alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?
4.8 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa01381a9975a0398b4595/sim-berlaku-seumur-hidup-kenapa-tak-mungkin

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?

Setelah sebelumnya mengeluarkan wacana gaji Rp. 20 juta perbulan bagi guru, kini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali mengeluarkan usul yang tak kalah heboh, yakni pemberlakuan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) PKS Almuzzammil Yusuf dalam konferensi pers di kantor DPP PKS, Jakarta, pada Kamis 22 November 2018 yang lalu.

Mengenai usul gaji Rp. 20 juta perbulan yang sebelumnya dikemukakan oleh Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, hal tersebut sudah ditampik oleh pasangan capres - cawapres yang didukung oleh PKS sendiri, yakni Prabowo dan Sandi. Menurut mereka, usul tersebut harus mempertimbangkan kemampuan fiskal negara, karena tidak mungkin mereka menjanjikan sesuatu yang mereka sendiri tak yakin bisa menjalankannya. Atau dengan kata lain, usulan tersebut sudah di tolak oleh pasangan capres yang diusung oleh PKS ini.

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?
Dengan dalih mengurangi beban hidup rakyat, kini PKS kembali mengajukan usul pemberlakuan SIM seumur hidup meski akhirnya usul tersebut mendapat tentangan dari pihak kepolisian. Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri seperti dikutip dari Kompas.com, SIM merupakan bukti kompetensi layaknya seseorang dalam mengendarai kendaraan bermotor. Untuk memperolehnya diperlukan uji kesehatan, keterampilan mengemudi, dan persyaratan usia yang tentu harus dipertimbangkan secara berkala melalui sistem perpanjangan SIM setiap 5 tahun.

Ia menyebut bahwa kemampuan dan keterampilan mengemudi seseorang bisa dipengaruhi oleh bertambahnya usia. Atau dengan kata lain, melalui perpanjangan inilah kepolisian dapat menentukan seseorang yang sebelumnya sudah mendapat SIM dapat lagi memperpanjangnya kembali atau tidak, dengan beberapa pertimbangan yang telah disebutkan diatas. Jika SIM diberlakukan seumur hidup, maka pertimbangan tersebut tak akan bisa lagi diterapkan dan keamanan berkendara jadi taruhannya.

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?
Menurut TS sendiri, jika memang pertimbangannya demikian, lalu kenapa pada saat perpanjangan SIM tidak ada lagi uji kompetensi sebagaimana pada saat pembuatan SIM baru? Uji kesehatan pun tak benar - benar dilakukan dan hanya terkesan formalitas saja. Sebenarnya ini juga terjadi pada pembuatan SIM baru yang menggunakan calo. Pemohon hanya perlu menyetor sejumlah uang kepada calo, dan mereka tidak perlu melalui berbagai macam uji kompetensi. Bukankah hal seperti ini juga membahayakan keselamatan berkendara? Meski pihak kepolisian kerap membantah praktek percaloan, toh nyatanya fakta dilapangan berkata lain.

Kembali ke masalah perpanjangan SIM tadi. Jika memang alasan perpanjangan SIM harus dilakukan berkala untuk menentukan kompetensi, kenapa tak biayanya saja yang ditekan sehingga bisa meringankan beban masyarakat. Sehingga ini bisa menjadi jalan tengah, keamanan berkendara tetap terjaga tapi masyarakat juga tak terbebani biaya perpanjangan SIM.

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Opini Pribadi TS dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?
PertamaxforTS

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?
SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?

SIM Berlaku Seumur Hidup, Kenapa Tak Mungkin?
Satlantas jadi gak banyak kerjanya....
Quote:


Kan masih bisa nilang Gan..

emoticon-Leh Uga
kalo bisa dijadiin ladang duwit, KENAPA ENGGAK emoticon-Leh Uga
Quote:


Hust! Bisa diatur....wani piro emoticon-Leh Uga
Gue dpt proyekan pasang cctv di mapolres sejawa bali yg nolak keras ini yaaa bagian satlantas
mantablah seumur hidup
Iya tu repot ah perpanjangnya
Quote:


Wadooh tolong yg satu itu jangan deh
emoticon-Mewek
Mending tetep perpanjang sim kaya sekarang deh
emoticon-Ngakak
Quote:


Disini duit yg berbicara..

emoticon-Cape d...
Quote:


U know me so well...
Kata Pak polkis..

emoticon-Goyang
Quote:


Polres di jamin sepi..
Sepi dr calo..

emoticon-Wakaka
Quote:


Kalau ada duit mah kagak repot Gan..

emoticon-Leh Uga
Quote:

Ane lebih setuju tetap perpanjang 5 tahun kyk skrg tp biayanya diturunin..
Pengangguran lagi aja itu satlantas
pendapatan satlantas berkurang drastis emoticon-Leh Uga
Nanti malah makin banyak di perempatan emoticon-Takut
Pembuatan SIM dengan cara yg tidak sesuai aturan, kok malah dipiara sama pihak yg berwajib menegakkan peraturan
emoticon-Ngakak
bikin sim yg pake calo itu oknum, dri pihak pengutaraan yg dsmpaikan kepolisian ane setuju. Tapi mungkin bisa lebih baik kalau perpanjang sim biaya nya di turunkan lagi atau disesuaikan dengan gajih pemilik sim, dengan ktentuan persentase yg tidak membertkan. Atau mungkin juga di gratiskan biaya utk perpanjang sim. Tapi bayar juga gpp jga sih karena uang itu juga kan masuk ke kas negara (mungkin). emoticon-Big Grin
Balasan post M.D.Luffy000
bikin sim murah gan.. malah terlalu murah.. mahal klo pke calo.. emoticon-Matabelo
Quote:


Ane sih setuju aja kalo sim berlaku seumur hidup, tapi ane masih mempertanyakan logika tentang SIM ini

Orang kalo mau bawa kendaraan bermotor harus punya SIM
Untuk bikin SIM harus mampu & lihai mengendarai kendaraan
Bagaimana caranya bisa mampu & lihai kalo ga pernah dibiasakan? Butuh latihan yang ga cuma sebulan dua bulan, latihan di kursus mobil ga sekeras kondisi jalan raya
Sedangkan untuk melatih itu semua ga bisa tanpa SIM

emoticon-Ngacir2

Kmaren memperpanjang sim C cuma 100rb an
Apa dah naik sekarang?

Klo bisa digratisin lebih baik sih emoticon-Ngakak (S)
Hrs lah d perpanjang, wat di liat msh layak ga tuh pemegang sim bawa kendaraan,

Tp y biaya d turunin + bnr2 di uji
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di