. Itu (pengajuan surat Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu [PDTT], red) kan cuma syarat formil agar naik ke penyidikan saja. Dokumen gelar ada, notulen gelar ada," kata Kasubdit Tipikor DitkrimsusPolda Metro JayaAKBP Bhakti Suhendarwan saat dihubungi, Sabtu (24/11/2018).

"Itu cuma formalitas aja, kalau kita ajukan surat, mungkin anggota BPK belum baca," tambahnya.

https://news.detik.com/berita/4316015/polisi-pastikan-tak-tebang-pilih-soal-ungkap-kasus-dana-kemah
Biasalah polkis berpolitik
Si Ahok yang temuan kerugian ratusan milar bikin bangkrut dki ampe audit investigasi aja nggak dianggap, ini diada adain
Quote:

kalo bersih kenapa risih emoticon-Big Grin

kalo bersih kenapa balikin

kan gitu

emoticon-Big Grin
Diubah oleh pocong.212
BPK kerjanya apa aja ya, dari dulu kasus korupsi semua diungkap KPK, yg diberi WTP oleh BPK malah ketangkap korupsi, malah petugas BPK ada yg tertangkap korupsi, bagus bubar aja dah kalau gitu, serahkan tugasnya ke KPK saja
siapa yang dibidik ? dahnil atau fanani ?
Quote:


Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
Kisanak-kisanak....jangan dulu berasumsi apalagi sampai konpres.....ingat kejadian kemarin yg ampe bengep2 di "tonjokin"..... emoticon-Big Grin



Mending kita nunggu aja.... emoticon-linux2
Balasan post juari.de.bandar
Quote:


laforin ke folisi aje udeee

kaga usah mewek sampe terkaing2 gitu lahh

gitu aje kok repoootttt

situ sehat ???

kebanyakan makan mecin kale ye Om ??

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


BPK: Polisi Belum Minta Audit Dana Kemah Pemuda
Quote:


Yang konpers duluan kan polis, Sampek bawa2 BPK padahal bpknya belum.masuk.
Quote:



BPK: Polisi Belum Minta Audit Dana Kemah Pemuda

Yang penting ngeles

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Quote:


makany kerja di bpk bre, lahan basah disitu wkkk
polisi ngurusi audit??..kerjanya dah diluar wewenang ?
Quote:

Trus apa hubungannya dek???


Kalau mau ngekuot ane mikir dikit napa dek.... emoticon-Big Grin
Jalani saja proses hukumnya, gak usah mewek ke media
Diubah oleh nyairara
Quote:


emoticon-Bingung

Berita apa komentar apa????






Adakah satu saja Nasbung yang ga Goblok begini????
Balasan post kinggidorah666
Quote:


Semua kasus yang ditangani kpk itu hasil audit bpk
G tau mekanisme penanganan hukum ya? Goblog emoticon-Leh Uga


Quote:


WTP kan ttg formalitas yg didapat jk laporan keuangan sdh memenuhi kaidah akuntansi yg benar ... dlm bnyk hal (tp tdk semua) arti simpelnya asal ada nota yg sesuai mk dianggap benar.

Beda dgn KPK (jg polisi & jaksa) yg dlm menangani kasus pidana jg melihat substansi ... misal ada pembelian barang, meski ada nota yg sesuai tp jk harganya lebih mahal dr harga jual yg wajar mk disitu ada kemungkinan pidana.

Balasan post masjunaedicakep
Quote:


banyak yg tertangkap tangan kok dibilang hasil audit BPK, dasar tololemoticon-Wakaka
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di