alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa0638d44f9f70688b456b/meski-lawas-7-film-steven-spielberg-ini-wajib-kamu-tonton-ulang

Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang

Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang

King of Holywood, begitulah sebutan Steven Spielberg di dunia perfilman Amerika. Lewat karya-karyanya yang kompleks nan apik, beliau dikenal sebagai seorang pekerja keras dan suka berinovasi. Sutradara yang telah "mengenalkan" istilah blockbuster dalam dunia perfilman ini memang rajin membuat film bernuansa sci-fi dan sejarah.

Film terakhir yang ia buat, Ready Player One, juga mendapat review positif dari para kritikus dan penikmat film. Sebelum merilis film terbarunya, ternyata banyak juga film-film keren buatan pria berusia 71 tahun ini. Beberapa di antaranya bahkan memborong banyak piala oscar. Berikut 7 film lawas Steven Spielberg yang wajib kamu tonton ulang.


1. Jaws (1975)
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
Jaws adalah film blockbuster pertama dan mungkin film thriller terbaik yang pernah dibuat. Jaws diangkat dari novel Peter Benchley dan diilhami oleh serangan hiu di Jersey Shore tahun 1916. Walau sudah empat dekade, film ini tidak kehilangan penonton karena kekejaman sang hiu yang berhasil membuat kita berdebar-debar sepanjang film.

Di tangan Spielberg, hiu bukan hanya seekor monster besar, tetapi juga fakta eksistensial, yang memakan korbannya dengan melihat diri mereka sebenarnya. Penyebaran ketakutan yang hampir matematis, masih membuat kita terpaku dan terkejut, bahkan setelah beberapa kali ditonton. Jaws layaknya trik sulap dalam sejarah sinemas yang sempurna nan klasik.


2. Close Encounters of the Third Kind (1977)
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
Apa yang akan benar-benar terlihat seperti jika manusia melakukan kontak dengan alien? Dalam film ini, Spielberg memunculkan dunia yang sibuk dan berantakan di mana para ilmuwan, militer, pejabat pemerintah, dan orang biasa berjuang bersama saat kita melakukan kontak dengan alien. Banyak yang menganggap film ini sebagai karya agungnya, dan ada begitu banyak hal hebat di dalamnya. 

Film ini menunjukkan kepada kita bahwa tidak semua alien jahat; beberapa hanya ingin memamerkan "keterampilan" mereka saja. Skrip yang ditulis oleh Spielberg juga sangat apik pada masanya, dan hasilnya adalah klasik yang mengingatkan kita bahwa film sci-fi tidak harus memiliki ledakan atau alien yang membunuh orang.


3. Raiders of the Lost Ark (1981)
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
Masterpiece Steven Spielberg yang thrills-spills-and-chills ini dibuat sebagai penghormatan terhadap serial film klasik, sekaligus menjadi momen awal yang mengubah dunia perfilman pada tahun 80-an. Dengan akting ikonik dari Harrison Ford sebagai Indiana Jones dan efek yang pas, kesuksesan Raiders of the Lost Ark tentu tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin seorang Steven Spielberg. Salah satu film klasik yang selalu dapat mengocok perut ini memang pantas diganjar dengan 4 piala Oscar.


4. E.T. the Extra-Terrestrial (1982)
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
E.T. the Extra-Terrestrial adalah film yang memperkenalkan Drew Barrymore (yang pada saat itu, baru berumur 7 tahun) pada publik Hollywood. Film ini menceritakan seorang Alien yang tertinggal di bumi dan diselamatkan oleh Henry Elliot yang memutuskan untuk membuatnya tetap tersembunyi. Film ini dibuat Spielberg sebagai bentuk dari rasa kesepiannya sewaktu kecil. Film ini selalu berhasil membuat kita tertawa sepanjang film, sekaligus membuat kita menangis di akhir film.


5. Jurassic Park (1993)
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
Film yang diangkat dari novel Michael Crichton ini bercerita tentang taman hiburan yang berisi dinosaurus-dinosaurus dari hasil kloning. Penunjang sukses film ini tidak lain adalah spesial efeknya. Melalui penggunaan CGI dan efek mekanikal konvensional, dinosaurus dalam film ini benar-benar tampak hidup. Jurassic Park menandai transisi industri efek Hollywood dari konvensional efek optikal/optical effect menjadi tekno digital. Film ini memenangkan Academy Awards untuk Best Visual Effects, Best Sound Effects Editing, dan Best Sound, dan menghasilkan 3 sekuel, The Lost World: Jurassic Park (1997), dan Jurassic Park III (2001).


6. Schindler's List (1993)
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
Film biopik ini menceritakan Oskar Schindler (Liam Neeson), seorang industrialis playboy, yang mengambil alih pabrik enamel yang disita di Krakow, Polandia, berkat bantuan dari beberapa koneksi Nazi dengan harapan mendapat uang untuk mendukung perang. Dia tidak pernah bercita-cita menjadi pahlawan, dia adalah seorang kapitalis yang murni. Namun seiring berjalannya waktu, sikapnya berubah. Schindler akhirnya bangkrut, tetapi berhasil membantu menyelamatkan lebih dari seribu orang Yahudi dari genosida Nazi. 

Spielberg memang selalu berhasil memanipulasi emosi kita dengan film-filmnya. Spielberg menggebrak sensasionalisme dari estetika drama sejarahnya, memotret dalam warna hitam dan putih, dan secara sadar mengabaikan beberapa teknik sinematik yang disukainya. Schindler's List adalah hasil kerja kerasnya yang juga sangat humanistik. Hasilnya adalah drama manusia yang sangat menyentuh dan kuat, contoh pembuatan film terbaik sepanjang masa.


7. Saving Private Ryan (1998)
Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang
Saving Private Ryan adalah jenis film Perang Dunia II yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan Schindler's List. Film ini menggambarkan invasi Pantai Normandia dan beberapa konflik berdarah, yang mengisahkan petualangan Kapten John H. Miller dalam usaha penyelamatan seorang prajurit bernama Ryan yang kehilangan ke-3 saudaranya dalam perang dan diperintahkan untuk kembali ke Amerika Serikat oleh departemen peperangan Amerika Serikat.

Film ini bekerja paling baik ketika misi memutar ke dalam kekacauan konflik manusia, seperti ketika Spielberg mengubah satu set piece di dalam desa yang dilanda bom menjadi permainan kucing dan tikus yang praktis dimainkan secara real time, dengan seorang sniper terbaik (Barry Pepper) Nazi. Rangkaian acara D-Day Spielberg yang luar biasa keras dan mengerikan ini adalah salah satu dari sekian contoh lain dari kemampuan sang sutradara untuk mengubah sebuah kisah sejarah menjadi karya sinema terbaik.

Dari ketujuh film di atas, favoritmu nomor berapa?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang 9 Lagu Terbaik dari Creed yang Menemani Masa Remajamu di Awal 2000an

- Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang Lagunya Anak Tongkrongan, Ini 5 Lagu Jamrud Terasyik di Era 2000an!

- Meski Lawas, 7 Film Steven Spielberg Ini Wajib Kamu Tonton Ulang Sarat Makna, 7 Film Jadul Steven Spielberg Ini Harus Kamu Tonton Ulang

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Jaws tetep jadi film thriller monster terbaik buat ane, Jurassic Park dengan efek magisnya, SPR film perang terbaik dan E.T. film masa kecil paling emosional buat ane

Mr Spielberg aka King of Hollwood, salah satu sutradara terbaik menurut ane emoticon-Jempol
Diubah oleh milktoasthoney


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di