alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
JK: Saya, Pak Jokowi dan Pak Luhut Ngerti Soal Dagang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa10d6c1d7705b118b4568/jk-saya-pak-jokowi-dan-pak-luhut-ngerti-soal-dagang

JK: Saya, Pak Jokowi dan Pak Luhut Ngerti Soal Dagang

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menjawab keluhan para pengusaha seperti dari HIPMI maupun Kadin, yang merasa tidak diajak bicara dalam kebijakan paket ekonomi ke-16.

Jusuf Kalla mengatakan, tidak semua kebijakan pemerintah harus melibatkan pihak-pihak di luar.

"Tidak semua kebijakan pemerintah harus dibicarakan dengan pengusaha, tidak semua. Tapi jangan lupa, Presiden dan saya dan juga menko ini pengusaha juga, jadi ngerti juga. Bukan tidak mengerti. Pak Jokowi ngerti, saya ngerti, Menko Maritim (Luhut) mengerti soal-soal dagang itu," ujar JK di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat 23 November 2018.

Organisasi itu, lanjut dia, bahkan sebenarnya bisa berkomunikasi langsung dengan Presiden. Kadin, Apindo menurut JK, juga bisa berkomunikasi langsung dengan para menteri.

Namun ia memastikan, paket kebijakan ke-16 ini tidak berarti menghalangi pengusaha dalam negeri untuk berusaha. "Sekali lagi yang tidak mengurangi apa namanya, kesempatan pengusaha nasional untuk berusaha, tidak mengurangi," katanya.

Mantan Ketum Golkar itu menjelaskan, kenapa pemerintah membuka lebar dan membebaskan ruang investasi di banyak sektor usaha itu. Karena selama ini, jumlah investasi di Indonesia kalah dari Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Ketiga negara di Asean itu saja, sangat terbuka pada investasi asing. Maka pemerintah membuat peraturan tersebut.

"Jadi kalau kita tidak mempunyai peraturan yang bisa bersaing dengan negara-negara itu, maka lama-lama kita ketinggalan investasi. Dan kalau ketinggalan investasi, lapanga kerja, pajak tidak akan naik kan," tegasnya.

JK menegaskan, tidak semua bidang usaha asing bisa langsung masuk untuk berinvestasi di Indonesia, melainkan harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Hal ini menjawab keresahan beberapa pihak mengenai masuknya asing setelah relaksasi daftar negatif investasi (DNI)

"Tidak berarti dikeluarkan DNI itu langsung bisa asing (masuk), karena ada undang-undang yang lebih tinggi yang mengatakan itu hanya untuk UMKM. Tidak berarti hanya dikeluarkan saja dari daftar itu, tetapi tetap menunggu UMKM," kata Wapres Jusuf Kalla kepada wartawan di Istana Wakil Presiden Jakarta, Jumat (23/11).

Dia menjelaskan, dikeluarkannya puluhan bidang usaha kecil milik asing dari DNI tersebut diatur dalam peraturan pemerintah, artinya masih ada undang-undang di atasnya yang harus diikuti.

"Menyangkut usaha-usaha kecil yang dikeluarkan DNI itu hanya peraturan pemerintah, di atasnya juga ada undang-undang, seperti undang-undang UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) yang hanya mengijinkan itu kepada usaha-usaha kecil. Jadi berlaku undang-undangnya," jelasnya.


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro juga angkat suara mengenai keresahan atas diterbitkannya Paket Kebijakan Ekonomi ke-XVI. Dia menegaskan, tidak semua investasi asing bisa masuk dalam sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dia menjelaskan, relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI) pada UMKM, bukan berarti membuat investasi asing bebas masuk menggarap sektor UMKM. "Pencadangan UMKM itu bukan berarti investasi asing bisa masuk," kata Bambang, dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Kamis (22/11).

Bambang mengungkapkan, dalam Undang-Undang Penanaman Modal Asing (PMA) mewajibkan, investasi asing bisa masuk dengan modal minimal Rp 10 miliar. Sehingga tidak hanya UMKM saja yang masih terlindungi dari kebijakan paket kebijakan ekonomi ke 16.

