alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut Penyidikan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa234a96bde63a598b4567/pemuda-muhammadiyah-kembalikan-rp-2-m-polisi-tetap-lanjut-penyidikan

Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut Penyidikan

Jakarta - PP Pemuda Muhammadiyah mengembalikan uang Rp 2 miliar dana apel dan kemah pemuda Islam 2017 ke Kemenpora. Polisi mengatakan pengembalian uang tak membuat penyidikan perkara selesai.

"Nggak (membuat penyidikan perkara selesai). Jadi pengembalian uang itu kalau sekarang dikembalikan, wujud apa? Karena uang itu di tahun 2017 kan sudah dipertanggungjawabkan kepada Kemenpora," kata Kasubdit Tipikor Ditkrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan saat dihubungi, Sabtu (24/11/2018).

Bhakti mengatakan uang yang dikembalikan itu tidak masuk di mekanisme kerugian negara karena bukan putusan tuntutan ganti rugi (TGR) dari BPK. Dia mengatakan pengembalian uang justru jadi disinyalir ada masalah yang terjadi.

Baca juga: Polisi Pastikan Tak 'Tebang Pilih' soal Ungkap Kasus Dana Kemah

"Kalau sekarang dikembalikan tanpa ada putusan TGR dari BPK itu seperti apa? Berarti uang itu uang siluman, tidak masuk di mekanisme kerugian negara. Justru itu malah memperkuat kami memang ada masalah," ucap dia.

Meski begitu, Bhakti mengatakan pihak kepolisian bukan mencari fakta formil. Pihak kepolisian saat ini tengah menyidik dugaan penyalahgunaan anggaran dana kemah itu.

"Kami mencari fakta materiil, bukan fakta formil. Bukan masalah kontraknya. Ini ada perbuatannya," ujarnya.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Akui Kembalikan Rp 2 M, Ini Alasannya

Sebelumnya, Ketua Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani, mengatakan uang Rp 2 miliar itu sudah dikembalikan ke Kemenpora. Pihaknya mengembalikan uang itu atas dasar harga diri karena Pemuda Muhammadiyah punya spirit antikorupsi. Alasan lainnya yakni terjadinya perbedaan program kegiatan. Semula PP Pemuda Muhammadiyah mengajukan usulan kegiatan pengajian akbar, tapi belakangan diubah Kemenpora menjadi kegiatan apel dan kemah pemuda Islam pada 2017 di Prambanan, DIY.

Terkait hal ini, Bhakti mengatakan semestinya uang dari Kemenpora dikembalikan jika menemukan ada perbedaan kesepakatan.

"Gini simpelnya aja, kalau misalnya mereka dari awal tahu di kontraknya tidak sesuai dengan yang mereka ajukan, kalau memang spiritnya antikorupsi, dikembalikan saja uang itu semenjak 2017. Jadi kalau mereka dari awal tahu ada masalah di kontrak, harusnya ditolak. Kenapa saat itu digunakan? Sekarang naik ke penyidikan, 'wah kami dianggap korupsi'. Oh nggak," ujar Bhakti.

Baca juga: Polisi Panggil Lagi Fanani soal Dana Kemah Pemuda Awal Desember

Dalam kasus ini, polisi sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pihak Kemenpora untuk mengumpulkan barang bukti kasus tersebut berupa daftar isian pelaksanaan anggaran dan proposal pengajuan kegiatan kemah dan apel pemuda Islam Indonesia. Polisi juga telah meminta klarifikasi kepada sejumlah pihak Kemenpora.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan menyatakan memiliki bukti kuat soal dugaan penyimpangan dana kemah dan apel pemuda yang diselenggarakan Kemenpora pada 2017. Bukti dan keterangan saksi itu pulalah yang menjadi dasar polisi meningkatkan penanganan kasus tersebut ke tingkat penyidikan.

Adi mengatakan penyidik telah mendapatkan dokumen dan bukti-bukti berkaitan dengan kasus itu. Pihaknya juga berencana memanggil saksi lain untuk menguatkan soal dugaan penyimpangan dana apel dan kemah pemuda. Polisi juga tengah mengajukan surat Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) ke BPK untuk bisa diketahui jumlah kerugian negara.
Baca juga: Kemenpora Cek Internal soal Dugaan Penyimpangan Dana Kemah

"Ya saat ini kita hanya mendapatkan dokumen-dokumen itu, bukti-bukti dan keterangan para saksi, terkait dengan apa ditanyakan itu, nanti akan jelas ketika kita menggali keterangan-keterangan saksi yang lain," ujar Adi kepada detikcom saat ditanya soal bukti terkait kasus, Sabtu (24/11).

