alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Fadli Zon Pelintir Informasi soal Pemerataan Pembangunan Demi Suara di Pemilu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf9ff8ca2c06e475b8b4568/fadli-zon-pelintir-informasi-soal-pemerataan-pembangunan-demi-suara-di-pemilu

Fadli Zon Pelintir Informasi soal Pemerataan Pembangunan Demi Suara di Pemilu

Fadli Zon Pelintir Informasi soal Pemerataan Pembangunan Demi Suara di Pemilu
Seperti biasa, Fadli Zon adalah orang yang vokal menyuarakan kritik kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun sayangnya, kritik yang disampaikan seperti tak membaca data terbaru, sehingga terkesan kritiknya tak ada isinya.

Beberapa waktu lalu, Wakil Ketua DPR RI itu menyebut bangsa Indonesia masih memiliki utang kepada para pahlawan untuk merealisasikan janji-janji kemerdekaan. Bahkan, Fadli menyebut pemerintah telah beringkar janji dengan para pahlawan karena belum bisa melakukan pemeratan ekonomi ke seluruh daerah di Indonesia.

Atas kritiknya itu, Fadli seperrtinya perlu merujuk data BPS terbaru bahwa pertumbuhan ekonomi tercepat justru ada di Indonesia Timur, alih-alih di Jawa.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2018 sebesar 5,27 persen. Jika dilihat dari penyebaran wilayahnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur cukup tinggi, terutama untuk wilayah Maluku dan Papua yang mencapai 18,18 persen (yoy).


Sementara itu, pertumbuhan ekonomi wilayah Sulawesi pada kuartal II 2018 sebesar 6,75 persen (yoy) Tetap di atas pertumbuhan Jawa yang 'hanya' 5,69 persen (yoy). Ini artinya, ada percepatan pertumbuhan ekonomi di luar Jawa, khususnya Indonesia Timur.

Data tersebut juga selaras dengan argumentasi Jubir PSI Dedek Prayudi, bahwa selama 4 tahun memimpin, Presiden Jokowi dianggap telah berhasil mengubah pertumbuhan ekonomi menjadi lebih berkualitas, yaitu pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan manfaatnya tersebar merata.


Hal ini dapat dibuktikan dengan sejumlah program pro rakyat, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, pemerataan pembangunan dan pengelolaan kekayaan negara, menunjukkan bahwa Presiden Jokowi selalu berkomitmen untuk memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bila kontribusi Pulau Jawa terhadap perekonomian Indonesia yang mencapai 58,57% adalah hal yang wajar, mengingat Jawa adalah pulau dengan penduduk terbesar diantara berbagai pulau di Indonesia. Juga sebagai pusat industri. Ini adalah warisan perekonomian terpusat selama puluhan tahun lalu.

Meskipun Jawa masih mendominasi, namun pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia juga mengalami peningkatan selama 4 tahun kepemimpinan Jokowi.

Program jangka panjang Pemerintah untuk mendistribusikan pemerataan ekonomi adalah melalui program pemerataan pembangunan. Dengan adanya infrastruktur yang memadai, diharapkan mampu menarik minat investor, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan daerah dan kontribusi wilayah terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu berdampak positif pada banyak aspek, termasuk angka kemiskinan. Dalam 4 tahun ini, pemerintah Jokowi-JK telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia yang hanya sebsar 9,82% dan menjadi angka terendah sejak krisis ekonomi 1998.

Selain itu, tren rasio gini juga terus mengalami penurunan sejak Jokowi-JK memimpin Indonesia hingga mencapai 0,389 pada Maret 2018, serta penurunan tingkat pengangguran beberapa tahun terakhir yang terus konsisten menurun hingga 5,13%.

Itu menjadi bukti bahwa pemerataan pembangunan adalah fokus utama pemerintah dalam memimpin Indonesia. Karena itu pula, Presiden Jokowi bertekad membangun infrastruktur di pinggiran dan pedesaan. Dua wilayah yang selama ini ditinggal.

Dengan pemaparan seperti itu maka terlihat bahwa Fadli Zon hanya mengutip sebagian data BPS dan tidak menyebutkannya secara utuh untuk membentuk citra negatif Pemerintah Jokowi-JK.

Kita tahu bahwa itu dilakukan dalam upaya mendulang suara bagi pasangan Prabowo-Sandi. Tentu saja dengan licik dan memelintir informasi.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di