alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Terus Tingkatkan Dana Desa, Bangun Indonesia Dari Pinggiran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf9ef06c1d770db4b8b4567/pemerintah-terus-tingkatkan-dana-desa-bangun-indonesia-dari-pinggiran

Pemerintah Terus Tingkatkan Dana Desa, Bangun Indonesia Dari Pinggiran

Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menghadiri kegiatan evaluasi kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa serta sosialiasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019. Dalam arahannya, Jokowi menyampaikan bahwa alasan pemerintah yang terus meningkatkan anggaran dana desa setiap tahunnya dikarenakan pemerintah ingin membangun dari pinggiran dan desa yang sebagian besar masyarakat Indonesia berada di desa-desa.


Quote:


Pemerintah Terus Tingkatkan Dana Desa, Bangun Indonesia Dari Pinggiran

Lebih lanjut Jokowi memaparkan, pemanfaatan dana desa yang dikucurkan setiap tahunnya tersebut terus mengalami peningkatan dan tepat sasaran seperti untuk pembangunan infrastruktur maupun pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan laporan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bahwa dana desa telah mendukung kegiatan ekonomi masyarakat desa seperti terbangunnya 1.028.225 meter jembatan, jalan desa 158.619 kilo meter, pasar desa sebanyak 7.421 unit, kegiatan BUMDesa sebanyak 35.145 unit, embung desa sebanyak 3.026 unit, sarana irigasi sebanyak 39.656 unit serta sarana-prasarana pendukung lainnya.

Selain itu, dana desa juga turut meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dengan Terbangunnya 942.927 unit sarana air bersih, 178.034 unit MCK, 8.028 unit Polindes, 48.694 unit PAUD, 18.477 unit Posyandu, serta drainase 39.920.120 unit maupun sumur bor sebanyak 37.662 unit.

Jokowi menitipkan pesan kepada seluruh kepala desa agar pemanfaatan dana desa yang sebelumnya lebih cenderung ke pembangunan infrastruktur, dapat dialihkan ke pemberdayaan masyarakat desa dan pemberdayaan ekonomi


Quote:



Spoiler for Sumber:

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Di tmp gw kepala desa nya uda mulai kridit mobil sm motor, rmhnya uda mulai renov awal, bntr lg caiiirr
emoticon-Kaskus Banget
Dana desa ini bagus banget sebenernya, cuman memang harus lebih diperketat sih pengadaannya, dan semua tergantung kepala desanya, kalo kepala desanya visioner dan pinter, pasti bakalan bagus dan bermanfaat ini penggunaan dananya, tapi kalo kacau, ya bakalan dbaikep, dan disini gue sadar, emang sdm kita kacau bener ternyata, siapapun pemerintahannya kalo sdmnya begini ya bakalan susah maju emoticon-Ngacir


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di