https://news.detik.com/berita/d-4316...jut-penyidikan

Clear

Twitternya PemudaMuhammadiyah, JS Prabowo, Mustofa dkk udah pada teriak teriak kriminalisasi aktivis Islam tuh
Diubah oleh prabocor69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
ngaku beragama kelakuan kayak eek

GUE paling gak demen , ujung ujungnya teriak kriminalisasi

ndasmu
Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut Penyidikan

walau balikin duit, tetap diproses

ahok joget joget pasti dengar berita dahnil ini
Diubah oleh pocong.212
Pp muhamadiyah kan jelas sudah kotor isinya pion2 si sengkuni. Tinggal ketum muhamadiyah saja gmn, semoga nggak ikut2an rusak.
Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut Penyidikan
Mayan ya 2M masuk ke kantong pribadi emoticon-Ultah
Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183

kalo bener ngapain takuuuuttttttt
kalo kagak takut ngapain dikembalikan yg 2M
playvictim sesuai SOP dijalankan

pokok dimata oposisi yg salah wiwi
oposisi ketahuan korupsi salah wiwi
oposisi hoax salah wiwi
oposisi blunder salah wiwi

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut PenyidikanPemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut PenyidikanPemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut PenyidikanPemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut Penyidikan
emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia
Gini simpelnya aja, kalau misalnya mereka dari awal tahu di kontraknya tidak sesuai dengan yang mereka ajukan, kalau memang spiritnya antikorupsi, dikembalikan saja uang itu semenjak 2017. Jadi kalau mereka dari awal tahu ada masalah di kontrak, harusnya ditolak. Kenapa saat itu digunakan? Sekarang naik ke penyidikan, 'wah kami dianggap korupsi'. Oh nggak," ujar Bhakti.

ok deh emoticon-Traveller
kriminalisasi ini mah, wong ga ada kerugian negara kog penyidikan dilanjut?




Kini uang 2M itu dikembalikan oleh Panitia, ya oleh Panitia bukan dikembalikan oleh Dahnil Anzar karena suami saya gak ada urusan dengan uang itu. Kenapa dikembalikan karena ini masalah harga diri Pemuda Muhammadiyah. Terus ada yang bilang lah enak banget yah uang 2M ngendap direkening Dahnil sudah dapat berapa tuh bunganya?, Anda itu kalau ngomong itu berfikir dikit jangan dungu ( pinjam istilah RG), dari awal dana 2m itu gak masuk kerekening suami saya jangan sok tahu dan saat menpora memberikan dana 2M ke pemuda Muhammadiyah uang itu digunakan full untuk kegiatan acara itu dan itu ada bukti2nya kalau mau lihat sini main kekantor pemuda Muhammadiyah.. JADI ketika uang menpora dikembalikan oleh panitia berarti secara otomatis acara kemah Akbar 2017 itu pemuda Muhammadiyah biaya sendiri, sampai sini FAHAM kan??????, Buat Muhammadiyah uang 2M itu kecil tak perlu ngemis2 ...????????
eee... aaaa...
ini yang zholim tapi ngaku di zholimim
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
partai allah gak pernah salah, kecuali dizolimi partai setan

itu duit dibalikin krn ketahuan, makanya jadi duit haram
kalo gak ketahuan, pura2 jadi halal ajah

emoticon-Leh Uga
Balasan post anti.kritik.212
Quote:

Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut Penyidikan
Balasan post pocong.212
Kerugian rakyat dki bratus2 miliar, sampai audit investigasi pura2 buta kayak fansnya
duit hasil rampasan dari pemerintah thagut, halal emoticon-Big Grin
Quote:


Muhammadiyah sekarang kok perasaan lebih jelek ketimbang pas jaman Syafii Maarif ya? emoticon-Bingung
weah berarti buktinya sahih.
Makan tidur udah ngk enak

Udah korupsi, ketawan, difenjara, karir ancur ya faling faling keluar jadi fengikut habibana tercinta

emoticon-Ngakak
Balasan post venomwolf
Quote:


Masalah serius kok diajak main emoticon-Big Grin
Mending tu bukti disimpen baek baek, disusun yg rapi, dan jangan lupa dicek ulang angka angkanya biar sesuai
Trus nanti kasih liat ke tim penyidik emoticon-Big Grin


jadi gini.. kalau ga salah kan ga perlu ribut
jalani aja

apakah uang bisa membuatmu bahagia?
Pemuda Muhammadiyah Kembalikan Rp 2 M, Polisi Tetap Lanjut Penyidikan
karma njing, satu2 yang bawa2 agama Allah SWT akan hancur dengan sendirinya. pihak oposisi dah mulai kacau dan tumbang.

STOP bawa bawa agama untuk kepentingan. azab mengintai

emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di