"Kan di undang undang PMA bilang minimal Rp10 miliar, ada bidang usaha dibawah Rp 10 miliar tidak hanya UMKM itu bukan berarti asing bisa masuk," tuturnya.

Bambang mengakui, terjdinya kesalahan pemahaman dari paket kebijakan ekonomi ke -16, hal ini akan diluruskan kembali oleh pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomonian.

"Itu yang saya tangkap ada mis komunikasi saja. kebijakan DNI yang terakhir itu yang disampaikan Pak Menko ada yang kurang lengkap dan adanya mis interpretasi," tandasnya.

Untuk diketahui, pemerintah melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI mengeluarkan 54 bidang usaha dari Daftar Negatif Investasi (DNI) 2018 sehingga memungkinkan penanaman modal asing 100 persen di sektor-sektor tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, perubahan DNI 2018 yang membuka aliran penanaman modal asing tersebut dilakukan karena modal di dalam negeri kurang mencukupi.

"Modal kita tidak cukup, nah sehingga kita yang memang harus mengundang," kata Damin dikutip dari Antara.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, sektor usaha yang dikelluarkan dari DNI 2018 antara lain industri kayu lapis, industri rokok kretek dan putih, dan galeri seni. Kemudian, angkutan orang dengan moda darat tidak dalam trayek, angkutan moda laut luar negeri untuk penumpang, hingga warung internet.
(mus)

sumber https://www.viva.co.id/berita/nasion...ti-soal-dagang
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
kan awalnya juragan mebel, moso ga ahli jualan
kn kalian pedagang wajar la ngerti dagang, klo g dah bangkrut tuh usaha
Ajarin kisi2 nya opa emoticon-Smilie
Ajarin dong jadi pengusaha
Presiden, Wakil Presiden, dan Perdana Mentri pasti tau semuanya dong
emoticon-Shakehand2
Balasan post SiPenembakJitu
Quote:


paling mudah jadi pengusaha agama ajah bray

minta diajarin sama bibib yg sgt piawai emoticon-thumbsup
Tumben Opung yang disebut..
kenapa bukan tuan putri, mr. righthand atau paman gober..
dibeli yah....emoticon-Salaman
JK: Saya, Pak Jokowi dan Pak Luhut Ngerti Soal Dagang


Perhatian Yang mau hadir 212 🇮🇩😎
Acara di Monas di mulai jam 3 dinihari.. di harapkan para alumni 212 jangan ke istiglal ya langsung ke Monas ... di istiglal sana Jokowi mengadakan maulid di hari yang sama ... demi untuk meraih massa 212 ... dan akan mengklaim bahwa dia di dukung 212

Terkhusus
Jamaah yg naik commuter line jgn turun di stasiun juanda tp turun di sta gondangdia biar tdk digiring petugas ke arah masjid istiqlal
Tolong viralkan..!!
Balasan post ndoromuda
Quote:


Balasan post cebong2019
Quote:


lhkpn baru udh ga jualan mebel bre, lebih untung maruk 2 periode biar bs ngeruk lebih banyak, 1 periode aja harta naik hampir 2x lipat
awas sengatan kallajengking
1.presiden 2.wakil presiden 3.perdana mentri apa bener kek gituh urutan mereka bertiga ni
Quote:


terbolak balik bre..no 3 the real presiden..no 1 cuman presiden pajangan
Quote:


Ku ralat nomer 2 dan 3 itu sebenarnya yg pegang kendali nomer satu cuma jadi semacam robot malambai senyum pukul gong naik motor gituh may be
Kl wowo ngertinya cm terima setoran duit dr kader2 partainya saja, ga peduli mau hasil korupsi kek yg penting hartanya wowo bisa naik 500M dlm 4 thn & no utang emoticon-Big Grin
Quote:


haha betul bre..no 1 banyak ngomong bukan urusan saya
mantap saudagar JKW, JK
yg dijual jelas keliatan, mebel misalnya...padat karya
menuju jurang 😂
Sakinh ahlinya Indonesia meroket ke bawah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di